Rabu, 25 Oktober 2023

Pembelajaran kls 3c

 Tanggal           : Kamis, 26 Oktober 2023

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 1                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kewajiban dan hak berkaitan dengan tubuh sehat serta mmengkreasikan bilangan cacahan ratusan

Hari ini kita akan belajar tentang hak dan kewajiban berkaitan dengan makanan dan membuat contoh kalimat saran dengan kata sebaiknya dan seharusnya. 

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak berkaitan dengan makanan


KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Ayo Mengamati 

Simaklah temanmu yang sedang membaca! 

Rumah Tempat Berlindung 



Setiap orang wajib melindungi dirinya dari bahaya. Salah satu tempat berlindung adalah tempat tinggal. Setiap orang berhak mendapatkan tempat tinggal. Tempat tinggal biasanya berbentuk rumah. Rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi manfaatnya sama. 

 Rumah merupakan tempat berlindung dan beristirahat. Rumah juga tempat berkumpul bersama keluarga. Kita tidur, mandi, makan, dan melepas lelah di rumah. Kita juga belajar banyak hal di rumah. Udin dan Mutiara mengeluhkan rumah mereka yang bocor. Ibu menasihati mereka agar bersyukur atas semua yang dimiliki. Ibu menyarankan mereka agar melihat orangorang yang lebih susah.  


Banyak anak yang tidak memiliki rumah. Banyak anak yang tetap bahagia meski rumahnya banjir. Dengan bersyukur, hati akan senang.

Amati kalimat-kalimat berikut!
 Apakah kalimat tersebut merupakan kewajiban atau hak? 
Kewajiban dan Hak di Rumah 
1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal. 
2. Mendapat rumah yang bersih dan rapi. 
3. Bicara lembut dan sopan
4. Membantu merapikan dan menata rumah. 
5. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai. 
6. Saling mencintai, menjaga, melindungi, dan menghargai. 
 7. Diperlakukan dengan lembut dan sopan. 
8. Saling menolong dan memaafkan. 
9. Mendapat tempat tinggal. 
10. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.


Ayah Udin ingin rumah mereka nyaman. Ia berencana merapikan pagar rumah mereka. Ayah Udin membutuhkan 980 batu bata. Ia memiliki beberapa batu bata di rumah. Ayah membeli kekurangannya di toko bangunan. Berapa batu bata yang mungkin ayah Udin miliki dan berapa yang harus dibeli?


KEGIATAN PENUTUP (10 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini ya
Yuk kita simpulkan:
1. Kewajiban berkaitan dengan tempat berlindung bersyukur karena memiliki tempat tinggal, bicara yang sopan dan santun, membantu merapihkan rumah, saling menjaga mencintai melindungi dan menghargai, serta menjaga kerapihan rumah
2. Hak berkaitan dengan tempat tingga yaitu mendapat rumah yang bersih dan rapih, dicintai dijaga dilindungi dan dihormati, diperlakukan dengan lembut dan sopan, serta mendapatkan tempat tinggal. 
3. Cara membuat kreasi bilangan cacah paling mudah adalah dengan mengurangi bilangan hasil dengan 100 jika ratusan, 10 jika puluhan

Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat
AKhir kata,
Wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar