Selasa, 10 Oktober 2023

Pembelajaran kls 3 C

 Tanggal : Rabu, 11 Oktober 2023


Tema 3 : Benda di Sekitarku

Subtema 4 : Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku
Pembelajaran : 5

PENDAHULUAN (15 MENIT)

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?
DI pelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang kesamaan lirik lagu dan mengkonversi satuan waktu.
Pada hari ini kita akan masih belajar tentang perubahan benda di sekitar kita yaitu proses terjadinya hujan
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu anak-anak dapat memahami perubahan wujud yang terjadi saat hujan serta menghitung lama waktu suatu kejadian berlangsung.
KEGIATAN INTI (40 MENIT)
PEMBELAJARAN 5

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titiktitik air yang disebut pengembunan.
Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan terjadinya hujan? Hujan terjadi karena adanya perubahan wujud. Sebagian permukaan bumi berisi air. Ada sungai, danau, kolam, dan lautan yang terisi air.
Air di permukaan bumi menguap terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Awan akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air jatuh ke bumi. Itulah yang dikenal sebagai hujan.


Ayo Berdiskusi
Perubahan wujud yang terjadi di sekitarmu merupakan perubahan alami. Perubahan yang terjadi di alam inilah yang patut disyukuri.
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titik-titik air yang disebut pengembunan.
Ayo Menulis
Kamu telah mengurutkan proses terjadinya hujan. Jelaskan yang terjadi di setiap gambar! Mulailah dari nomor 1.

Ayo Mengamati
Siti hendak pergi ke rumah teman untuk mengerjakan tugas. Saat itu hujan turun dengan derasnya. Siti menunggu hingga hujan reda. Hujan turun sejak pukul 07.15 pagi dan berhenti pukul 09.10. Berapa lama hujan turun?




Lama hujan turu
45 menit + 1 jam + 10 menit = 1 jam 55 menit
Jadi, hujan turun selama 1 jam 55 menit
Udin pergi ke sekolah diantar ayah. Udin berangkat pukul 06.25. Perjalanan dari rumah ke sekolah membutuhkan waktu 30 menit. Pukul berapa Udin sampai di sekolah?
30 menit setelah pukul 06.25 adalah 06.55. Udin sampai di sekolah pukul 06.55.
Ayo Mengamati
Saat musim hujan, jejak sepatu siswa membasahi lantai sekolah. Akibatnya, lantai sekolah menjadi basah dan licin. Udin berjalan dengan cepat karena takut terlambat masuk sekolah. Udin tidak memperhatikan lantai yang basah dan licin.
Udin pun tegelincir, buku yang dibawanya jatuh berserakan. Udin terlihat menahan sakit di kakinya. Kamu berada di dekat Udin saat itu. Apa yang kamu lakukan? Tuliskan pendapatmu!
KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini
Yuk kita simpulkan bersama:
1. Terjadi proses penguapan dan pengembunan dalam siklus hujan
2. Dua buah lagu memungkinkan lirik lagu yang sama
3. Untuk dapat menghitung lama waktu berlangsung kita dapat menambahkan menitnya terlebih dahulu, lalu jamnya kemudian dengan susun ke bawah
Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat
tetap semangat belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar