Senin, 02 Oktober 2023

Pembelajaran kls 3C

 


Selasa, 03 Oktober 2023

Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 3 Pb. 1 & 2

Hari / Tanggal           :  Selasa, 3 Oktober 2022

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 1 & 2

PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat, .

PEMBELAJARAN 1

Ayo Membaca
Mencair
Hari ini sangat terik. Lani membeli es krim bersama teman-temannya. Beberapa saat, es krim berubah menjadi cair. Mengapa hal itu terjadi? Bagaimana jika kamu meletakkan es batu di luar? Tentu saja, lamakelamaan es tersebut akan berubah menjadi air, bukan? Begitu juga ketika kamu memegang cokelat. Lama-kelamaan cokelat tersebut akan meleleh. Mengapa? Cokelat meleleh karena terkena panas tanganmu. Perubahan wujud dari padat menjadi cair disebut mencair atau meleleh atau melebur.


Ayo Mencoba
Benda padat jika terkena panas akan mencair. Peristiwa mencair tidak hanya terjadi pada es. Namun, proses mencair juga terjadi pada benda-benda padat lainnya. Apakah semua benda padat mencair pada waktu bersamaan? Untuk memahami ini, lakukan percobaan berikut!


A. Bahan dan Alat

  1. Empat buah gelas plastik bekas kemasan air mineral

  2. Es batu, cokelat, kapur, dan mentega.


B. Langkah-Langkah Percobaan

  1. Masukkan setiap benda ke dalam gelas. Satu gelas diisi dengan satu benda.

  2. Letakkan gelas tersebut di ruangan terbuka. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Diamkan selama 15 menit. Coba perhatikan! Apa yang akan terjadi?

  3. Tuliskan hasil pengamatanmu di bawah ini!



Ayo Mengamati
Apakah kamu menyukai cokelat? Cokelat adalah makanan yang digemari anak-anak. Cokelat mudah mencair jika disimpan di luar ruangan. Perhatikan kemasan cokelat di bawah ini! Manakah cokelat yang paling berat?


Ayo Mengamati
Di negara-negara yang mengalami empat musim, saat musim dingin tiba akan turun salju. Salju akan mencair begitu ganti musim semi. Tahukah kamu bahwa setiap butiran salju mempunyai bentuk yang khas?

Kamu akan melihat butiran salju yang bentuknya berbeda-beda. Bentuk yang berbeda jika dilihat di bawah mikroskop. Dari gambar butiran salju, terciptalah karya seni seperti berikut!

Kamu dapat menghasilkan karya seni. Untuk itu, kamu harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Dengan demikian, hasilnya menjadi harmoni yang indah.
Garis adalah goresan yang memanjang dan mempunyai arah tertentu. Garis dapat bersifat pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat lainnya
Ada beragam warna, di antaranya warna primer yaitu merah, kuning, dan biru. Selain itu, banyak warna yang diperoleh dari campuran ketiga warna primer tersebut.
Bentuk dapat bermacam-macam, di antaranya bulat, persegi, tidak beraturan, dan sebagainya.

PEMBELAJARAN 2

Es krim dibuat dari adonan yang dilarutkan dalam air. Kemudian, adonan tersebut didinginkan pada suhu yang sangat dingin. Air yang ada dalam adonan akan membeku sehingga es krim menjadi padat. Perubahan adonan es krim dari wujud cair ke padat disebut membeku. Agar tetap berwujud padat, es krim harus disimpan di tempat yang dingin seperti lemari es.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Es Krim
Pernahkah kamu mencicipi es krim? Rasa es krim bermacam-macam. Es krim terasa segar jika dinikmati di siang hari yang panas. Lakukan percobaan berikut ini secara berkelompok.

A. Alat dan Bahan

  1. Dua buah kantong plastik dengan perekat (zipper), satu berukuran besar dan satu lagi berukuran sedang.

  2. Handuk kecil atau sarung tangan.

  3. 300 mililiter krim segar/susu/santan

  4. 2 sendok makan gula pasir

  5. 6 sendok makan garam batu

  6. 2 mangkuk es batu berbentuk dad

B. Cara Membuat Es Krim

  1. Campurkan susu/santan segar dan gula ke dalam kantong plastik yang berukuran sedang. Rekatkan ujung plastik dan pastikan plastik benar-benar rapat.

  2. Masukkan potongan es batu dan garam ke dalam kantong plastik besar. Kocok sebentar agar es batu dan garam tercampur.

  3. Masukkan kantong plastik sedang yang berisi susu/santan ke dalam kantong plastik besar yang berisi es batu dan garam. Kemudian, tutup dengan rapat perekatnya pada plastik besar.

  4. Kocok dan pijat-pijat kantong plastik tersebut selama 10 menit. Gunakan handuk atau sarung tangan agar tidak terlalu dingin ketika disentuh.

  5. Keluarkan kantong plastik sedang. Kemudian, bersihkan atau lap dengan kain untuk menghilangkan garam yang menempel.

  6. Buka kantong plastik tersebut dan tuang ke dalam gelas atau mangkuk saji. Es krim siap dinikmati.

Adakah proses yang kurang dimengerti? Tanyakan kepada gurumu

Ayo Berdiskusi


Pernahkah kamu menyimpan air dalam plastik di lemari pembeku? Apa yang akan terjadi dalam beberapa jam? Tentunya air akan berubah menjadi es, bukan? Meskipun kamu membuka ikatan plastik itu. Ternyata, es tidak akan tumpah. Mengapa demikian? Wujud air berubah dari cair menjadi padat. Perubahan wujud dari cair menjadi padat disebut membeku.

Ayo Mengamati
Kamu telah mengerjakan pembuatan es bersama kelompokmu. Adakah pembagian tugas di dalam kelompok? Dengan pembagian tugas, pekerjaan menjadi mudah dan ringan.

Begitu juga di sekolah. Siswa di sekolah ada peran masing-masing. Contohnya di SD Nusantara tempat Siti dan teman-temannya bersekolah. Ada guru yang mengajar sehari-hari di kelas. Ada pula kepala sekolah yang memimpin sekolah.


Kerjakan secara berkelompok. Carilah informasi tentang peran-peran yang ada di sekolahmu, selain peran siswa! Isikan hasilnya pada tabel berikut!

No.

Nama

Peran

1.

Guru Kelas.


2.

Kepala Sekolah

.

3.

Penjaga Sekolah.


4.

Petugas Perpustakaan


5.

Petugas Tata Usaha Sekolah


6.

Guru Penjas


Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari peran-peran yang ada di sekolahmu. Diskusikanlah dalam kelompokmu. Mengapa perlu ada perbedaan peran di sekolah? Apa yang terjadi bila di sekolah hanya ada kepala sekolah? Bagaimana bila tanpa ada bagian yang lainnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar