Rabu, 04 Oktober 2023

Kls 3C

 Hari/ Tanggal : Kamis, 5 Oktober 2023

Tema 3 : Benda di Sekitarku

Subtema 2 : Wujud Benda

Pembelajaran : 4 dan 5

Assalamu'alaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menuliskan macam-macam perubahan wujud benda

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari macam-macam wujud benda.

PEMBELAJARAN 4

Ayo Mengamati
Perhatikan gelas yang berisi air es! Apa yang terjadi pada bagian luar gelas? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?


Ayo Membaca
Mengembun adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi cair.

Ada dua contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kalian memasukkan pecahan-pecahan es batu ke dalam gelas. Sisi luar gelas mula-mula kering. Beberapa saat kemudian, sisi luar gelas terdapat bintik-bintik air.

Perhatikan ketika kalian naik mobil pada saat cuaca cerah. Kaca jendela mobil bagian dalam kering. Ketika hujan turun, kaca mobil bagian dalam menjadi buram. Apabila kalian menempelkan telapak tangan pada kaca, telapak tangan menjadi basah. Bagaimana kedua peristiwa itu dapat terjadi?

Mungkinkah es yang mencair dapat menembus gelas? Mengapa sisi luar gelas menjadi basah? Kamu perlu memahaminya. Bacalah penjelasan berikut ini!


Udara di sekitarmu banyak mengandung uap air. Ketika uap air bersentuhan dengan benda-benda yang lebih dingin (suhunya rendah), maka berubah menjadi bintik-bintik air.

Jadi, tetes-tetes air di sisi luar gelas bukan berasal dari dalam gelas. Akan tetapi, tetes-tetes air berasal dari uap air di sekitarnya.


Ayo Berlatih
Kamu telah membaca dan melakukan percobaan. 
Lengkapilah bagan berikut ini!


Ayo Berdiskusi
Siti dan teman-temannya baru saja melakukan percobaan di dalam kelas. Percobaan di kelas menggunakan es batu dan air. Ternyata lantai kelas menjadi basah. Siti meminta bantuan petugas kebersihan sekolah untuk mengeringkan lantai kelas. 
Petugas menggunakan kain pel dibantu Siti dan teman-temannya.

Apakah di sekolahmu mempunyai petugas kebersihan? Apa saja tugas-tugasnya? Lakukan secara berkelompok. Wawancarailah orang-orang yang mempunyai peran di sekolahmu. Tanyakanlah tugas dari masing-masing orang tersebut.

PEMBELAJARAN 5

Paragraf adalah serangkaian kalimat yang saling bertalian untuk membuat sebuah ide atau gagasan baru. Paragraf merupakan sekelompok kalimat yang saling berhubungan dan bersama sama menjelaskan satu unit pokok pikiran. Paragraf yang baik merupakan paragraf yang dapat menyampaikan pikiran dengan baik kepada pembaca.
Ayo Mencoba
Bacalah wacana berikut ini! Baca paragraf demi paragraf. 
Susunlah paragraf, sehingga menjadi cerita yang urut! Nomorilah urutannya di kotak yang disediakan!

No.

Isi Paragraf

2.

Kapur barus digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Biasanya diletakkan di lemari di sela-sela pakaian. Atau di kamar mandi.

1.

Pernahkah kamu melihat atau menggunakan kapur barus? Kapur barus dapat dijumpai sehari-hari. Bentuknya bulat dan beraneka warna. Apakah kegunaan kapur barus?

4.

Kapur barus lama-kelamaan mengecil dan habis. Karena terjadi perubahan wujud pada kapur barus. Perubahan wujud dari padat menjadi gas. Perubahan wujud dari padat menjadi gas disebut menyublim.

5.

Peristiwa menyublim mengakibatkan kapur barus mengecil dan habis. Ketika kapur barus berubah wujud menjadi gas, tercium bau wangi di udara.

3.

Apa yang terjadi pada kapur barus? Lama-kelamaan kapur barus akan mengecil dan habis. Apa yang terjadi?



Tahukah kamu, perubahan wujud juga terjadi dari benda gas menjadi padat. Perubahan wujud benda
dari gas menjadi padat disebut menghablur atau mengkristal. Jika kita tinggal di negara 4 musim, maka akan melihat embun beku di pagi hari di musim dingin. Embun beku tersebut seperti kristal es yang menempel pada tanaman. Hal ini terjadi karena uap air di udara yang berwujud gas berubah menjadi padat.

Ayo Berdiskusi
Perubahan wujud benda yang terjadi merupakan perubahan alami di sekitarmu. Hal ini merupakan karunia Tuhan yang Maha Kuasa yang harus disyukuri.

Sifat perubahan wujud dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk makanan dan minuman.

Demikian pembelajaran hari ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar