Minggu, 01 Oktober 2023

Pembelajaran kls 3C

 Tanggal : Senin, 2 Oktober 2023

Tema 3 : Benda di Sekitarku

Subtema 2 : Wujud Benda

Pembelajaran : 5 dan 6


PEMBELAJARAN 5

Ayo Mengamati
Mengenal Benda Gas Lebih Dekat
Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair?Benda juga dapat berwujud gas.Benda gas ada di mana-mana.Contohnya udara yang kita hirup.Setiap hari kita menghirup udara.Udara termasuk benda gas.Dapatkah kamu melihat bentuk udara?Bentuk udara tidak dapat dilihat.Udara hanya dapat dirasakan.

Namun, ada benda gas yang dapat dilihat.Contohnya adalah awan dan asap.

Benda gas mempunyai sifatBenda Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah. Benda gas sangat berlimpah di sekitar kita.Kita bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida.Gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu:

  1. Gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya)
  2. Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.

Pernahkah melihat balon mengambang di udara? Balon itu berisi gas helium, yang merupakan jenis gas yang lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Hal itu menyebabkan gas melaju ke atas,membawa balon itu mengambang di udara. Contoh lain dari gas yang dapat ditemui dalam keseharian adalah saat air dipanaskan, air akan mengeluarkan uap yang merupakan gas.

Ayo Menulis
Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda gas.Apa yang kamu ketahui tentang benda gas? Tuliskan hasilnya pada kolom berikut! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!

Ayo Berlatih
Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat. Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.

Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut! 

Ayo Mencoba
Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa.Dayu membantu ibu menimbang bahan-bahan yang diperlukan.Dayu menggunakan timbangan kue.Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas.Kompor gas memerlukan tabung gas.

Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)?LPG adalah benda berwujud gas.Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar.Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak.Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah.Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.

Untuk lebih memudahkan dalam hubungan antar satuan berat bisa memperhatikan tabel daftar ini!

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan asap yang ada di sekitarmu? Banyak asap di sekitarmu. Misalnya asap kendaran, hasil pembakaran sampah, dan dari sebuah pabrik. Apakah wujud asap itu?

Asap berwujud gas. Walaupun di dalam asap masih mengandung campuran benda padat. Hal itu ditandai karena masih dapat dirasakan dan dilihat wujudnya. Padatan yang ada di dalam asap berukuran sangat kecil.

Udin membaca berita tentang bencana kebakaran.Bencana tersebut terjadi di beberapa wilayah di Indonesia selama tahun 2015. Kondisi ini mengakibatkan asap menutupi beberapa wilayah di Indonesia.

Bacalah beritanya berikut ini!
Presiden Ajak Masyarakat Gotong Royong Tanggulangi Kebakaran Hutan
Rabu, 23 September 2015 19:25 WIB | 7.054 Views
Banjarbaru (ANTARA News) - Presiden RI, Joko Widodo, mengajak seluruh lapisan masyarakat bergotong royong dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan sehingga dampak buruknya bisa dikurangi.

“Masyarakat harus bahu-membahu membantu karena gotong royong adalah jalan keluar menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya di Banjarbaru, Kalsel, Rabu.

Ajakan itu disampaikan Presiden saat melihat langsung kebakaran lahan dan meninjau titik api di kawasan Guntung Damar Kelurahan Guntung Payung, Landasan Ulin, Banjarbaru.

Presiden meminta masyarakat ikut berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga dampak buruk berupa kabut asap tidak merugikan banyak pihak.
“Dibutuhkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan agar terhindar dari pembakaran lahan di samping kesadaran tidak membakar lahan dan semak di sekitarnya,” pesan Presiden.

PEMBELAJARAN 6

Ayo Berdiskusi
Aneka Wujud Benda sebagai Anugerah Tuhan
Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya.Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing.Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya.Coba lengkapilah bagan berikut ini.

Ayo Mengamati
Lakukan secara berkelompok.Pilihlah satu tempat untuk melakukan pengamatan. Perhatikan benda-benda yang ada di tempat tersebut! Catatlah benda-benda yang ditemukan pada tabel berikut!

Ay Menulis
Tuliskan dalam bentuk cerita tentang wujud benda di sekitarmu!

Ayo Berlatih
Siti sedang memperhatikan timbangan untuk menimbang bayi.Semua timbangan berwujud benda padat.Apakah kamu pernah melihat timbangan selain berwujud benda padat?

Ada beberapa satuan massa yang sehari-hari disebut berat. Seperti kilogram (kg), gram, dan ons.Ketiga satuan ini saling berhubungan. Lakukanlah percobaan berikut! Percobaan menimbang dengan timbangan kue! Perhatikan berat benda 1 kg dan 1.000 gram! Apakah benda tersebut menunjukkan berat yang sama?

Perhatikan gambar di atas!

  1. Gambar 1 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 10 ons
  2. Gambar 2 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 1.000 gram
  3. Gambar 3 menunjukkan bahwa 1 ons sama dengan 100 gram

Ayo Mengamati
Lani sering membantu ayahnya menjaga toko.Lani membantu ayah menimbang bahan-bahan makanan.

Orag tua Lani cukup berada.Namun, Lani anak yang sederhana.Hidup sederhana adalah hidup yang sesuai dengan kebutuhan.Hidup yang tidak berlebihan dalam menggunakan harta.

Diskusikan dengan teman di kelompokmu! Lingkari kata-kata berikut yang sesuai dengan hidup sederhana. 

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu! Diskusi tentang contoh sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari! Tuliskan dalam bentuk cerita pada kolom berikut!

Ayo Berlatih
Kamu telah belajar tentang sikap sederhana.Kemudian, renungkan pernyataan berikut. Jawablah pernyataan berikut dengan jujur! Beri tanda centang ( √) sesuai jawabanmu.

No.

Pernyataan

Setuju

Ragu-Ragu

Tidak Setuju

1.

Saya telah mengerti arti hidup sederhana.

-

-

2.

Saya telah menerapkan hidup sederhana.

-

-

3.

Keluarga saya telah menerapkan hidup sederhana.

-

-

4.

Saya merasa nyaman dengan hidup sederhana.

-

-

5.

Saya akan menerapkan sikap hidup sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar