Senin, 30 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 4)pembelajaran 2

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 4)
Pembelajaran :  2
Hari/Tanggal :Selasa,       1    Oktober  2019

Bahasa Indonesia
Asyiknya Membuat Gulali

Gulali adalah sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya manis dan mudah membuatnya. Sambil membuat gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi!
Alat dan Bahan
500 gram gula pasir
Pewarna makanan
250 mL air matang
Tusuk sate

Cara Membuat
Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 mL air matang. Kemudian, tambahkan pewarna jika diper lukan.
Aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian, panaskan di atas api sedang.
Aduk-aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat dari api dan diamkan sampai adonan mengental.
Jika sudah dingin dan mengental, maka adonan gulali tersebut sudah boleh
dibentuk. Lilitkan pada tusuk sate dan bentuk menjadi aneka bentuk yang kamu sukai.

1.Siswa mengerjakan soal halaman 186
PKN
NILAI-NILAI DALAM GOTONG ROYONG
Jika dilihat sekilas, gotong royong tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya tersebut, gotong royong menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain:


1. Kebersamaan
Gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama.
2. Persatuan
Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul.
3. Rela berkorban
Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama.
4. Tolong menolong
Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain.
5. Sosialisasi
Di era modern, kehidupan masyarakat cenderung individualis. Gotong royong dapat membuat manusia kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk sosial. Gotong royong membuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya.
Siswa mengerjakan soal halaman 189

Tidak ada komentar:

Posting Komentar