Selasa, 10 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 1)Pembelajaran 3

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran :  3
Hari/Tanggal :Rabu ,           September 2019

Bahasa Indonesia
Kertas di Sekitar Kita

Benda terbuat dari kertas Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas. Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga
menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp
yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.
Cobalah kamu menulis di atas kaca. Apakah hasil tulisanmu di atas kaca seperti di kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat dibaca dengan jelas. Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?

Siswa berdiskusi tentang bagaimana cara menghemat kertas
Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kosakata hal.26

Kertas dapat digunakan untuk menulis. Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? Ternyata, tidak dapat. Mengapa?Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang.

Matematika

Jenis alat ukur:
Alat ukur Panjang. Berfungsi untuk mengukur satuan Panjang, alat yang digunakan adalah roll meter, penggaris, jangka sorong, mikrometer sekrup, welding gauge (untuk dimensi pengelasan).
Alat ukur temperatur. Digunakan untuk mengukur besar kecil suhu ruangan, untuk alat yang digunakan berupa termometer (termogun, termometer resistensi, termometer digital, bimetal dan yang lainnya).
Alat Ukur Waktu. Untuk mengukur satuan waktu, alat yang digunakan bisa berupa jam dan stopwatch.
Alat ukur massa. Untuk mengetahui massa suatu benda kita dapat menggunakan neraca atau timbangan dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan. Untuk hasil yang lebih rincih kita dapat menggunakan neraca digital, sedangkan untuk yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi kita dapat menggunakan neraca tipe lengan gantung, sama lengan, pegas dan ohaus.

1. Roll meter atau meteran.

Roll meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur satuan Panjang, bahannya terbuat dari material yang lentur atau dapat digulung, biasanya bahannya terbuat dari seng, kain atau benang. Tipe roll meter ini bervariasi, ada yang 5 meter, 10 meter hingga 20 meter, semua tipe tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Penggaris.
Penggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur satuan Panjang dan juga digunakan untuk membuat sebuah garis. Fungsi penggaris ini hampir sama dengan roll meter, yang membedakan roll meter tidak dapat digunakan untuk menggaris dan penggaris ukurannya lebih pendek. Ukuran penggaris yang umum di pasaran adalah 20 cm, 30 cm, 40 cm, 50 cm dan 100 cm, jenis material yang digunakan adalah baja yang sudah dilapisi atau dicat, baja tahan karat atau stainless steel, plastik dan kayu.

Siswa mengukur engan berbagai jenis alat ukur di hal.30
Siswa mengukur tinggi badan masing-masing teman dikelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar