Minggu, 15 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 2)Pembelajaran 1

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 2)
Pembelajaran :  1
Hari/Tanggal :Senin,     16      September 2019

Bahasa indonesia

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas.
. Benda dapat dikelompokkan berdasarkan wujudnya yaitu:

 Sifat Benda Padat, Cair, dan Gas
Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan jenis bentuknya. Wujud dari benda ada yang gas, cair dan ada yang padat. Setiap wujud benda tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.
1. Sifat benda zat padat
Coba lihat, apakah banyak benda padat di sekitar adik-adik. Benda-benda padat tersebut misalnya batu, tanah liat yang sudah keras, dan semen. Tahukah kalian apa sifat-sifat dari benda padat itu?
a. Benda padat tidak berubah jika dipindahkan
Tas, penggaris, buku, pena, lemari merupakan benda padat. Benda-benda tersebut jika dipindahkan tidak akan mengalami suatu perubahan. Ini salah atu sifat dari benda padat. “ jika dipindahkan benda padat tidak akan mengalami perubahan warna, ukuran dan bentuknya”
b. Benda padat memiliki berat.
Tas, penggaris, buku, pena, lemari merupakan benda padat. Apa yang kamu rasakan saat kamu berangkat sekolah dan di dalam tas yang kamu bawa itu terdapat buku, pensil, penggaris dan pena? Tentu akan terasa berat, karena benda-benda itu memiliki massa. Ketika kita membandingkan massa kapas dengan lemari, sudah tentu lemari lebih berat dibandingkan dengan kapas.

c. Benda padat dapat diubah bentuknya.
Pernahkan kalian membuat pensil menjadi runcing ketika ingin menulis? Tentu saja pernah, dan perhatikan bentuk dari pensil itu, pasti lebih pendek dan ujungnya yang sebelumnya tumpul menjadi runcing, ini juga merupakan salah satu sifat dari benda padat, yaitu “benda padat dapat diubah bentuknya”.
2. Sifat benda cair
Banyak sekali benda cair yang ada di sekitar kita.  Benda cair dapat dikemas dalam wadah apapun, misal beberapa botol (kecap, sirup) dan plastik.  Lakukanlah percobaan untuk mengetahui sifat dari air dengan memasukkannya ke dalam botol yang bentuknya silinder dan botol yang bentuknya lingkaran. Coba perhatikan apa yang terjadi?
a. Benda cair mengisi ruang dan bentuknya sama dengan wadahnya
Amatilah benda cair yang ada di sekitar kalian. Amati bentuk wadahnya dan bentuk benda cair yang ada di dalamnya. Sudah pasti benda cair mengalami perubahan bentuk yang mengikuti bentuk wadahnya. Berbagai bentuk wadah membuat benda cair menjadi lebih menarik.
b. Permukaan benda cair selalu datar
Benda cair memiliki permukaan yang selalu datar, artinya di manapun kita menempatkan benda cair maka permukaan nya akan tetap datar, misalnya kamu letakkan air di dalam gelas, amati bagian atasnya sudah pasti rata, atau datar. Begitu juga pada sumur, air di sumurpun juga datar, bahkan kalau kita perhatikan, air laut yang sangat luas dan banyakpun permukaannya datar.
Air memiliki ketinggian permukaan yang sama dengan wadahnya. Bahkan ketika kita memasukkan air kedalam gelas, dan kemudian kita miringkan gelas tersebut maka permukaannya pun tetap sama. Air memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan permukaannya. Sehingga salah satu kegunaan air ini dimanfaatkan untukmemeriksa kemiringan suatu bidang. Alat yang dibuat berdasarkan ini adalah waterpass. 
c. Benda air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah.
Mata air yang jernih sering kita temui di pegunungan. Mata air di pegunungan berkelok-kelok mengikuti bentuk sungai, bahkan tak sedikit melalui berbagai pohon yang ada di sungai. Air tersebut mengalir dari posisi yang lebih tinggi menuju ke posisi yang lebih rendah, kadang-kadang air tersebut membentuk sebuah air terjun.


3. Sifat benda gas
a. Benda gas menempati ruang
Kantong plastik dan ban sepeda motor dapat menggelembung karena di dalamnya terdapat gas. Jika benda gas dimasukkan ke dalam air maka akan mengeluarkan gelembung-gelembung. Gelembung gelembung ini berisi udara yang di dalamnya terdapat berbagai macam gas.
b. Benda gas memiliki tekanan
Ketika kita sedang menyedot sirup, udara udara yang berada di dalam sedotan akan berkurang. Hal ini menyebabkan tekanan uduara di dalam sirup turun, sedagkan udara di luar sedotan akan menaik.  Air akan berjalan ke atas mengikuti sedotan itu.
c. Benda gas dapat memuai
Pemuaian udara dapat kita lihat pada balon udara, di mana sebelumnya hanya berupa kain besar tetapi setelah diberikan gas, balon mulai menggelembung, dan kemudian memuai dan terbang ke angkasa.
d. Benda gas memiliki berat
Balon atau ban yang bocor akan kehilangan benda gas yang ada di dalamnya. Oleh karenanya balon dan ban tersebut menjadi lebih ringan dari pada balon dan ban yang di dalamnya masih terdapat gas. Hal ini menunjukkan bahwa gas juga memiliki sifat berat.

Matematika


  Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.m Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.Mengkonversikan satuann KM ke Meter
I km= .............m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar