Minggu, 22 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 3)Pembelajaran 1

MATERI AJAR KELAS 3 E HARI SENIN, 23 SEPTEMBER2019


Hari /Tanggal          Senin, 23 September 2018
Tema 3 ( Benda di Sekitarku )
Sub Tema 3 ( Perubahan Wujus Benda )
PB Ke 1



MATERI  AJAR

1.Bahasa Indonesia

Mencair


Perubahan Wujud Benda
Membeku dan Mencair
Membeku adalah perubahan wujud dari bentuk cair menjadi bentuk padat.
Mencair adalah perubahan wujud dari bentuk padat menjadi bentuk cair.
Menguap dan Mengembun
Menguap: perubahan wujud dari bentuk cair ke bentuk gas.
Mengembun: perubahan wujud dari bentuk gas ke bentuk cair.
Menyublim
Menyublim: perubahan wujud dari bentuk padat menjadi bentuk gas.

Bagaimana jika kamu meletakan es batu d luar?
Tentu saja lama kelamaan estersebut akan berubah akan menjadi cair, bukan ?
Begitu juga ketika kamu memegang cokelat.
Lama kelamaan cokelat tersebut akan meleleh. Mengapa ? Cokelat meleleh karena terkena panas tangan mu. Perubahan Wujud dari dari padat menjadi cair atau meleleh atau melebur.



Mengadakan percobaan coklat dari benda padat menjadi meleleh

Lembar Kerja :
Mengapa cokelat leleh saat terbakar oleh api? Karena adanya energy panas yang berasal dari api yang menyebabkan suhunya naik, sehingga cokelat (benda padat) terbakar dan kemudian meleleh/mencair.
Mengapa tetesan cokelat yang terkena udara menjadi keras kembali? Karena Lelehan cokelat  tersebut jauh dari sumber panas/energi panas (api) sehingga suhunya menurun yang menyebabkan lelehan (benda cair) tersebut akan mengeras/berubah menjadi cokelat kembali.
2. Matematika

Satuan Baku

Satuan baku adalah satuan yang apabila digunakan oleh siapapun/siapa saja, akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama.

Contoh :
Mengukur meja yang panjangnya 1 meter menggunakan meteran. Siapa saja yang mengukur meja tersebut, maka akan memperoleh hasil pengukuran yang sama, yakni 1 meter.

Satuan Tidak Baku

Satuan Tidak Baku adalah satuan yang apabila digunakan oleh orang-orang yang berbeda, bisa menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda.

Contoh :
Mengukur panjang meja menggunakan kilan (panjang/jarak antara ujung ibu jari hingga jari kelingking). Hasil pengukuran tersebut, apabila diukur orang dewasa akan berbeda hasilnya jika dibandingkan dengan hasil pengukuran anak kecil.

3. SBDP
Garis.

Image result for macam garis

Garis adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna, texture, dan lainnya. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah tertentu, garis mempunyai berbagai sifat, seperti pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang lain. Kesan lain dari garis ialah dapat memberikan kesan gerak, ide, simbol, dan kode-kode tertentu, dan lain sebagainya. Pemanfaatan garis dalam desain diterapkan guna mencapai kesan tertentu, seperti untuk menciptakan kesan kekar, kuat simpel, megah ataupun juga agung. Beberapa contoh symbol ekspresi garis serta kesan yang ditimbulkannya, dan tentu saja dalam penerapannya nanti disesuaikan dengan warna-warnanya
Image result for macam bidang


 Bidang dalam seni rupa merupakan salah satu unsur seni rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis. Bidang dibatasi kontur dan merupakan 2 dimensi, menyatakan permukaan, dan memiliki ukuran Bidang dasar dalam seni rupa antara lain, bidang segitiga, segiempat, trapesium, lingkaran, oval, dan segi banyak lainnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar