Rabu, 25 September 2019

Tema 3(Sub.tema 3)Pembelajaran 4


MATERI AJAR KELAS 3 E HARI KAMIS 26 SEPTEMBER 2019

Hari /Tanggal        Kamis 26 September 2019
Tema 3 ( Benda di Sekitarku )
Sub Tema 3 ( Perubahan Wujud Benda )
PB Ke4


MATERI AJAR

1. Bahasa Indonesia


Mengembu adalah proses perubahan wujud dari ngas menjadi cair.
Ada dua contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari hari . Ketika kalian memasukan pecahan pecahan es  batu ke dalam gelas ,sisi luar gelas mula mula kering.
Beberapa saat kemudian ,sisi luaar gelas terdapat binti bintik air.


Hasil gambar untuk gambar es di dalam gelas



Hasil gambar untuk gambar es di dalam gelas

Mengembun adalah peristiwa perubahan benda gas menjadi air. Contoh mengembun adalah ketika kita menyimpan es batu dalam sebuah gelas maka bagian luar gelas akan basah, atau rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan.



Mungkinkah es yang mencair dapat menembujs gelas?
Mengapa sisi luar luar gela menjadi basah ?
Udara disekitarmu banyak mengandung uap air.Ketika ubenda benda yang ledbih dingin ( suhunya rendah),
maka berubah menjadi binti-bintik air.
Jadi tetes - tetesair disisi luar gelas bukan berasal dari dalam gelas .Akan tetapi tetes-tetes air berasal
dari uap ait di sekitarnya.


2. PPKN


Prilaku anak merupakan suatu fenomena dari sebuah keberhasilan sosialisasi yang banyak di lakukan oleh faktor-faktor pembentuk kepribadian anak.  Setelah kita tahu bahwa faktor yang pertama yang sangat dominan dalam sosialisasi pembentuk kepribadian anak adalah keluarga, pada tulisan ini kita akan membahas faktor vital kedua pada sosialisasi terhadap anak untuk menjadikan anak seorang yang memiliki kepribadian yang diharapkan oleh keluarga, lingkungan dan masyarakat.

Sekolah merupakan lingkungan lain yang bisa anak kenali. Dimana setiap orang sengaja mengirimkan anaknya untuk menghabiskan waktu mereka di sekolah selain di rumah. Meskipun lingkungan rumah penting, namun keluarga terlalu kecil untuk mendapatkan ilmu dan pelajaran. Karena alasan inilah sekolah akhirnya berperan besar dalam mendidik, bukan hanya fisik namun mental dan bukan hanya ilmu pelajaran namun juga karakter.

Dalam sekolah ada yang namanya pendidikan karakter anak. Pendidikan ini bisa dikatakan proses perkembangan karakter atau pendidikan karakter, dimana proses perkembangan karakter dalam diri seseorang tentu dipengaruhi oleh banyak faktor yang khas. Faktor tersebut terbagi menjadi da yaitu faktor bawaan sejak lahir (nature) dan lingkungan (nurture). Kedua faktor ini tentu yang bersangkutan dengan tumbuh dan berkembang seorang individu.
Jika membicarakan mengenai faktor bawaan jelas tidak bisa diganggu gugat dan berada di luar ajngkaan anda. Sedangkan untuk faktor lingkungan yang berada pada jangkauan masyarakat dan ndividu anda bisa berusaha mengembangkan dan merubahnya jika memberikan dampak buruk. Untuk itu berikut ini peran sekolah dalam mendidik anak dilihat dari karakternya.

  1. Moral
  2. Memberikan Penghargaan
  3. Mensosialisasikan Peraturan Sosial
  4. Konseling
  5. Melatih Mental
  6. Kepercayaan pada orang lain.
  7. Rasa menghormati
  8. Rasa menghormati
  9. Adil
  10. Peduli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar