Kamis, 23 Januari 2020

Tema 5(Sub.Tema 3)Pembelajaran 5

Hari / Tanggal            Jumat, 24 Januari 2020
Tema (5)                      Cuaca
Sub Tema (3)               Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia
PB Ke                          5


Materi  Ajar


Bahasa Indonesia

Mengidentifikasi informasi terkait perubahan cuaca dan pengaruhnya
pada aktivitas manusia dengan benar.


percakap

Sepulang sekolah, Siti menonton berita di televisi. Pembawa acara menyampaikan prakiraan cuaca hari ini. Cuaca di daerah Siti diperkirakan hujan. Awalnya, Siti berencana bermain sepeda bersama Lani. Setelah mendengar prakiraan cuaca di televisi. Siti mengurungkan niatnya. Ia akan menelepon Lani untuk membatalkan rencana mereka.

Simaklah percakapan di telepon antara Siti dan Lani. Lengkapi kalimat yang rumpang dengan kata yang ada pada kotak di bawah ini!

prakiraan       mendung        berawan       sepeda    batalkan        esok        hujan       cerah


Siti :  Halo, selamat siang. Bisa bicara dengan Lani? Lani : Halo, iya ini Lani. Siapakah ini? Siti : Hai, Lani. Ini Siti. Lani : Hai, Siti. Ada apa? Siti : Lani, aku baru saja menonton ..................... cuaca. Diperkirakan sore ini akan .................... dan ...................... di daerah kita. Lani :  : Oh, ya? Wah, padahal kita berencana akan main ...................... keliling komplek sore ini.

Siti : Iya, sepertinya kita ..................... saja rencana kali ini. Mungkin bisa   kita lakukan ...................... atau lain waktu. Aku khawatir setelah mendung akan turun ......................... Lani :  Baiklah Siti, tidak apa-apa. Kita lakukan lain waktu saat cuaca ............... Siti :  Oke, Lani, sampai jumpa besok di sekolah. Lani : Sampai jumpa.



Perubahan cuaca dapat terjadi setiap saat. Terkadang kita sudah merencanakan sesuatu. Akan tetapi, mungkin tidak dapat kita lakukan. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak mendukung. Pernahkah kamu mengalami hal yang sama seperti Siti dan Lani? 

Daftar pertanyaan dapat kamu buat seperti berikut. 

1. Apa yang akan kamu lakukan? 

2. Bersama siapa saja rencana itu akan dilakukan? 

3. Kapan rencana tersebut dilakukan? 

4. Dimana akan dilakukannya? 

5. Mengapa tidak jadi dilakukan? 

6. Bagaimana solusinya?


PPKn

Menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan
sehari hari di lingkungan sekitar dengan lengkap.


Siti membatalkan rencana bersepeda bersama Lani. Ia menggantinya dengan membaca buku. Buku yang baru dibeli Ayah kemarin. 

Selain hobi membaca, Siti juga suka menari. Ayah menghadiahi Siti sebuah buku. Buku itu bercerita tentang tarian tradisional Indonesia.


Tahukah kamu tarian apa saja yang ada di Indonesia?


Image result for gambar tarian yg ada di indonesia

TARI DARI ACEH


Image result for gambar tarian yg ada di indonesia

TARI DARI BALI

Image result for gambar tarian yg ada di indonesia

TARI DARI JAWA BARAT

Image result for gambar tarian yg ada di indonesia

TARI DARI TORAJA

Tarian Nusantara sangat beragam. Kita boleh mempelajarinya. Tidak selalu harus sesuai dengan daerah asal kita. Boleh dari berbagai daerah. 

Latihan menari sungguh menyenangkan. Ini dapat dijadikan kegiatan alternatif di saat hujan. 
Matematika

Menjlaskan cara penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan baik
Menyelesaikan masalah sehari hari yang melibatkan penjumlahan berpenyebut sama dengan benar


Selesai berlatih, Siti beristirahat sejenak. Siti menikmati buah semangka yang telah disiapkan oleh Ibu.  Satu buah semangka, awalnya dipotong menjadi 2 bagian. Lalu dipotong lagi menjadi 4 bagian. Siti baru memakan seperempat bagian. Ia akan melanjutkan seperempat bagian lagi setelah makan malam. Pernyataan di atas dapat kita tulis dalam bentuk operasi matematika. 

1 / 4      +      1 / 4      = 2 / 4


Selesaikanlah soal-soal di bawah ini. Lakukan dengan menulis bentuk operasi matematika. Lalu tentukan hasilnya! 


1. Seorang petani memiliki sepetak sawah. Ia mencangkul 1 /  4 bagian sawah. Kemudian, ia                mencangkul lagi 2 /  4 bagian sawah. Berapa bagian sawah yang telah dicangkul petani?


2. Beni memiliki pohon rambutan yang sedang berbuah. Beni berhasil memetik 1/ 5 keranjang.     Sementara ayah berhasil memetik 3/ 5 . Berapa jumlah rambutan yang berhasil dipetik Beni dan ayah?

3. Ibu dan Siti akan membuat kue bolu. Ibu menghabiskan  3/ 4 kg tepung untuk satu loyang kue bolu. Ibu akan membuat 3 loyang kue bolu. Berapa jumlah tepung yang ibu butuhkan untuk 3 loyang kue bolu?

4. Ibu membawa melon untuk bekal di jalan. Melon dipotong menjadi 8 bagian. Dayu makan 2/ 8  bagian melon. Ayah makan 3/ 8 bagian melon. Berapa jumlah melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu?
5. Selama perjalanan Dayu tak henti makan kue lapis. Satu loyang kue lapis dipotong menjadi 12 bagian. Dayu makan 4/ 12 bagian kue lapis. Ibu makan 2/ 12 bagian kue lapis. Berapa bagian kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu?
6. Dayu membawa bekal 15 batang cokelat untuk dinikmati selama perjalanan. Dayu telah memakan 5 batang cokelat. Ibu dan ayah menghabiskan 5 batang juga. Berapa bagian cokelat yang telah dihabiskan? Masih tersisa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar