Selasa, 14 Januari 2020

Tema 5(Sub.Tema 2)Pembelajaran 3

Hari / Tanggal                  Rabu 15 Januari 2020
Tema (5)                           Cuaca
Sub Tema                         Perubahan Cuaca
PB Ke                              3



Materi  Ajar


Bahasa Indonesia

Menemukan kata mengenai perubahan cuaca dengan tepat
Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan
cuaca terhadap kehidupan manusia dengan tepat.



Saat cuaca panas, udara terasa panas. Badan akan menjadi gerah. Kita membutuhkan kipas angin. Cuaca panas ini juga membuat kita mudah merasakan haus. Oleh karena itu, kita harus membawa air minum ke sekolah agar tubuh tetap sehat.
Cuaca juga memengaruhi kegiatan pertanian. Petani memerlukan air yang cukup untuk mengairi sawahnya. Biasanya pengairan sawah dari saluran irigasi. Ada juga persawahan yang mengandalkan air hujan, yang disebut sawah tadah hujan. Yang hanya bisa ditanami pada saat musim hujan. Padi yang telah dipanen harus segera dikeringkan. Setelah kering, padi ini digiling menjadi beras. Kita tidak boleh menyimpan padi basah. Karena padi basah dapat tumbuh tunas.

Saat cuaca cerah, petani mengeringkan padinya. Mereka menjemurnya di halaman rumah. Petani garam juga terpengaruh cuaca. Karena garam dibuat dari air laut. Air laut dialirkan ke tambak garam yang dibuat di dekat pantai. Air laut itu kemudian dikeringkan yang memanfaatkan panas matahari. Air laut tersebut akan menguap. Dan dalam tambak menyisakan garamnya saja. Petani garam berharap cuaca selalu cerah. Agar mereka dapat membuat garam lebih banyak. Pekerjaan lain pun banyak yang bergantung pada cuaca. Para pembuat kerupuk, ikan asin, batu bata, genting, dan gerabah. Mereka membutuhkan cuaca cerah untuk menjemur hasil pekerjaannya.
Para nelayan tradisional juga memperhitungkan keadaan cuaca. Mereka akan menunda melaut bila cuaca mendung, karena bila cuaca mendung maka kemungkinan besar akan terjadi hujan. Saat hujan sering terjadi badai di laut. Badai ini dapat menenggelamkan perahu nelayan.

Cuaca dipahami sebagai kondisi udara yang terjadi di bumi. Cuaca pun memberi pengaruh pada berbagai segi kehidupan manusia.
1. Cuaca Memengaruhi Pakaian yang Digunakan
Baju yang kamu pakai dapat melindungi tubuhmu dari keadaan di luarnya. Namun, tidak semua baju sesuai untuk setiap cuaca. Orang-orang yang tinggal di pegunungan cenderung memakai pakaian tebal. Sedangkan orang-orang yang tinggal di daerah panas, akan memakai pakaian yang tipis. Ini karena jenis pakaian yang dikenakan biasanya disesuaikan dengan keadaan cuaca.
Pakaian tebal dapat menahan panas tubuh. Makanya orang-orang yang tinggal di daerah dingin selalu mengenakan jas atau jaket. Karena jas atau jaket dapat menahan dingin, dan juga dapat menahan panas tubuh.


2. Cuaca Memengaruhi Kegiatan Manusia
Ketika cuaca sangat buruk, misalnya terjadi hujan terus-menerus, maka dapat mengakibatkan terjadinya banjir. Banjir dapat menimbulkan kemacetan di jalan raya. Banjir juga menyebabkan terhambatnya aktivitas kita. Sebaliknya, saat cuaca cerah, kita dapat menjemur pakaian, dan bermain di luar rumah.


3. Cuaca Memengaruhi Kebiasaan Makan dan Minum
Ketika cuaca panas, kita akan lebih banyak minum dan mengonsumsi buah-buahan agar tubuh kita tidak kekurangan cairan. Karena jika kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika cuaca dingin, kita meminum minuman tertentu seperti jahe yang dapat menghangatkan tubuh.

Matematika

Membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan benar 
Menyajikan perbandingan dua pecahan berpembilang sama dengan tepat.

Pecahan merupakan bilangan untuk menyatakan suatu bagian dari bagian ke seluruhan.
Contoh:
1 potong semangka dari 4 potong semangka dinyatakan sebagai pecahan

Nilai pecahan dapat disajikan dalam bentuk gambar yang diarsir.
Contoh:

Nilai pecahan dapat disajikan dalam bentuk gambar yang diarsir

1  Bagian yang diarsir menunjukkan pecahan ….
a. 48
b. 84
c. 124
d. 412
2
Soal Matematika Kelas 3 SD Bab Pecahan Sederhana Dan Kunci Jawaban
  3  Bagian yang tidak diarsir menunjukkan pecahan ….
a. 36
b. 16
c. 51
d. 15


4. Pecahan 12 sering juga disebut ….
a. Sepertiga
b. seperempat
c. Setengah
d. Sebagian
5. 16 ….. 12. Tanda yang tepa untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
a. < 
b. =
c. >
d. /
6. 4….. 1. Tanda yang tepa untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
a. < 
b. =
c. >
d. /

Tidak ada komentar:

Posting Komentar