Selasa, 21 Januari 2020

Tema 5(Sub.Tema 3)Pembelajaran 3

Hari /Tanggal            Rabu, 22 Januari 2020
tema  (5)                     Cuaca
Sub Tema (3)              Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehudupan Manusia
PB Ke                         3

Jenis – Jenis Pengurangan Pecahan

Ada beberapa jenis pengurangan pecahan yang harus Kita ketahui diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1) Pengurangan Pecahan Biasa

Pecahan biasalah yakni pecahan dengan pembilang & penyebut adalah bilangan bulat.
Contohnya : 1/4 , 2/5 , 9/10
Pada prinsip pengurangan pecahan biasa, konsepnya yakni sama dengan konsep penjumlahan pecahan biasa yang sebelumnya pernah dibahas yakni dengan mengurangi pembilangnya saja.
pecahan biasa
Jika bilangan yang akan dikurangi mempunyai penyebut yang berbeda, maka anda harus menyamakan terlebih dahulu penyebutnya. Untuk cara yang paling mudah adalah kalikan saja angka penyebutnya jika anda tidak dapat mencari nilai paling sederhana untuk menyamakan penyebut. contoh,
pecahan biasa
cara diatas adalah yang paling mudah yakni menggunakan operasi hitung KPK yaitu 2 dan 6 adalah 12. Untuk anga penyebut maupun pembilang wajib dikalikan dengan angka KPK yang sama.

2) Pengurangan Pecahan Murni

Pecahan yang kedua merupakan pecahan murni yang merupakan pecahan yang pembilang & penyebutnya adalah bilangan bulat. Hal ini berlaku kepada pembilang harus kurang atau lebih kecil dibandingkan penyebutnya.
Pecahan murnai bisa juga disebut dengan pecahan biasa namun pecahan biasa belum pasti bisa dikatakan sebagai sebuah pecahan murni. Kamu bisa melihat contohnya dibawah ini.
Contohnya : 1/6 , 3/5, 7/15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar