Minggu, 05 Januari 2020

Tema 5(Sub.Tema 1)Pembelajaran 1

Pernakah kalain mendengar prakiran cuaca? Prakiran cuaca dilakukan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG). Contoh prakiran cuaca misalnya Jakarta cerah, Solo berawan dan Bali hujan. Apakah cuaca itu? Cuaca adalah keadaan udara pada suatu waktu, yang meliputi suhu, tekanan, kelembaban, angin dan awan.

A. Hubungan antara keadaan langit dan cuaca
Awan yang kamian lihat itu berbentuk gumpalan-gumpalan putih yang menyerupai kapas. Hal tersebut menandakan bahwa cuaca disekitamu amat cerah. Cuaca yang menguntungkan pelayaran dan penerbangan. Prakiran cuaca sangat berguna bagi kegiatan penerbangan dan pelayaran karena dapat mengetahui kemungkinan cuaca yang akan terjadi.

1. Cuaca panas
Cuaca panas artinya matahari bersinar terang dan udara terasa panas. kulit yang terkena matahari terasa seperti terbakar. Hal ini terjadi karena suhu udara yang amat tinggi.

2. Cuaca cerah
Cuaca cerah artinya cuaca tidak berawan, langit terang dan cahaya matahari bersinar dengan terangnya, udara terasa hangat.

3. Cuaca berawan
Cuaca berawan artinya langit diliputi awan. Udara tidak begitu panas karena sinar matahari yang menyinari bumi terhalang oleh awan.

4. Cuaca dingin
Cuaca dingi artinya udara terasa dingin dibandingkan udara dengan suhu udara pada umumnya. Udara saat itu amatlah rendah sehingga terasa dingin.

5. Cuaca hujan
Awan terbentuk dari uap air dilangit yang mengembun. Uap air itu mengembun karena udara dingin dilangit. Jika butiran-butiran air dalam awan bertambah banyak dan tetesannya cukup besar, maka akan jatuh sebagai hujan. Besar kecilnya hujan dapat di ukur dengan alat yang disebut Regenmeter.

Berikut ini beberapa simbol yang digunakan untuk menunjukan kondisi cuaca.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgswEN9IAk7-YW_VqeFc-9Dd-6MSrVnTIPtiuIQWCVUHjmYvKhkUsR8972bfKdUEkzWQJpmvf1IrQ_aNfxYov-_lfqSBwIogcOUpjptl5MgDsVPTD6Zu-korDgTmr-ioGLtG9eb4rFvONKT/s1600/IMG_20180207_175857.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgswEN9IAk7-YW_VqeFc-9Dd-6MSrVnTIPtiuIQWCVUHjmYvKhkUsR8972bfKdUEkzWQJpmvf1IrQ_aNfxYov-_lfqSBwIogcOUpjptl5MgDsVPTD6Zu-korDgTmr-ioGLtG9eb4rFvONKT/s1600/IMG_20180207_175857.jpg

Awan berpengaru terhadap keadaan cuaca. Awan dapat memberikan petunjuk keadaan cuaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar