Selasa, 03 Maret 2020

Tema 7(Sub.Tema 1)Pembelajaran 3

Hari / Tanggal                        Rabu,4  Maret2020
Tema (7)                                 Perkembangan Teknologi
Sub Tema (1)                          Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
PB Ke                                     3



Materi  Ajar


Bahasa Indonesia

Mencari informasi dari teks bacaan


Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng. Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak Sarip membuat ikan bandeng presto.  Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.

Bandeng Presto

 Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan panci presto. Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu yang akan membuat daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri ikan pun akan melunak. Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan yang sudah diberi bumbu kemudian dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang dapat dikunci rapat. Lalu, ikan akan matang secara merata. Setelah matang, bandeng presto dapat dikemas. Cara mengemas bandeng presto akan menentukan daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa, ikan akan bertahan selama 5 hari. Namun, jika dibungkus dengan menggunakan plastik tahan udara, ikan akan bertahan hingga 3 bulan. 

Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf. Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?

Lengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!

Informasi 1 Bandeng presto dimasak menggunakan

Informasi 2 Panci presto akan membuat daging ikan menjadi

Teks “Bandeng Presto” menceritakan tentang

Informasi 3 ....................................


PPKn

Bentuk bentuk keberagaman karateristi individu dalam kehidupan sehari hari


Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah mahir berenang.  Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat menemukan beragam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam. Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya  Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buahbuahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda

Dengarkan cerita gurumu tentang beragam kebiasaan. Dapatkah kamu menyebutkan perbedaan kebiasaan Dayu, Siti, dan Lani dari cerita tersebut?  
Ayo 

Kebiasaan yang berbeda merupakan bagian dari keberagaman.

Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo datang membawa ragam makanan. Amati makanan yang dibawa oleh Udin dan teman- teman.


Ikan Salmon, Hidangan, Makanan, Makan

ayam goreng


Sosis, Makanan, Panggang, Sosis, Sosis






Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan makanan hasil pengolahan teknologi pangan. 

Tulislah daftar makanan hasil teknologi pangan berdasarkan gambar di atas!

No     . Jenis Makanan

1          .........................

2          ...........................

3          ..........................

4          ..........................

5          ..........................

Makanan apa yang paling kamu sukai? 

Sekarang, tanyakanlah makanan kesukaan teman atau gurumu. Wawancarai 3 orang teman dan 2 orang guru untuk mengetahui makanan kesukaan mereka.

Setelah melakukan wawancara pada teman dan gurumu, tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini!

No.         Nama                                Makanan yang disukai

1           ............                               ......................................

2          .............                               ...................................

3          .............                               .................................

4          ............                                .................................

5          ..............                              .................................


Apakah mereka menyukai jenis makanan yang sama? Apakah semua menyukai makanan hasil teknologi pangan? Diskusikan bersama temanmu, kemudian lingkari jawaban yang paling tepat di bawah ini! Jenis makanan yang disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarku ternyata  sama / berbeda Ini berarti, Setiap orang memiliki kebiasaan yang  berbeda / sama. 

Setiap orang memiliki makanan kesukaan. Kesukaan setiap orang berbeda-beda. Jika temanmu memiliki kesukaan yang berbeda darimu, apa yang akan kamu lakukan?

Sikap memahami dan menerima perbedaan kesukaan setiap orang yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.


Siswa mengidentifikasi makanan yang disukai oleh setiap anggota keluarga serta menentukan apakah kesukaannya sama atau beragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar