Rabu, 18 Maret 2020

Kamis, 19 Maret 2020

Kamis, 19 Maret 2020 >> Tema 7 Subtema 3 >> Pembelajaran 4

Bacalah teks berikut!

Alat Komunikasi Tulisan

Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pada abad ke-21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, surel dapat diterima ditempat tujuan sesaat setelah dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi. 

Kini surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui telepon seluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi. 

TELEPON GENGGAM

Teknologi komunikasi terus berkembang. Perkembangan itu ditandai dengan semakin banyak ditemukannya alat komunikasi. Salah satu alat yang paling pesat perkembangannya adalah telepon genggam atau HP (hand phone).

Telepon genggam merupakan perkembangan dari telepon biasa. Perbedaan utama antara HP dan telepon biasa adalah tidak dibutuhkannya kabel dalam jaringan komunikasi. Hal ini memudahkan HP untuk dibawa kemana saja.

KOLABORASI

Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerjasama. Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi. 

Menurut KBBI, kolaborasi artinya kegiatan bekerjasama. Kerjasama merupakan pengamalan sila ke empat Pancasila yang berbunyi Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.


Tugas

Kerjakan di buku latihan tematik!
  1. Tuliskan kalimat utama pada masing-masing paragraf dalam teks bacaan "Alat Komunikasi Tulisan"!
  2. Mengapa teknologi komunikasi dikatakan berkembang dengan pesat?
  3. Apa perbedaan utama antara HP dan telepon biasa?
  4. Bagaimana sikap kita terhadap keberagaman atau perbedaan dari setiap orang? 
  5. Apa pesan moral yang di dapat dari cerita "Paling Berjasa"?


Selamat mengerjakan ðŸ˜Š
Semangat sayang ðŸ’ªðŸ¤—

Tidak ada komentar:

Posting Komentar