Rabu, 25 Maret 2020

Kamis, 26 Maret 2020

Kamis, 26 Maret 2020 >> Tema 7 Subtema 4 >> Pembelajaran 5 dan 6

ALAT TRANSPORTASI

Banyak orang yang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil. 

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus dan kereta. 

Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari suatu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya membuat udara kotor. Polusi dari gas buang kendaraan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti iritasi mata, batuk, kelelahan, sakit jantung, bahakan kematian mendadak. 

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kora mulai menggunakan alat transportasi umum bus dan kereta. 

ALAT TRANSPORTASI KHUSUS

Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat transportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Alat transportasi fapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar dibelakang. Beras, gula dan terigu diangkut oleh truk. Truk dapat menggangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api dan pesawar juga dapat digunakan untuk mengangkut barang. 

Mobil ambulans digunakan untuk mengangkut orang sakit. Di dalam mobil ambilans ada alat-alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirine. Sirine akan berbunyi saat mibil berjalan. Sirine memberitahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harus segera tiba ditempat yang dituju. 

Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mibil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat kebakaran. Mobil pemadam kebakaran dilengkapi sirine. Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat. Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya. 

Bersyukur dan berterimakasihlah  kepada orang-orang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah. 

SUMBER ENERGI ALAT TRANSPORTASI 

Alat transportasi menfapat tenaga dari mesin untuk dapat berjalan. Mesin dapat bekerja karena mendapat sumber energi kimia dari bahan bakar. Pemanfaatan bahan bakar untuk kendaraan mengalami perkembangan dari masa ke masa. 

Pertama kali dibuat, mobil menggunakan mesin uap. Bahan bakar yang digunakan adalah batubara. Batubara dibakar untuk memanaskan ketel besar yang berisi air. Selanjutnya, uap air yang dihasilkan akan menggerakkan roda. 

Setelah era mesin uap berlalu, mobil memiliki mesin diesel sebagai penggantinya. Bahan bakar mesin diesel adalag solar. Solar dialorkan ke dalam mesin dan mengalami pembakaran sehingga dapat menggerakkan roda mobil. Setelah mesin diesel, muncullah mesin dengan bahan bakar bensin. Mesin bensin menghadilkan suafa mesin dan tingkat polusi yang lebih rendah dibandingkan mesin diesel. 

Kini teknologi transportasi semakin canggih. Saat ini mulai bermunculan mobil-mobil dengan sumber energj listrik. Dimasa depan, sumber energi seperti gas hidrogen, alkohol, dan tenaga durya pun fapat digjnakan. Semua bahan bakar tersebut diharapkan mampu menggantikan bahan bakar minyak yang terbukti mahal dan merusak lingkungan. 

HAK DAN KEWAJIBAN

Setiap orang mempunyai hak untuk menyukai sesuatu atau tidak menyukai sesuatu. Kita berkewajiban menghargai dan menghormati hak mereka. Kita tidak bisa memaksakan apa yang kita sukai dan tidak kita sukai kepada orang lain. 

Jika kita memaksakan, maka:
a. Kita akan dijauhi atau bahkan dibenci teman/ orang lain.
b. Kita akan kehilangan teman/ orang lain.
c. Tidak adanya pertemanan atau persahabatan.
d. Hubungan silaturahmi akan berkurang atau bahkan putus.

Untuk itulah, kita harus belajar menghargai perbedaan. Tidak memaksakan orang lain seperti yang kita mau atau kita sukai. Jika kita tidak memaksakan, maka:
a. Kita mempunyai banyak teman.
b. Terjalin persahabatan atau pertemanan.
c. Belajar menghargai orang lain.
d. Meningkatkan persatuan dan kesatuan.
e. Kita dihargai oleh orang lain. 

Kita memiliki hak untuk menggunakan alat transportasi. Namun, penggunaan alat transportasi tentu juga membutuhkan bahan bakar. Penggunaan bahan bakar yang berlebihan memiliki danpak buruk terhadap lingkungan. Meningkatnya polusi udara akibat pembakaran bahan bakar minyak bukanlah masalah yang dapat kita kesempingkan. Tingkat polusi yang semakin meninggi harus dicari jalan keluarnya. 

Oleh karena itu, mari kita galakkan gerakan penyelamatan lingkungan. Kita dapat mulai dari hal-hal yang sederhana. Salah satu contohnya adalah naik kendaraan umum atau mobil antar jemput sekolah. 

Sikap ini tidak akan memberi hasil jika hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Kita semua perlu melakukannya bersama-sama. Coba bayangkan bila ada 10 murid  pergi ke sekolah dengan 10 kendaraan pribadi! Berapa banyak polusi yang dihasilkan? Hal ini akan jauh berbeda bila kesepuluh murid itu ke sekolah naik 1 mobil antar jemput sekolah.  


KELILING SEGITIGA






TUGAS

Kerjakan di buku latihan tematik! 

  1. Jelaskan bahwa alat transportasi dapat menguntungakan dan merugikan!
  2. HItunglah keliling segitiga berikut!
  3. Sebutkan sumber energi alternatif yang dapat digunakan untuk transportasi masa depan! 
  4. Apakah yang akan terjadi jika kita memaksakan kehendak yang kita miliki terhadap orang lain? Jelaskan!
  5. Bagaimana cara kita melakukan penyelamatan lingkungan? Jelaskan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar