Senin, 23 Maret 2020

Selasa, 24 Maret 2020

Selasa, 24 Maret 2020 >> Tema 7 Subtema 3 >> Pembelajaran 3 dan 4

SEJARAH KERETA API INDONESIA


Kereta api merupakan salah satu alat transportasi darat. Kereta api dengan mesin diesel dan mesin uap terdiri dari sebuah lokomotif dan rangkaian gerbong. Sjarah kereta api di Indonesia dimualai sejak masa penjajahan Belanda. Ketika itu rakyat Indonesia dipaksa membangun rel kereta api melalui sistem kerja tanam paksa.

Jalur rel kereta yang pertama dibangun berada di Desa Keminjen, Kecamatan Semarang Timur, Kabupaten Semarang. Setelah rel selesai dibangun. Kereta bermesin uap menjadi alat transportasi yang digunakan. kereta tersebut dibuat dengan sasis dari rangka baja dan badan terbuat dari kayu. Dalam perkembangannya, kereta bermesin uap, digantikan oleh kereta bermesin diesel yang melayani rute perjalanan jauh.


Pada tahun 1925, kereta rel listrik muncul. Kereta rel listrik tidak lagi menggunakan lokomotif. Kereta mendapat tenaga dari aliran listrik melalui kabel yang membentang antar stasiun. Kereta rel listrik menjadi moda transportasi untuk melayani rute jarak dekat. Mereka yang hendak ke kantor, sekolah, atau pasar menggunakannya. Kini, pemerintah sedang mengembangkan sarana transportasi baru berbasis kereta, yaitu LRT dan MRT.


Untuk mengetahu sejarah lebih lengkap tentang kereta api, kita bisa mengunjungi Museum Kereta Api di Ambarawa. Museum ini berada di pusat Kota Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.



TRANSPORTASI UDARA

Pesawat terbang merupakan alat transportasi udara. Pemandaatannya paling diminati oleh orang-orang yang ingin melakukan perjalanan jauh dengan waktu yang singkat. Dalam dunia penerbangan, alat transportasi udara dibedakan menjadi pesawar bersayap tetap dan bersayap putar. 

Pesawat bersayap tetap dirintis pertama kali pada tahun 1903, oleh Wright bersaudara. Kesuksesan yang dicapai Orville dan Wilbur Wright asalah mereka berhasil menerbangkan pesawat bermesin. Pesawat tersebut dapat mengudara setinggi 36 m selama 13 detik. 

Pesawat terbang dapat mengudara karena mendfapat daya dotong mesin hingga memcapau kecepatan tertentu. Pada kecepatan tersebut, udara disekitar pesawat memberi gaya angkat terhadap pesawat. Akhirnya, pesawat terbang pun dapat mengudara. 

Adapun pesawar bersayap putar kita kenal dengan nama helikopter. Penemuan helikopter dipelopori oleh Igor Sikorsky pada tahun 1910. Sayap yang dinamis ini ditenagai oleh sebuah rotor sehingga dapat memberi gaya angkat kepala helikopter. Dibandingkan pesawat bersayap tetap, helikopter mampu terbang vertikal sehingga tidak membutuhkan landasan pacu yang panjang. Disamping itu, helikopter dapat terbang diam atau bergerak mundur. 


Contoh Kerajinan Teknik Potong, Sambung dan Konstruksi





KELILING PERSEGI

Persegi memiliki empat sisi yang sama panjang. 
Keliling persegi dapat dicari dengan menjumlahkan keempat sisinya.

BERMAIN BERSAMA

Bermain bersama teman-teman sangat mengasyikkan. beramain bersama tanpa membedakan perbedaan suku bangsa, agama, miskin atau kaya. Itulah makna kebersamaan, bersama-sama tanpa mempermasalahkan perbedaan. Semua saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. 

Saling menghargai berarti mau menerima keinginan yang berbeda dan tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. Dengan sesama teman kita bersikap saling mengerti. Bila ada perbedaan pandangan selalu didiskusikan agar di dapat kesepakatan bersama.

Bila kita bersikap demikian, maka persatuan dan kesatuan Indonesia akan selalu terjaga. Hal ini sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.


Tugas

Kerjakan di buku latihan tematik!

1. Buatlah pertanyaan dari jawaban berikut berdasarkan teks "Sejarah Kereta Api Indonesia"!
a. Pertanyaan = ....................................................... ?
Jawaban = Museum Kereta Api Ambarawa.
b. Pertanyaan = ....................................................... ?
Jawaban = sistem kerja tanam paksa.
2. Jelaskan kelebihan helikopter dibandingkan pesawat terbang biasa!
3.Bagaimana cara menghadapi orang yang memaksakan pendapatnya?

Kerjakan di buku latihan

Hitunglah keliling bangun datar persegi dibawah ini!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar