Senin, 17 Februari 2020

Tema 6(Sub.Tema 3)Pembelajaran 2

Hari / Tanggal                 Selasa 18 Februari 2020
Tema (6)                         Energi dan Perubahan nya
Su Tema (3)                    Energi Alternatif
PB Ke                             2


Materi  Ajar


Bahasa Indonesia

Energi Angin

Membaca teks tentang gerak angin sebagai energi alternatif


Energi angin, sumber energi yang ada di sekitar kita

Sumber energi tenaga angin sudah sering digunakan manusia. Untuk mengumpulkan energi angin ini digunakan kincir angin.

Kincir Angin

Metode kincir angin sudah lama dilakukan oleh manusia. Di Persia, kincir angin sudah dibuat sejak ribuan tahun yang lalu untuk menggiling biji-bijian menjadi tepung. Di Belanda, kincir angin digunakan untuk menggerakkan air. Belanda bahkan sangat terkenal dengan kincir anginnya sampai-sampai disebut dengan Negeri Kincir Angin. Ssstt...kincir angin juga bisa untuk mainan, lo! Apakah kamu pernah memiliki kincir angin mainan?

ada di seluruh permukaan Bumi. Selama Bumi berputar, angin akan selalu ada. Jumlahnya juga sangat melimpah dan tidak akan habis. Sumber energi ini lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan limbah yang mengotori lingkungan. Angin merupakan energi yang dapat terbarukan kembali.

terjadi kalau ada perbedaan suhu.  Angin bergerak dari suhu panas ke suhu dingin. Angin panas dari khatulistiwa bergerak ke arah kutub. Ada juga angin laut, angin darat, angin gunung, dan angin lembah. Angin bahkan juga ada di ketinggian awan


Energi ini memang selalu ada, namun besarnya tidak selalu tetap. Kadang-kadang angin bertiup, kadang-kadang tidak ada angin yang bertiup sama sekali. Energi yang dihasilkan jumlahnya tidak sama pada tiap waktunya. Energi harus langsung dimanfaatkan atau disimpan di dalam baterai khusus. Ini adalah tantangan baru yang harus dihadapi kalau mau menggunakan energi angin. Karena itu, belum banyak orang yang memanfaatkan energi angin. Apakah kamu bercita-cita untuk memanfaatkan tenaga angin yang ada di sekitarmu?

PPKn

Contoh kewajiban manusia dalam menjaga kelestarian.
Mengenal hak dan kewajiban



Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pelestarian Lingkungan


Lingkungan merupakan tempat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya untuk hidup, bertempat tinggal, dan berkembang biak. Sebagai satu kesatuan tempat, makhluk, benda, dan kondisi pada suatu ruang di mana manusia terikat di dalamnya maka lingkungan sangat mempengaruhi keberlanjutan hidup manusia. Pengertian lingkungan hidup memiliki makna serupa dengan environment and human environtment di dalam bahasa Inggris. Ada dua jenis lingkungan yaitu natural environtment atau lingkungan hidup yang alami, dan man-made environtment atau lingkungan hidup buatan.

Jutaan tahun yang lalu manusia masih sangat menggantungkan hidupnya dari alam. Mereka meramu makanan dan membuat pakaian dari benda-benda yang disediakan oleh alam. Keterikatan manusia dengan lingkungannya tampak begitu kuat sehingga budaya yang lahir selaras dengan kelestarian alam sekitar.


Namun seiring berkembangnya umat manusia, kebutuhan terhadap ruang dan penggunaan teknologi yang semakin tinggi di era globalisasi membuat lingkungan lambat laun mengalami perubahan. Hubungan timbal balik yang selaras antara manusia dengan alam mengalami gangguan bahkan tak jarang menimbulkan konflik antara keduanya. Perusakan alam menimbulkan bencana yang mengancam hidup manusia. Dalam hal ini  manusia menjadi korban sekaligus pelaku dari perusakan tersebut.

Di Indonesia, lingkungan hidup yang baik dan sehat diakui sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia sehingga dipandang perlu adanya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang terencana sebagai salah satu aspek dalam pembangunan yang berkelanjutan. Sasaran pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana digariskan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup disebutkan sebagai berikut:

Latihan soal


1. Kewajiban adalah sesuatu yang harus ….
a. Dijauhi 
b. Dilakukan 
c. Dilupakan 
d. Dihafalkan

2. Contoh kewajiban di rumah adalah ….
a. Mendapat kasih sayang 
b. Mendapatkan perlindungan 
c. Menghormati orang tua 


3. Contoh bentuk rasa sayang kepada orang tua adalah ….
a. Berkata kasar
b. Bersikap sopan
c. Suka membentak
d. Sering menangis
4. Budi adalah anak yang selalu melaksanakan kewajibannya. Ia selalu …. kerukunan dengan semua saudaranya di rumah.
a. Merusak
b. Mencegah
c. Menjaga
d. Menulis
5. Saat kesulitan dalam belajar, kita punya hak untuk minta …. oleh orang tua kita.
a. Dihukum
b. Dimarahi
c. Didenda
d. Dibimbing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar