Selasa, 25 Februari 2020

Rabu, 26 Februari 2020

Cara Menghitung Luas Persegi Panjang

Sebuah persegi panjang adalah segi empat dengan dua sisinya memiliki panjang yang sama, dua sisi lainnya memiliki lebar yang sama, serta berisi empat buah sudut siku-siku. Untuk mencari luas persegi panjang kita cukup mengalikan panjang dengan lebar. Untuk tahu cara mencari luas sebuah persegi panjang, ikuti langkah-langkah mudah berikut.

Metode 1 dari 3:
Memahami Dasar-Dasar Persegi Panjang

  1. 1
    Pahami sebuah persegi panjang. Persegi panjang adalah sebuah segi empat, yang artinya memiliki empat sisi. Sisi yang berlawanan memiliki ukuran yang sama, baik panjang maupun lebarnya. Jika satu sisi persegi panjang adalah 10 misalnya, maka panjang sisi berlawanan juga 10.
    • Setiap bujur sangkar adalah persegi panjang, tetapi tidak semua persegi panjang adalah bujur sangkar. Jadi perlakukan bujur sangkar seperti persegi panjang dalam hal mencari luas.
  2. 2
    Ketahui rumus untuk mencari luas persegi panjang. Rumus untuk mencari luas persegi panjang adalah A = L * W. Ini berarti luas persegi panjang sama dengan panjang kali lebar.

Metode 2 dari 3:
Mencari Luas Persegi Panjang

  1. 1
    Cari panjang persegi panjang. Kebanyakan soal akan memberikan panjang, namun jika panjang tidak diketahui, cukup gunakan penggaris.
    • Perhatikan bahwa tanda hash ganda di sisi panjang sebuah persegi panjang memiliki arti bahwa panjang kedua sisinya adalah sama.
  2. 2
    Cari lebar persegi panjang. Gunakan cara yang sama untuk mencarinya.
    • Perhatikan bahwa tanda hash tunggal di sisi lebar sebuah persegi panjang memiliki arti bahwa lebar kedua sisinya adalah sama.
  3. 3
    Tuliskan panjang dan lebar secara berdampingan. Pada contoh ini, panjang 5 cm dan lebar adalah 4 cm.
  4. 4
    Kalikan panjang kali lebar. Panjang adalah 5 cm dan lebar 4 cm, masukkan ke dalam Rumus A = L * W untuk mencari luas.
    • A = 4 cm * 5 cm
    • A = 20 cm^2
  5. 5
    Nyatakan jawaban dalam satuan persegi. Jawaban akhir adalah 20 cm^2, yang dibaca "dua puluh sentimeter kuadrat."
    • Jawaban akhir dapat ditulis dengan dua cara: 20 cm.sq. atau 20 cm^2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar