Rabu, 05 Februari 2020

Materi Ajar Kamis 6 Februari 2020

Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Air juga sumber energi listrik. Cara memanfaatkannya adalah air ditampung pada sebuah bendungan atau waduk. Lalu, bagaimana air di bendungan dapat menghasilkan energi listrik? Caranya adalah air di bendungan dialirkan.
Aliran air ini memiliki kekuatan yang
disebut energi kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik. Generator listrik inilah yang membangkitkan energi listrik.
Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Berikut ini adalah beberapa nama PLTA yang ada di Indonesia.
Sumber energi lainnya adalah udara. Di dalam udara terdapat oksigen. Oksigen penting bagi kelangsungan hidup manusia. Manusia bernafas menghirup oksigen. Udara bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Udara juga dapat dimanfaatkan
sebagai energi listrik. Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu (angin) memiliki energi kinetik. Energi
kinetik inilah yang dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan generator listrik.
Generator listrik akan membangkitkan energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) terbesar di Indonesia terdapat di Sidrap, Sulawesi Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar