Senin, 05 Agustus 2019

Tema 1(Sub.Tema4) Pembelajaran 2

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 1(Sub.Tema 4)
Pembelajaran :  2
Hari/Tanggal :Selasa,  6 Agustus 2019

Bahasa Indonesia
Sebagian besar tumbuhan berkembang biak dengan biji. Tumbuhan dewasa akan berbunga dan menghasilkan buah. Di dalam buah terdapat biji. Biji berkembang menjadi tanaman baru. Tanaman baru tumbuh menjadi dewasa dan berbuah. Perputaran tahapan perkembangan tersebut membentuk sebuh siklus atau daur hidup. Perhatikan gambar bagian-bagian dibawah                                           

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Tunas
Selain dengan biji, tumbuhan berkembang biak dengan tunas. Tunas adalah anakan yang tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Ada juga tunas yang tumbuh di daun induk, contohnya tanaman cocor bebek. Salah satu contoh tumbuhan yang bertunas adalah pisang dan cocor bebek. Tunas pisang tumbuh dari batang yang ada di dalam tanah. Tunas pisang tumbuh menjadi tumbuhan baru di sekitar induknya. Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tunas cocor bebek tumbuh di tepi daun. Gambar tersebut adalah gambar pohon bambu, cocor bebek, dan pohon pisang. Pohon bambu juga berkembang biak dengan tunas.Anakan pohon bambu akan tumbuh di dekattumbuhan induknya. Batang pohon bambu banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya digunakan untuk bermain. 



PKN

kerjasama adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Adapun manfaat-manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dari kerjasama, misalnya seperti:
a. Mempererat ikatan persaudaraan
Dengan bekerjasama setiap individu pada sesuatu tim kerja akan saling berinteraksi dan saling membantu dalam memecahkan persoalan-persoalan untuk mencapai tujuannya, sehingga akan terjalin juga komunikasi-komunikasi yang dimana semua itu akan menambah rasa persaudaraan.
b. Menumbuhkan semangat persatuan
     Kerjasama-pun dapat menumbuhkan semangat persatuan pada diri setiap individu yang tergabung dalam kelompok kerja atau tim kerja. Supaya setiap kegiatan dalam kerjasama dapat berjalan baik maka harus bisa menjunjung rasa kesatuan dan persatuan.
c. Pekerjaan lebih cepat terselesaikan
     Dengan kerjasama masalah sesulit apapun akan cepat terselesaikan karena tidak hanya mengandalkan satu individu saja untuk menyelesaikan pekerjaan tapi dengan banyak individu yang bersatu dan saling mendukung satu sama lain, maka pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dan lebih cepat membuahkan hasil.
d. Pekerjaan terasa lebih ringan
     Pekerjaan yang sesulit apapun akan terasa lebih ringan dan lebih mudah terselesaikan karena di kerjakan oleh banyak orang yang saling mendukung satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar