Rabu, 07 Agustus 2019

Tema 1(Sub.Tema 4) Pembelajaran 4

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 1(Sub.Tema 4)
Pembelajaran :  4
Hari/Tanggal :Kamis, 8 Agustus 2019

Bahasa Indonesia
Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk ("pembengkakan") sebagai akibat perubahan fungsinya. Perubahan ini berakibat pula pada perubahan anatominya. Organ yang membentuk umbi terutama batang, akar, atau modifikasinya. Hanya sedikit kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daunnya. Perkembangbiakan tumbuhan juga dapat dilakukan dengan umbi.Ada umbi batang, umbi lapis, dan umbi akar.
Macam-macam Umbi
Umbi akar
Umbi akar (bahasa Latin: tuber rhizogenum, bahasa Inggris: tuberous root) merupakan umbi yang terbentuk dari akar. Umbi akar tidak dapat dijadikan bahan perbanyakan apabila tidak memiliki titik tumbuh untuk tunas. Dilihat dari asalnya, umbi akar dapat terbentuk dari akar tunggang, seperti umbi wortel atau lobak, maupun dari akar cabang, seperti umbi ketela pohon/singkong, ketela rambat/ubi jalar, dan garut. Sedangkan wortel dan singkong berkembang biak dengan umbi akar.
Umbi batang
Umbi batang (bahasa Latin: tuber cauligenum) merupakan umbi yang terbentuk dari batang atau struktur modifikasi batang, seperti geragih (stolo) atau rimpang (rhizoma). Umbi batang mampu memunculkan tunas maupun akar. Kentang dan ubi jalar adalah contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang. Menanam umbi batang atau singkong tergolong mudah. Kita tinggal memotong batang tersebut lalu menanamnya. Tunggu beberapa hari, maka kalian dapat melihat daun tumbuh dari batang tersebut. Batang singkong yang tidak terpakai dapat digunakan sebagai alat permainan.
Umbi lapis
Umbi lapis (bulbus) merupakan sejenis umbi yang terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun rapat dalam format roset
Umbi lapis memiliki bagian pangkal yang agak keras yang disebut cakram (discus). Cakram ini sebenarnya adalah batang. Dari cakram akan tumbuh lapisan-lapisan daun yang tebal, lunak, dan berair. Karena tebal dan berlapis inilah terbentuk struktur yang membengkak sehingga disebut "umbi". Bawang dan bunga bakung berkembang biak dengan umbi lapis. Berikut ini adalah gambar tanaman yang berkembang biak dengan umbi. Umbi-umbian merupakan makanan yang sangat digemari oleh sebagian besar penduduk Indonesia.
Umbi-umbian dapat diolah menjadi berbagai   

PKN
Umbi-umbian merupakan makanan yang sangat digemari oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Umbi-umbian dapat diolah menjadi berbagai makanan. Hari ini anak-anak belajar mengolah tanaman umbi. Mereka membuat makanan dari bahan singkong yaitu getuk. Mereka bekerja bersama-sama. Mereka membagi tugas dengan merata sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Bekerjasama juga membuat pekerjaan terasa lebih ringan.Terdapat 3 syarat kerjasama yangbaik yaitu :
Terdapat komunikasi
Saling menghargai
Menerima kelemahan dan kekuatan masing-masing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar