Senin, 11 April 2022

Selasa, 12 April 2022

  Hari/tanggal        Selasa, 12 April  2022

Kelas             :        V 

Materi        :Penyajian  data  

KD : 3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

 Tujuan : S iswa mampu Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulan Data dalam bentuk diagram 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran


Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa


Daftar
Tabel
Diagram Gambar (Piktogram)
Diagram Batang

Diagram Garis 


Penyajian Data dalam Bentuk Daftar


Membaca Tabel dan Menafsirkan Tabel
Perhatikan tabel frekuensi berikut



Contoh
Hasil ulangan materi penyajian data pada pelajaran Matematika siswa kelas V
diperoleh hasil sebagai berikut.

95, 85, 65 ,75, 75, 85,
75, 95, 70, 80, 75, 95,
75, 80, 75, 70, 75, 75,
90, 95, 80, 90, 65, 70,
75, 90, 85, 70, 85, 70.

Pertanyaan
a. Buatlah tabel frekuensi dari data di halaman 216!

b. Tentukan nilai tertinggi dan terendah!

c. Berapa anak yang mendapat nilai di atas 75?

Penyelesaian
Untuk mempermudah data diurutkan dari yang paling kecil, diperoleh hasil sebagai berikut.
65 65 70 70 70 70
70 75 75 75 75 75
75 75 75 75 80 80
80 85 85 85 85 90
90 90 95 95 95 95

Dari data di atas dapat dikelompokkan
siswa dengan nilai yang sama sebagai
berikut.
Nilai 65 ada 2 anak.
Nilai 70 ada 5 anak.
Nilai 75 ada 9 anak.
Nilai 80 ada 3 anak.
Nilai 85 ada 4 anak.
Nilai 90 ada 3 anak.
Nilai 95 ada 4 anak.

a. Dari data terurut di atas, dapat dibuat tabel frekuensi sebagai berikut


b. Nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah adalah 65.

c. Anak yang mendapat nilai di atas 75 adalah

Anak yang mendapat nilai 80 ada 3 anak
Anak yang mendapat nilai 85 ada 4 anak
Anak yang mendapat nilai 90 ada 3 anak
Anak yang mendapat nilai 95 ada 4 anak

Jadi, anak yang mendapat nilai di atas 75 adalah 3 + 4 + 3 + 4 = 14 anak

Diagram Gambar (Piktogram)
Contoh Soal 

Siti dan teman-temanya hampir setiap hari berkunjung ke perpustakaan. Mereka
belajar bersama di perpustakaan. Perpustakaan sekolah Siti menyediakan fasilitas
meja dan kursi untuk belajar dan setiap siswa diberi kesempatan untuk meminjam
buku di perpustakaan. Berikut data peminjam buku di perpustakaan.
Hari Senin sebanyak 25 siswa.
Hari Selasa sebanyak 20 siswa.
Hari Rabu sebanyak 30 siswa.
Hari Kamis sebanyak 15 siswa.
Hari Jum’at sebanyak 10 siswa.
Hari Sabtu sebanyak 45 siswa.
Data di atas dapat disajikan dalam bentuk diagram gambar. Diagram gambar data
diwakili oleh gambar, sehingga nampak menarik.



Menyajikan Data dengan Diagram Batang
 
Dayu mencatat profesi semua orang tua di kelas V SD Nusantara 01.
Setelah menanya satu per satu diperoleh data profesi orang tua siswa kelas V
SD Nusantara 01 adalah sebagai berikut.
Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 8 orang.
TNI sebanyak 5 orang.
Petani sebanyak 12 orang.
Guru sebanyak 3 orang.
Wiraswasta sebanyak 2 orang.
Diagram batang dari data di atas adalah sebagai berikut.
 
  


Minggu, 10 April 2022

SENIN, 11 April 2022

   



 Pembelajaran Jarak Jauh



Hari/ Tanggal : SENIN, 11 April 2022
Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran
PB 5
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.4, 4.4), IPA (3.9, 4.9), SBdP (3.2, 4.2)

A. TUJUAN

1. Dengan kegiatan mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsuriklan dan menuliskan pendapatnya mengenai kelengkapan unsur-unsur iklan dengan tepat.

2. Dengan kegiatan mencoba mencampur beberapa benda, siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifatcampuran dan komponen penyusunnya dengan tepat.

3. Dengan kegiatan menyanyikan lagu bertangga nada pentatonis, siswa dapat menyanyikan lagubertangga nada pentatonis yang menggunakan pelog dan slendro dengan artikulasi yang tepat.

Assalamu'alaikuum anak solih solihah bagaimana kabarnya hari ini,, masih semangat kan puasanya? 
Semoga Allah memberi kita kesehatan dan kekuatan sampai akhir Ramadhan,, aamiin ya Rabb 🤲🤲
Anak-anak hari ini kita akan mulai kembali pembelajaran daring,, semangaaat ya✊✊😊  

Muatan B. Indonesia
Menentukan Unsur-unsur Iklan pada Media Cetak

Kalimat pada iklan menggunakan bahasayang singkat dan jelas. Bahasa yang digunakan pada kalimat iklan bisa berupa slogan. Kalimat iklan bersifat persuasif atau mengajak masyarakat.

Gambar pada iklan dibuat sesuai dengan isi iklan. Oleh sebab itu, gambar iklan dibuat semenarik mungkin.

Kata kunci dibuat untuk memudahkan masyarakat memahami maksud iklan.

Selain unsur-unsur iklan tersebut, sebuah iklan juga harus memperhatikan unsur iklan efektif. Sebuah iklan harus dibuat efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat.selain unsur-unsur diatas terdapat Unsur-Unsur Iklan Efektif

Judul Iklan merupakan unsur yang terpenting dari sebuah iklan. Judul iklan harus menarik perhatian pembaca. Headline dibuat dengan kalimat pendek yang mudah diingat.

Subjudul merupakan garis besar iklan. Subjudul dibuat agar pembaca tetap dapat mengikuti dan membaca iklan sampai selesai.

lsi iklan ditulis dengan jenis huruf yang lebih kecil dari judul dan subjudul.

Visual(gambar) lklan efektif sebaiknya menggunakan foto atau gambar daripada rangkaian kata.

Unsur-unsur pada iklan cetak yang berbentuk selebaran. Selebaran adalah salah satu contoh iklan cetak yang dibuat dalam bentuk lembarankecil untuk memudahkan penyebaran kepada masyarakat umum dengan tujuan promosi. Selebaran berisi suatu kegiatan atau penawaran produk kepada masyarakat. Yuk, kita amati dengan saksama contoh iklan pada selebaran berikut.



lklan tersebut berisi informasijual beli perhiasandan logam mulia. lklan tersebut memuat semua unsur-unsur iklan efektif.

Ciri-ciri Iklan Cetak
1. Disampaikan secara objektif.
2. Deskripsi disajikan secara singkat, jelas, dan mudah dipahami.
3. lsi iklan tidak menyinggung pihak lain.
4. lsi iklan dapat menarik perhatian masyarakat

IPA
Mengidentifikasi Sifat Campuran
Perhatikan video berikut ini
https://m.youtube.com/watch?v=PhW-r2V-UZg&feature=youtu.be

Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat campuran. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.
Langkah kerja:
1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna makanan
2. Buatlah campuran sesuai tabel berikut, lalu catat hasil pengamatanmu.

Berilah tanda centang pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.



Catatan : Gunkan bahan yang tersedia di rumah, bila tidak tersedia bisa diganti dengan bahan lain, contoh : pasir bisa diganti dengan tanah/kopi bubuk asli, pewarna makanan bila tidak tersedia bisa diganti dengan sirup/kecap

Tugas hari ini
Lakukan percobaan diatas kemudian laporkan hasil percobaan dalam bentuk VIDEO

Kamis, 07 April 2022

Jum'at, 8 April 2022

 


 

Materi Ajar Kelas V Tema 9 Subtema 1

 PEMBELAJARAN JARAK JAUH


Hari/tanggal  : Jum'at,   8 April 202
Kelas             : 5 
Tema 9          : Benda Benda Disekitar Kita
Subtema 1     : Benda Tunggal Dan Campuran
Pembelajaran : 4




TUJUAN PEMBELJARAN:

1.   Dengan kegiatan mengamati gambar kenampakan alam, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam pada gambar secara tepat.

2.   Dengan kegiatan mendiskusikan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan beserta ciri-cirinya dengan benar.

3.   Dengan kegiatan membaca tentang adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar, siswa dapat menyebutkan contoh adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar secara tepat.

4.   Dengan kegiatan mengamati iklan, siswa dapat menyajikan hasil kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dan tertulis secara rinci.

5.   Dengan kegiatan mengerjakan latihan menjawab soal mengenai hidup rukun, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar.

1.    Muatan Terpadu         : Bahasa Indonesia(3.4, 4.4), PPkn(3.4, 4,4), IPS(3.1, 4.1)

AAYO MEMBACA 

Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar

Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. 
Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu ketampakan alam berupa perairan 
dan ketampakan alam yang berupa daratan.

Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan 
bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, 
pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang
 tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.

Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yanglain. 
Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan
 tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi.
 Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. 
Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah. 
Makanan dan barang-barang atau benda-benda khas dari daerah pegunungan berbeda
 dengan daerah pantai dan dataran rendah.

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang-barang
 di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air 
di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? 
Tuliskan pada kolom berikut:
Berikut materi kegiatan hari ini silahkan disimak untuk menambah pengetahuanmu!


Setelah menyimak video di atas ayo kerjakan latihan Tematikmu untuk muatan PPKN dan IPS 


Rabu, 06 April 2022

Kamis,7 April 2022

   

MATERI AJAR KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 1 PB 3

 PEMBELAJARAN JARAK JAUH


Hari/tanggal  : Kamis, 07 April 2022
Kelas             : 5 C
Tema 9          : Benda Benda Disekitar Kita
Subtema 1     : Benda Tunggal Dan Campuran
Pembelajaran : 3

Tujuan pembelajaran tema :

1.    TUJUAN

1.   Dengan kegiatan mengamati peta Indonesia, siswa dapat menuliskan nama daerah-daerah yang pernah dikunjungi dengan tepat contoh peta Provinsi Jawa Tengah, siswa dapat mengidentifikasi/menentukan letak geografis daerah-daerah di Jawa Tengah dengan tepat.

2.   Dengan kegiatan latihan menunjukkan letak geografis suatu daerah, siswa dapat menunjukkan dan menuliskan garis lintang dan garis bujur suatu daerah dengan tepat.

3.   Dengan kegiatan berdiskusi tentang perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan serta perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, siswa dapat menuliskan contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dan contoh perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dengan tepat.

Dengan kegiatan mengamati gambar iklan, siswa dapat menuliskan pengertian iklan dan dapat menceritakan isi iklan dengan tepat

1.

1.    Muatan Terpadu         : Bahasa Indonesia(3.4, 4.4), PPkn(3.4, 4.4), IPS(3.1, 4.1)




Assalamualaikum wr..wb apa kabar ananda semua nya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat, aamin yra. 

Sebelum memulai pembelajaran kita baca basmallah dulu ya..


Untuk menambah pengetahuanmu yuk sama-sama kita baca teks berikut ini

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis.

Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik. Amatilah peta Indonesia berikut.

kunci jawaban soal tematik kelas 5 tema 9 halaman 19


jawaban buku tematik kelas 5 tema 9 halaman 20

Siti mengamati gambar peta daerah tempat tinggal saudaranya di Jawa Tengah. Dengan peta, Siti mengetahui banyak hal tentang daerah di Jawa Tengah.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°).

Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang  juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.

kunci jawaban soal buku tematik siswa kelas 5 tema 9 halaman 21


Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110°BT dan 7°LS.

Kudus
Garis bujur 110°BT Garis lintang 7°LS

BanjarNegara
Garis bujur 109°BT Garis lintang 7°LS

Banyumas
Garis bujur 109°BT Garis lintang 7°LS

Batang
Garis bujur 109°BT Garis lintang 7°LS

Blora
Garis bujur 110°BT Garis lintang 7°LS

Jepara
Garis bujur 110°BT Garis lintang 6°LS

Karanganyar
Garis bujur 111°BT Garis lintang 7°LS

Kebumen
Garis bujur 109°BT Garis lintang 7°LS

Kendal
Garis bujur 110°BT Garis lintang 7°LS

Kelaten
Garis bujur 110°BT Garis lintang 7°LS

Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing.

Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung persatuan dan kesatuan.

Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing.


Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 22


Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.


kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 halaman 23

Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 6 0 LU-11 0 LS dan 95 0 BT dan 141 0 BT, yaitu dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan.

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.

2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.

3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.

Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.


Ayo Mengamati

Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.

kelas 5 tema 9 subtema 1 ppembelajaran 1 halaman 24

Iklan adalah Pemberitahuan suatu bentuk barang atau produk kepada masyarakat luas agar mereka terarik untuk membeli dan menggunakannya.


Latihan Tematik klik disini :https://forms.gle/uoodo7Zge2Ry6ob18