Hari/tanggal : Jum'at, 8 April 202 Kelas : 5 Tema 9 : Benda Benda Disekitar Kita Subtema 1 : Benda Tunggal Dan Campuran Pembelajaran : 4
TUJUAN PEMBELJARAN:
1.Dengan kegiatan mengamati gambar kenampakan alam, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam pada gambar secara tepat.
2.Dengan kegiatan mendiskusikan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan beserta ciri-cirinya dengan benar.
3.Dengan kegiatan membaca tentang adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar, siswa dapat menyebutkan contoh adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar secara tepat.
4.Dengan kegiatan mengamati iklan, siswa dapat menyajikan hasil kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dan tertulis secara rinci.
5.Dengan kegiatan mengerjakan latihan menjawab soal mengenai hidup rukun, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar.
1.Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia(3.4, 4.4), PPkn(3.4, 4,4), IPS(3.1, 4.1)
AAYO MEMBACA
Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar
Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah.
Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu ketampakan alam berupa perairan
dan ketampakan alam yang berupa daratan.
Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan
pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang
tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.
Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yanglain.
Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan
tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi.
Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal.
Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah.
Makanan dan barang-barang atau benda-benda khas dari daerah pegunungan berbeda
dengan daerah pantai dan dataran rendah.
Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang-barang
di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air
di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan?
Tuliskan pada kolom berikut:
Berikut materi kegiatan hari ini silahkan disimak untuk menambah pengetahuanmu!
Setelah menyimak video di atas ayo kerjakan latihan Tematikmu untuk muatan PPKN dan IPS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar