Rabu, 31 Juli 2019

Tema 1(Sub.Tema 3) Pembelajaran 4

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 1(Sub.Tema 3)
Pembelajaran :  4
Hari/Tanggal : Kamis, 1 Agustus 2019

Bahasa Indonesia

                           

Kupu-kupu ditemukan di daerah banyak tumbuhan sebab kupu-kupu mencari makanan yang berasal dari sari buah ataupun sari bunga. Kupu-kupu adalah makhluk hidup yang mempunyai bentuk ciri-ciri makhluk hidup yang sangat indah dan bewarna-warni, ukurannya bermacam-macam dan tergantung dari jenisnya.
Salah satu hal yang sangat mengagumkan dari kupu-kupu ialah proses transformasi ataupun metaformasenya ini sangat sempurna
Gambar di atas menunjukkan daur hidup kupu-kupu. Setelah beberapa hari, telur kupu-kupu
menetas menjadi ulat. Ulat memakan daundaunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentuk kepompong. Setelah itu, tubuh ulat berubah menjadi kupu-kupu. Semua mahluk hidup memiliki daur hidup.
Ada banyak jenis kupu-kupu yang dapat kita temui di sekitar kita. Ukuran kupu-kupu ada yang besar
dan ada yang kecil dengan bermacam-macam warna dan motif.

PKN
Cara memberikan saran yang baik adalah sebagai berikut:
 1.Perhatikan kondisi emosi orang dengan baik.
Setiap insan manusia mempunyai karakter emosional yang berbeda. Ada yang mempunyai emosi tinggi ada juga yang rendah. Untuk itu perlu memahami karakter emosi orang yang akan kita kritik dan kita beri saran agar tidak terjadi kesalah pahaman.

2. Pilih waktu dan situasi yang tepat.
Carilah waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik dan saran. Janganlah di waktu emosi dia naik kita memberikan kritik dan saran, yang ada dia makin emosi. Lihat lah situasi dan kondisi yang tepat, jangan juga misalnya pas di tempat banyak orang kita langsung memberikan kritikan dan saran, bisa-bisa  dia merasa malu karna kita kritik di depan banyak orang.
3. Jangan ada kesan menggurui.
Bila menyampaikan kritik dan saran, jangan ada kesan kita sok tau sok pintar, seolah-olah kita menggurui dia. Tapi obrolkanlah kritik dan saran kita layaknya kita berdialog seperti biasanya, sehingga kesan yang dihadirkan santai tapi serius.

4. Sampaikan dengan bahasa yang baik dan tidak menyinggung.
Jadi dalam menyampaikan kritik dan saran kita wajib bertutur bahasa yang baik dan tidak menyinggung. Orang yang kita beri kritik dan saran sangat sensitif. Karna jika dia merasa tersinggung bukannya menerima saran kita, tetapi malah marah-marah dan salah paham terhadap kita.

5. Berikan alasan yang logis dari setiap kritikan dan saran yang kita sampaikan.
Banyak orang yang di beri kritik dan saran bertanya salah dia dimana, apa salah dia sehingga kita memberikan kritik dan saran. Naah, untuk itu perlu juga kita berikan alasan yang logis tentang kesalahan dia, agar dia bisa mengerti dan menerima kritik dan saran kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar