Rabu, 24 Juli 2019

Tema 1(Sub.Tema 2) Pembelajaran 4

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 1(Sub.Tema 2)
Pembelajaran :  4
Hari/Tanggal : Kamis, 25 Juli 2019

Bahasa Indonesia

Sarapan menjadi salah satu kegiatan penting untuk memulai hari agar tubuh dapat berfungsi dengan baik Selain itu, sarapan juga membantu memupuk kebiasaan pola makan yang cerdas saat makan siang, jajan, dan makan malam.”
Melewatkan sarapan membuat tubuh menjadi lesu, tak bersemangat, dan sulit berkonsentrasi, hingga akhirnya Anda tidak produktif. Selain itu, tahukah Anda bahwa melewatkan sarapan sama saja memberi kesempatan tubuh untuk dapat bertambah berat badan.
Mengapa begitu? Karena saat sarapan terlupakan maka tubuh berada dalam kondisi sangat lapar. Terlebih jika aktivitas Anda di hari itu sangatlah padat dan membutuhkan energi ekstra. Kemudian yang hampir pasti terjadi ialah Anda makan dengan kalap di siang hari dengan porsi yang besar dan sumber makanan yang sembarangan.
Sarapan ibarat amunisi dan bahan bakar sebelum memulai hari Anda. Untuk itu, penting jika Anda mengonsumsi karbohidrat yang memang memiliki fungsi utama sebagai energi dan makanan untuk otak. Jangan lupa sertakan protein sebagai zat pembangun daya tahan tubuh dan memberikan rasa kenyang hingga waktu makan selanjutnya.
Menu sarapan sehat adalah yang mengandung:
Karbohidrat, sebaiknya karbohidrat kompleks seperti oatmeal, gandum, biji-bijian, dan nasi merah.
Lemak, yaitu lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan.
Protein, seperti telur dan daging tanpa lemak.
Vitamin dan mineral, yang berasal dari buah dan juga sayur.
Serat, yang juga berasal dari buah dan juga sayur.
Air.
Semua gizi ini harus terpenuhi dan ada saat sarapan. Dengan gizi yang cukup saat sarapan, stamina Anda akan jauh lebih bugar dan konsentrasi pun tetap terjaga. Dengan begitu, hari yang Anda jalani jauh lebih produktif.

Pantangan saat sarapan yang sebaiknya dihindari
Agar manfaat sarapan menjadi lebih maksimal, hindari berbagai pantangan berikut ini seperti:
Tidak makan berlebihan
Agar mendapatkan manfaat sarapan, usahakan untuk tidak makan secara berlebihan. Makan berlebih justru dapat membuat Anda lesu sepanjang hari akibat sistem pencernaan yang bekerja terlalu keras.
Jangan makan yang itu-itu saja
Meskipun Anda memiliki makanan favorit saat sarapan tetapi sebaiknya jangan makan yang itu-itu saja. Makan menu yang sama setiap hari menimbulkan risiko tubuh kekurangan zat gizi tertentu. Pasalnya, tiap makanan yang Anda makan memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda.  Untuk itu, memvariasikan menu sarapan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.
Makan terlalu siang
Sarapan adalah makanan yang wajib di santap di pagi hari sebelum Anda memulai berbagai aktivitas. Gunanya, sebagai bekal energi. Oleh karena itu, jangan sampai sarapan terlalu siang. Usahakan untuk sarapan kurang lebih 30 menit setelah bangun tidur dan tidak lebih dari jam 10 pagi agar tubuh memiliki bekal yang cukup untuk memulai hari.

PKN
Tuhan menciptakan makhluk hidup berbeda-beda dan bermacam-macam.Perbedaan adalah karunia tuhan yang maha kuasa.Oleh karena itu kita harus saling menghargai perbedaan.
Manfaat menghargai perbedaan
 Mempererat Persatuan
Memberikan Rasa Aman dan Tenteram
Saling Membantu Mengatasi Masalah
Memperluas Pergaulan
Menjalin Komunikasi
Terhindar dari Konflik dan Perselisihan
Hidup Lebih Tenang
Menyadari Potensi Orang Lain
Terhindar Dari Perpecahan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar