Senin, 22 Juli 2019

Tema 1(sub.tema 2) pembelajaran 2

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 1(Sub.Tema 2)
Pembelajaran :  2
Hari/Tanggal : Selasa, 23 Juli 2019

Bahasa Indonesia

Pertumbuhan dan perkembangan manusia
Pertumbuhan manusia ditandai dengan pertambahan tinggi dan berat badan. Dengan demikian, jika usiamu bertambah maka, ukuran tubuhmu pun akan bertambah. Selain ukuran tubuh, kepintaranmu akan bertambah pula. Namun, pertumbuhan manusia berhenti pada usia tertentu.

Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Makanan Bergizi
Makanan bergizi sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Makanan berguna untuk membentuk bagian-bagian tubuh, mengganti bagian tubuh kita yang rusak, dan memberikan tenaga, serta mengatur semua proses dalam tubuh. Makanan bergizi mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.
Istirahat yang cukup
Istirahat diperlukan tubuh akibat adanya aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Istirahat dapat dilakukan dalam berbagai cara seperti tidur, bersantai dan rekreasi. Tidur merupakan istirahat yang sempurna.
Rekreasi
Rekreasi bertujuan untuk menyegarkan badan dan pikiran dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan. Rekreasi tidak harus dengan biaya yang mahal, misalnya memancing, berenang, piknik ke alam terbuka, mengunjungi saudara atau sahabat.
Berolahraga yang teratur
Olahraga dapat membuat tubuh sehat dan kuat. Dengan berolahraga otot menjadi lentur dan kuat serta melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita.

PKN



Rantai merupakan makna dari sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.   
Gambar rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu.  Rantai yang terdapat pada sila kedua ini terdiri atas mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran.  Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan perempuan.Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, saling menghormati, saling menyayangi dan saling memberlakukan ,manusia manusia lain dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar