Kamis, 24 Juli 2025

Materi ajar nklal bin rabah

 

Kamis, 24 Juli 2025

Jumat, 25 Juli 2025

Hari/Tanggal               : Jumat/ 25 Juli 2025

Satuan Pendidikan     : SD Al Azhar 1

Kelas/Fase                   : 3/B

Mata Pelajaran           : Seni Rupa 

Materi                          : Garis dan Bentuk 

Media/Alat Peraga     : Video Pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menjlaskan unsur seni rupa berupa garis dan bentuk.

Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh 

Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah. 

Berikut materi pembelajaran kita hari ini! 

Silahkan simak video di bawah ini ya 



Video di atas menunjukkan gambar yang indah karena adanya unsur seni rupa. 
Unsur seni rupa itu berupa 
1. garis
2. bentuk. 

PENGERTIAN GARIS 
Garis merupakan gabungan dari sejumlah titik yang sejajar. Garis dapat pendek, tebal, panjang, lurus, melengkung, dan sebagainya. 

FUNGSI GARIS 
Garis memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada bidang transportasi garis digunakan sebagai marka jalan. Pada bidang kesehatan garis juga berfungsi untuk menentukan tinggi rendahnya temperatur atau suhu dalam termometer. 

JENIS-JENIS GARIS 
Ada beberapa macam garis yaitu, 
  • Garis horizontal yaitu garis lurus yang mendatar.
  • Garis vertikal yaitu garis lurus yang tegak dan berdiri. 
  • garis diagonal yaitu garis lurus yang miring. 
  • Garis lengkung, yaitu garis yang memiliki arah membelok dengan melengkung.
  • Garis zig zag yaitu garis majemuk yang berkelok-kelok pada arah berlawanan.
  • garis berombak yaitu garis yang majemuk berupa garis lengkung yang berkelanjutan. Jenis garis ii disebut denan garis lengkung "s".
  • Garis gabungan yaitu garis yang terdiri atas perpaduan beberapa garis. 

Untuk lebih memahami berikut ini gambar jenis-jenis garis. 










Demikian pembelajaran hari ini, terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat. Kita lanjutkan kembali esok hari ya sayang. Salam sayang dari Ibu guru.

Wassallaamualikum Wr Wb 


Rabu, 23 Juli 2025

Materi kls bilal bin rabah

 

MATERI AJAR KELAS 3 BILAL BIN RABAH , KAMIS 24 JULI 2025

 Hari/Tanggal                       :  Kamis, 24 Juli 2025

Muatan  Pembelajaran       :  

1. Pancasila (identitas diri)

2. bahasa Indonesia (Tanda Baca)

Metode Penbelajaran        : tanya jawab, penugasan

Media Pembelajaran           : video/PPT/Gambar

PANCASILA

Capaian Pembelajaran :

Mengkaji Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa. Mengkaji nilai-nilai Pancasila, proses perumusan Pancasila, implementasi Pancasila dari masa ke masa, serta reaktualisasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian. Penerapan nilai-nilai Pancasila secara kolektif dalam beragam kegiatan kelompok dengan membangun kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Mengembangkan potensi sebagai kualitas personal yang bermanfaat dalam kehidupannya, memberi bantuan yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas dalam konteks Indonesia dan kehidupan global.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu menghargai identitas diri, teman, dan keluarga sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama, dan kepercayaan

Setelah mempelajari bab 1, diharapkan kamu dapat menghargai identitas diri, teman, dan keluarga sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama yang diakui dan kepercayaan yang dilindungi Negara. Kamu juga diharapkan dapat mengidentiikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Setiap anak pasti memiliki keluarga. Setiap anggota keluarga memiliki identitas yang berbeda-beda. Identitas diri misalnya nama, jenis kelamin, agama, bahasa, asal suku, budaya, dan lainlain. Mengenal identitas dapat melatih untuk saling menyayangi dan menghargai. 

Meskipun Ayah dan Ibu berasal dari suku bangsa yang berbeda, kami saling menyayangi dan menghormati. Kami sekeluarga sangat bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya. Apakah kamu menyayangi keluargamu? Coba ceritakan bagaimana seluruh anggota keluargamu! Apakah memiliki identitas budaya dan suku bangsa yang berbeda? Coba ceritakan bagaimana kamu sekeluarga bisa rukun!

Ayo berkenalan! Perhatikan cara gurumu berkenalan!


Ayo perkenalkan diri dan identitasmu secara bergantian di depan teman-temanmu. Lakukan dengan penuh percaya diri! Berikan tepuk tangan kepada temanmu yang tampil berani dan penuh percaya diri. 

Ayo, berkenalan sambil menyanyi! Ayo bernyanyi bersama lagu “Siapa Namamu”. Kamu dapat menyimak video yang ditayangkan oleh guru atau mencari bersama orang tua dengan kata kunci “Siapa Namamu”.


Setelah membaca teks di atas dan belajar berkenalan di depan kelas serta berkenalan sambil bernyanyi maka Ibu guru harapkan kalian sudah dapat memperkenalkan diri secara mandiri. 

Selanjut nya pembelajaran Bahasa Indonesia

Demikian pembelajaran hari ini, terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat. Kita lanjutkan kembali esok hari ya sayang. Salam sayang dari Ibu guru.

Wassallaamualikum Wr Wb 

Selasa, 22 Juli 2025

materi ajar kls 3 bilal bin rabah


MATERI AJAR KELAS 3 BILAL BIN RABAH RABU 23 JULI 2025

 Hari/Tanggal                     : Rabu, 23 Juli 2025

Muatan  Pembelajaran       :  

1. Matematika (Bilangan cacah ) 

2. Pancasila (identitas diri)

Model Pembelajaran      : Kooperatif

Metode Penbelajaran    : Diskusi,tanya jawab, penugasan

Media Pembelajaran     : video/PPT

Assalamualaikumbwarahmatullah hiwabarakatuh

Apa kabar anak sholih sholihah.......

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....

Capaian Pembelajaran Matematika

Murid menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. 

Kita akan belajar mengenai bilangan, perhatikan cerita di bwah ini!

Meutia berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki bersama temanteman. Jarak rumah Meutia ke sekolah adalah 671 meter. Meutia sangat senang berjalan kaki. Berjalan kaki menyehatkan badan.



Jarak rumah Mutea ke sekolah adalah 671 jika dibaca dalam nama bilangannya adalah "enam ratus tujuh puluh satu". 

Apakah kalian mengetahui jarak rumah ke sekolah? Kalian akan menemukan suatu bilangan. 

Ayo, kita cari tahu tentang bilangan tiga angka. Dapatkah kalian menemukannya?

Perhatikan gambar di bawah ini!

Gani  menyiapkan tongkat dan bendera untuk kegiatan Pramuka. 

Panjang tongkat Pramuka adalah 160 cm. Tahukah kalian cara membaca bilangan 160?

Ayo, pelajari cara menyatakan bilangan 160. Untuk panjang tongkat Pramuka dapat kita nyatakan:


yok perhatikan vidio dibawah ini 

PANCASILA
Capaian Pembelajaran :
Mengkaji Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa. Mengkaji nilai-nilai Pancasila, proses perumusan Pancasila, implementasi Pancasila dari masa ke masa, serta reaktualisasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian. Penerapan nilai-nilai Pancasila secara kolektif dalam beragam kegiatan kelompok dengan membangun kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Mengembangkan potensi sebagai kualitas personal yang bermanfaat dalam kehidupannya, memberi bantuan yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas dalam konteks Indonesia dan kehidupan global.

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menghargai identitas diri, teman, dan keluarga sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama, dan kepercayaan

Kita akan belajar identitas diri!
perhatikan vidio dibawah ini 

setelah menonton vidio diatas silahkan kerjakan tugas dibawah ini :

Senin, 21 Juli 2025

Materi ajar kls Bilal Bin Rabah

 

Senin, 21 Juli 2025

Selasa, 22 Juli 2025



Hari/Tanggal               : Selasa, 22 Juli 2025

Satuan Pendidikan     : SD Al Azhar 1

Kelas/Fase                  : 3/B

Mata Pelajaran          : Matematika dan IPAS 

Materi                          : Bilangan dan Panca Indra 

Media/Alat Peraga     : Kartu Bilangan dan poster/gambar 

Assalaamualiakum Warohmatullohi Wabarokatuh 

Selamat pagi anak sholih dan sholihah hari ini kita kan kembali belajar bersama pada kelas 3. Sebelum menyimak pembelajaran di bawah ini silahkan persipakan dirimu dengan sholat dhuha terlebih dahulu dan murojaah. 

Berikut materi pembelajaran kita hari ini!

Matematika 

Kita akan belajar mengenai bilangan, perhatikan cerita di bwah ini!

Meutia berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki bersama temanteman. Jarak rumah Meutia ke sekolah adalah 671 meter. Meutia sangat senang berjalan kaki. Berjalan kaki menyehatkan badan.



Jarak rumah Mutea ke sekolah adalah 671 jika dibaca dalam nama bilangannya adalah "enam ratus tujuh puluh satu". 

Apakah kalian mengetahui jarak rumah ke sekolah? Kalian akan menemukan suatu bilangan. 

Ayo, kita cari tahu tentang bilangan tiga angka.  Dapatkah kalian menemukannya?

Perhatikan gambar di bawah ini!





















lfa menyiapkan tongkat dan bendera untuk kegiatan Pramuka. 
Panjang tongkat Pramuka adalah 160 cm. Tahukah kalian cara membaca bilangan 160?

Ayo, pelajari cara menyatakan bilangan 160. Untuk panjang tongkat Pramuka dapat kita nyatakan:

Jika telah memahami materi di atas maka silahkan kerjakan latihan di bawah ini!




Kita akan lanjutkan pembelajaran IPAS mengenai panca indera 

Perhatikan video pembelajaran di bawah ini ya sayang!



Demikian pembelajaran hari ini, terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik. Tetap semangat belajar dan jangan lupa selalu laksanakan sholat lima waktu. 

Wassalaamualikum warohmatullohi wabarokatuh.

Minggu, 20 Juli 2025

materi ajar kls 3 Bilal Bin rabah

Hari/Tanggal                : Senin /21 Juli 2025

Satuan Pendidikan       : SD Al Azhar 1

Kelas/Fase                     : 3/B

Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia , IPAS

  Assalaamuallaikum Warohmatullohi Wabarokatuh 

Selamat pagi anak sholih dan sholihah, semoga semua dalam keadaan sehat ya sayang. Alhamdulillah hari ini kita kembali akan melaksanakan pembelajaran di kelas yang baru yakni kelas 3. Bapak harapkan kalian dapat mengikuti pembelajaran di kelas 3 ini dengan semangat dan ceria. 

Bahasa Indonesia

Pokok Bahasan : Main Bersamaku

Materi : Bermain “Pulau Kursi”,Membaca Teks “Lompat Tali”, Mencari Ide Pokok pada Teks “Lompat Tali” dan Memahami

Perasaan Tio dalam Cerita “Lompat Tali”

TujuanPembelajaran :

1. Murid dapat menemukan dan mengkelompokkan gambar benda berdasarkan gambar.

MEANINGFULL LEARNING

1. Relevansi (Pemahaman Bermakna)

Murid memiliki pemahaman tentang mengembangkan keterampilan penting untuk kehidupan sehari-hari. Serta dapat mengembangkan kreativitas dengan menulis cerita atau membuat deskripsi tentang pulau kursi yang imajinatif.

2. Konteks

Setelah mempelajari permainan pulau kursi , pembelajaran dapat dilanjutkan

dengan permianan lompat tali

3. Koneksi

Pengetahuan ini berkaitan dengan mata pelajaran PJOK keseimbangan dan gerak dasar lokomotor

JOYFULL LEARNING

Pilih model pembelajaran sesuai kebutuhan

Pertanyaan Pemantik

1. Bermain apa selama liburan?

2. Permainan apa yang kalian sukai?

3. Dengan siapa kalian memainkannya? 4. Mengapa kalian menyukainya?

Peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat maupun pertanyaan tentang gambar, guru memberikan respon positif pada peserta didik yang bertanya maupun memberikan pendapat

 Guru meminta peserta didik menyimak penjelasakn guru tentang permainan “pulau kursi”

 Guru memberikan instruksi tentang tata cara atau petunjuk tentang permaianan

• Murid tidak boleh bergerak

• Disekeliling kursi adalah lautan / waspadalah!

• Berhitunglah 1-50

• Apa yang kalian rasakan

• Mana yang kalian lebih sukai?

• Bergerak bebas atau diam!

IPAS

Guru memaparkan pengenalan pancaindra menggunakan sebuah lagu (pola Irama lagu “Heli Guk Guk Guk”): Aku punya pancaindra, Jumlahnya ada lima

Amat banyak manfaatnya, Akan selalu kujaga

Mata melihat, hidung mencium, telinga untuk mendengar

Lidah merasa, kulit meraba, semua ciptaan Allah.

2. Murid menyanyikan lagu di atas dibimbing oleh guru

3. Murid diberikan kesempatan untuk menyanyikan lagu tersebut secara bergantian di depan kelas

Identifikasi masalah

4. Kemudian guru memberikan pertanyaan: apa yang dimaksud pancaindra? ada berapa pancaindra manusia? Apa saja anggota tubuh yang termasuk pancaindra?

5. Guru membimbing murid untuk memahami konsep pancaindra dan mengaitkan lagu yang dinyanyikan.

Pengumpulan Data

6. Murid dibagi ke dalam kelompok heterogen yang terdiri atas 3 – 5 Murid.

7. Murid kemudian dibagikan sebuah LKPD (Lampiran 1.1)

8. Murid di dalam kelompok bekerja sama menentukan nama anggota tubuh yang ditunjukkan pada LKPD

9. Guru memandu Murid dalam kegiatan diskusi

Rabu, 16 Juli 2025

materi tgl 18 juli 25

Hari/Tanggal                 : Jumat, 18 Juli 2025

Satuan Pendidikan      : SD Al Azhar 1

Kelas/Fase                      : 3/B

Mata Pelajaran             : Masa Pengenalan Lingkungan/MPLS

Media/Alat Peraga       : Poster dan skestsa gambar

Assalaamuallaikum Warohmatullohi Wabarokatuh  

Selamat pagi anak sholih dan sholihah, semoga semua dalam keadaan sehat ya. Alhamdulillah hari ini kita kembali akan melaksanakan pembelajaran di kelas yang baru yakni kelas 3. Mr harapkan kalian dapat mengikuti pembelajaran di kelas 3 ini dengan semangat dan ceria. 

Sebelum kita mulai kegiatan MPLS jangan lupa untuk mendengarkan tausiah dan salat Duha ya!

Kemudian kita senam dulu dan menyanyikan lagu 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.

Senam 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat


Lagu 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat


Kalau sudah senam dan bernyanyi, biar tambah semangat kita main tepuk semangat yuk!



Hari ini kita akan melaksanakan kegiatan "Masa Pengenalan Lingkungan". Untuk hari keempat ini kita akan melaksanakan kegiatan MPLS sebagai berikut :

1. Asesmen kognitif 



2. Mewarnai



Demikian rangkaian kegiatan MPLS hari keempat. Sampai bertemu di kegiatan MPLS hari esok.

Selalu semangat dalam belajar dan jangan lupa sholat lima waktu, ya. 


Wassalaamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Minggu, 13 Juli 2025

Materi MPLS klsbBILAL BIN RABAH

 

Senin/ 4 Juli 2025

Hari/Tanggal                     :    Senin/14 Juli 2025

Satuan Pendidikan          : SD Al Azhar 1

Kelas/Fase                       : 3/B

Mata Pelajaran              : Masa Pengenalan Lingkungan/MPLS

    Assalaamuallaikum Warohmatullohi Wabarokatuh 


Selamat pagi anak sholih dan sholihah, semoga semua dalam keadaan sehat ya sayang. Alhamdulillah hari ini kita kembali akan melaksanakan pembelajaran di kelas yang baru yakni kelas 3. Ibu guru harapkan kalian dapat mengikuti pembelajaran di kelas 3 ini dengan semangat dan ceria. 

Hari ini kita akan melaksanakan kegiatan "Masa Pengenalan Lingkungan". Untuk hari pertama ini kita akan melaksanakan kegiatan MPLS debagai berikut :
1. Pembukaan MPLS TAHUN AJARAN 2025 / 2026 
2. Doa 
3. Sambutan Kepsek, sekaligus membuka kegiatan MPLS.
4 Penyerahan Siswa Baru dari perwakilan Wali Siswa ke sekolah.
5. Perkenalan stakeholder sekolah (Kepala Sekolah, Waka, Guru Kelas, Guru Bidang Study)
6. Perkenalan Guru dan Siswa       
7. Game menyebutkan nama Guru dan Teman yang telah diingat       
8. Refleksi Kegiatan MPLS         

Demikian rangkaian kegiatan MPLS hari pertama. Selalu semangat dalam belajar dan jang lupa sholat lima waktu. 

Wassalaamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh