Kamis, 19 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 2)Pembelajaran 5

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 2)
Pembelajaran :  5
Hari/Tanggal :Jumat,     20      September 2019

Bahasa Indonesia
Mengenal Benda Gas Lebih Dekat

Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas.
Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara
tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan. Namun, ada benda gas yang dapat
dilihat. Contohnya adalah awan dan asap. Untuk mengetahui hal ini, lakukan percobaan berikut!

Percobaan 1.
• Lakukan secara berkelompok.
• Alat dan Bahan
Kantong plastik bening
Balon
Langkah-Langkah Percobaan
Tiuplah balon sampai mengembang. Ikatlah mulut balon dengan karet.
Tiuplah kantong plastik sampai mengembang. Ikatlah mulut plastik dengan karet.
Amatilah bentuk balon dan kantong plastik tersebut. Bagaimanakah bentuk balon dan kantong plastik tersebut?
Siswa mengisi tabel di halaman 95

Percobaa 2
Lakukan secara berkelompok.
• Alat dan Bahan
Benang secukupnya
Balon 2 Buah
Sebatang lidi atau kayu tipis
• Langkah-Langkah Percobaan
Tiupkan udara ke dalam dua buah balon.
Tiupkan sampai kedua balon sama besar.
Ikat setiap balon dengan benang. Sisakan benang dengan panjang secukupnya.
Pada setiap ujung lidi atau kayu gantungkan satu buah balon yang telah terisi udara. Usahakan posisi lidi atau kayu tetap mendatar.
Perlahan-lahan, tusuklah sebuah balon yang berisi udara. Perhatikan udara yang keluar dari tempat yang ditusuk.
Letakkan tanganmu di dekat tempat keluarnya udara. Apakah yang terjadi?

Matematika

Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat.

Alat Ukur Berat
                     
a. Neraca
Untuk menimbang benda yang ringan.
Contoh : Emas, Platina, Obat.


b. Timbangan rumah tangga
Untuk mengukur tepung, gula, margarin, bumbu masak, dan buah.




                                                           
c. Timbangan kodok
Untuk mengukur berat beras, daging, gula, dan buah. (Biasa digunakan pedagang di pasar maupun di warung-warung).





d. Timbangan duduk atau barang
Untuk mengukur berat gula, beras, terigu, dan buah dalam jumlah besar/banyak.


e. Timbangan berat badan


                                 


PKN

Presiden Ajak Masyarakat Gotong Royong
Tanggulangi Kebakaran Hutan

Rabu, 23 September 2015 19:25 WIB | 7.054 Views Banjarbaru (ANTARA News) - Presiden RI, Joko Widodo, mengajak seluruh lapisan masyarakat bergotong royong dalam me nanggulangi kebakaran hutan dan lahan sehingga dampak buruknya bisa dikurangi.
“Masyarakat harus bahu-membahu membantu karena gotong royong adalah jalan keluar menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya di Banjarbaru, Kalsel, Rabu.
Ajakan itu disampaikan Presiden saat melihat langsung kebakaran lahan dan meninjau titik api di kawasan Guntung Damar Kelurahan Guntung Payung, Landasan Ulin, Banjarbaru.
Presiden meminta masyarakat ikut berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga dampak buruk berupa kabut asap tidak merugikan banyak pihak.
“Dibutuhkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan agar terhindar dari pembakaran lahan di samping kesadaran tidak membakar lahan dan semak di sekitarnya,” pesan Presiden.

Siswa melakukan diskusi tentang sikap gotomg royong sesuai dengan bacaan diatas seperti dihalaman 106 dan 107

Rabu, 18 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 2)Pembelajaran 4

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 2)
Pembelajaran :  4
Hari/Tanggal :Kamis,           September 2019

Bahasa Indonesia

Melihat Benda Cair Lebih Dekat

Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan. Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk
air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?
Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifatsifat
benda cair.
Mengetahui Sifat Benda Cair
• Lakukan secara berkelompok.
• Alat dan Bahan
Air dan minyak goreng
Ember
Gelas
Kantong plastik
• Langkah-Langkah Percobaan
Masukkan air ke dalam ember. Kemudian,ke dalam gelas dan terakhir kedalam kantong plastik.
Lakukan hal yang sama dengan minyak goreng.
Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di halaman 89

PKN
Pengertian Gotong Royong
Gotong royong merupakan salah satu cirri khas bangsa Indonesia khususnya bulukumba, sebagaimana yang tertuang dalam pancasila yaitu sila ke 3 “persatuan Indonesia”. Perilaku gotong royong yang dimiliki Bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Gotong royong merupakan kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat.
Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar.
Contoh – contoh kegiatan gotong royong
Membersihkan jalan
Membersihkan sampah
Membersihkan masjid
Membersihkan lingkungan sekitar
Manfaat Gotong Royong :
Agar lingkungan kita dapat dirasakan kebersihan dan keindahannya
Dapat terjalinnya rasa solidaritas dalam lingkungan masyarakat
Supaya kehidupan bermasyarakat itu lebih baik dengan diadakannya gotong-royong
Pekerjaan selesai dengan cepat tanpa harus mengeluarkan biaya ataupun kas RT/RW, dan jika berupa pembangunan fisik gedung akan sangat menghemat anggaran , karena biaya untuk tenaga kerja berkurang dengan adanya Gotong Royong.
Tanpa terasa persaudaraan dan kebersamaan sesama warga semakin erat, yang pejabat kenal dengan tetangga yang pekerja/buruh, yang pedagang kenal dengan yang bekerja sebagai sopir, yang kaya kenal dengan yang miskin, begitu juga sebaliknya.
Keamanan lingkungan semakin terjamin, dengan rasa persaudaraan dan kebersamaan serta saling kenal diantara warga tentunya jika ada pendatang baru ataupun ada tamu asing yang mencurigakan tentu warga akan cepat mengetahuinya.
Ketentraman dan kedamaian, akan diperoleh jika antar sesama warga saling peduli dan saling membantu dengan sesama warga lainya.
Gotong royong tidak mengenal perbedaan, sehingga ketika di laksanakan semua akan terasa sama.

Selasa, 17 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 2)Pembelajaran 3

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 2)
Pembelajaran :  3
Hari/Tanggal :Rabu,           September 2019

Bahasa Indonesia
Benda Padat

Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa bendabenda tersebut digolongkan sebagai benda padat?
Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!
Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!
Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!

Mengetahui Sifat Benda Padat
• Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.
• Alat dan Bahan
Ember
Gelas
Kantong plastik
• Langkah-Langkah Percobaan
Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam
gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di halaman 83


Matematika

Siswa menyelesaikan soal cerita mengenai cara mengukur jarak suatu tempat menggunakan satuan panjang












SBDP

Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati ruang (volume). Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.

Barisan Musik
Ciptaan A.T. Mahmud

Dengar suara musik, mengawali pawai
Seruling mengalun dan genderang bertalu
Pemainnya lincah, seragamnya elok
Sambil berbaris memainkan lagu
Suasana pun riang, siapa pun senang
Sorak sorai para penonton terkesan
Bum cas, bum cas, bum bum bum
Bum cas cas, bum cas cas,
bum bum bum bum
Trek tek tek bum bum 2X
Trek bum trek bum cas
bum bum bum

Gerakkanlah kakimu dengan dua jenis gerakan. Gerakan yang lemah lembut dan gerakan yang kuat! Lakukan dengan iringan lagu di atas.

Senin, 16 September 2019

Tema 3(SubmTema 2)Pembelajaran 2

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 2)
Pembelajaran :  2
Hari/Tanggal :Selasa,           September 2019

Bahasa indonesia

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah
menge tahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.
Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda. Menurutmu, bola manakah yang,massanya lebih besar?

Siswa melakukan percobaan menimbang massa benda dan memandingkan massa benda yang 1 dan lainnya

Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu? Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti
benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar. Pelajarilah tentang volume benda! Lakukan percobaan berikut bersama teman dalam
kelompokmu!
Alat dan Bahan
1. Gelas ukur
2. Benda padat yang dapat dimasukkan ke dalam gelas ukur
3. Air
4. Balon(2 buah)

Langkah-Langkah Percobaan
Isilah gelas ukur dengan air. Masukkan benda padat ke dalamnya.
Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda padat!
Apa yang terjadi sebelum dan setelah benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur?
Tuliskan pengamatanmu!
Isilah gelas ukur dengan air sebanyak 300 mililiter. Kemudian tambahkan hingga 600 mililiter. Perhati kan gambar untuk membuktikan volume benda cair!
Apa yang terjadi sebelum dan setelah air ditambahkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan
pengamatanmu!
Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda gas!
Apa yang terjadi sebelum dan setelah udara ditiupkan ke dalam balon? Tuliskan
pengamatanmu!




PKN
apakah arti tolong menolong itu ? dan  mengapa kita membutuhkan sikap tolong menolong dalam kehidupan sehari – hari ?
Menolong artinya membantu teman atau orang yang mengalamikesulitan,tolong menolong artinya saling membantu atau bekerja ssama dengan orang yang ditolong. Bekerja sama dengan teman yang membutuhkan pertolongan,orang yang suka menolong biasanya banyak temannya,tolong menolong dapat dilakukan di rumah  ,di sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar kita.  Setiap Orang membutuhkan pertolongan orang lain,di rumah anak anak minta tolong.
Manfaat Tolong Menolong :
1. Mempercepat selesainya pekerjaan
2. Mempererat persaudaraan
3. Pekerjaan yang berat menjadi ringan
4. Menumbuhkan kerukunan antara sesama manusia
5. menghemat tenaga karena dikerjakan bersama-sama
6. Saling membantu biaya yang dikeluarkan relatif sedikit
7. Saling bertukar pikiran dan saling memahami.

Minggu, 15 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 2)Pembelajaran 1

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 2)
Pembelajaran :  1
Hari/Tanggal :Senin,     16      September 2019

Bahasa indonesia

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas.
. Benda dapat dikelompokkan berdasarkan wujudnya yaitu:

 Sifat Benda Padat, Cair, dan Gas
Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan jenis bentuknya. Wujud dari benda ada yang gas, cair dan ada yang padat. Setiap wujud benda tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.
1. Sifat benda zat padat
Coba lihat, apakah banyak benda padat di sekitar adik-adik. Benda-benda padat tersebut misalnya batu, tanah liat yang sudah keras, dan semen. Tahukah kalian apa sifat-sifat dari benda padat itu?
a. Benda padat tidak berubah jika dipindahkan
Tas, penggaris, buku, pena, lemari merupakan benda padat. Benda-benda tersebut jika dipindahkan tidak akan mengalami suatu perubahan. Ini salah atu sifat dari benda padat. “ jika dipindahkan benda padat tidak akan mengalami perubahan warna, ukuran dan bentuknya”
b. Benda padat memiliki berat.
Tas, penggaris, buku, pena, lemari merupakan benda padat. Apa yang kamu rasakan saat kamu berangkat sekolah dan di dalam tas yang kamu bawa itu terdapat buku, pensil, penggaris dan pena? Tentu akan terasa berat, karena benda-benda itu memiliki massa. Ketika kita membandingkan massa kapas dengan lemari, sudah tentu lemari lebih berat dibandingkan dengan kapas.

c. Benda padat dapat diubah bentuknya.
Pernahkan kalian membuat pensil menjadi runcing ketika ingin menulis? Tentu saja pernah, dan perhatikan bentuk dari pensil itu, pasti lebih pendek dan ujungnya yang sebelumnya tumpul menjadi runcing, ini juga merupakan salah satu sifat dari benda padat, yaitu “benda padat dapat diubah bentuknya”.
2. Sifat benda cair
Banyak sekali benda cair yang ada di sekitar kita.  Benda cair dapat dikemas dalam wadah apapun, misal beberapa botol (kecap, sirup) dan plastik.  Lakukanlah percobaan untuk mengetahui sifat dari air dengan memasukkannya ke dalam botol yang bentuknya silinder dan botol yang bentuknya lingkaran. Coba perhatikan apa yang terjadi?
a. Benda cair mengisi ruang dan bentuknya sama dengan wadahnya
Amatilah benda cair yang ada di sekitar kalian. Amati bentuk wadahnya dan bentuk benda cair yang ada di dalamnya. Sudah pasti benda cair mengalami perubahan bentuk yang mengikuti bentuk wadahnya. Berbagai bentuk wadah membuat benda cair menjadi lebih menarik.
b. Permukaan benda cair selalu datar
Benda cair memiliki permukaan yang selalu datar, artinya di manapun kita menempatkan benda cair maka permukaan nya akan tetap datar, misalnya kamu letakkan air di dalam gelas, amati bagian atasnya sudah pasti rata, atau datar. Begitu juga pada sumur, air di sumurpun juga datar, bahkan kalau kita perhatikan, air laut yang sangat luas dan banyakpun permukaannya datar.
Air memiliki ketinggian permukaan yang sama dengan wadahnya. Bahkan ketika kita memasukkan air kedalam gelas, dan kemudian kita miringkan gelas tersebut maka permukaannya pun tetap sama. Air memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan permukaannya. Sehingga salah satu kegunaan air ini dimanfaatkan untukmemeriksa kemiringan suatu bidang. Alat yang dibuat berdasarkan ini adalah waterpass. 
c. Benda air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah.
Mata air yang jernih sering kita temui di pegunungan. Mata air di pegunungan berkelok-kelok mengikuti bentuk sungai, bahkan tak sedikit melalui berbagai pohon yang ada di sungai. Air tersebut mengalir dari posisi yang lebih tinggi menuju ke posisi yang lebih rendah, kadang-kadang air tersebut membentuk sebuah air terjun.


3. Sifat benda gas
a. Benda gas menempati ruang
Kantong plastik dan ban sepeda motor dapat menggelembung karena di dalamnya terdapat gas. Jika benda gas dimasukkan ke dalam air maka akan mengeluarkan gelembung-gelembung. Gelembung gelembung ini berisi udara yang di dalamnya terdapat berbagai macam gas.
b. Benda gas memiliki tekanan
Ketika kita sedang menyedot sirup, udara udara yang berada di dalam sedotan akan berkurang. Hal ini menyebabkan tekanan uduara di dalam sirup turun, sedagkan udara di luar sedotan akan menaik.  Air akan berjalan ke atas mengikuti sedotan itu.
c. Benda gas dapat memuai
Pemuaian udara dapat kita lihat pada balon udara, di mana sebelumnya hanya berupa kain besar tetapi setelah diberikan gas, balon mulai menggelembung, dan kemudian memuai dan terbang ke angkasa.
d. Benda gas memiliki berat
Balon atau ban yang bocor akan kehilangan benda gas yang ada di dalamnya. Oleh karenanya balon dan ban tersebut menjadi lebih ringan dari pada balon dan ban yang di dalamnya masih terdapat gas. Hal ini menunjukkan bahwa gas juga memiliki sifat berat.

Matematika


  Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.m Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.Mengkonversikan satuann KM ke Meter
I km= .............m

Kamis, 12 September 2019

Tema 3(SubmTema 1)Pembelajaran 5

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran :  5
Hari/Tanggal :Jumat ,           September 2019

Bahasa Indonesia

Benda dari Kaca
Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan
tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

Benda dari Logam
Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok
makan, kerangka mobil, dan pagar rumah. Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam?
Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

Benda dari Karet
Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.
                         

Matematika

Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris? Coba perhatikan satuan yang tertera pada
penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), danmilimeter (mm). 
 
Pengukuran satuan panjang
Satuan dalam ukuran panjang adalah meter. Setiap pengukuran yang menggunakan meter sudah bisa ditebak pasti satuan panjang. Seperti panjang kayu, rumah, atau lainnya. Untuk satuan panjang bisa lihat gambar dibawah ini :



Note :       Km      : kilometer
            Hm      : hektometer
            Dam    : dekameter
            M         : meter
            Dm      : desimeter
            Cm      : centimeter
            Mm      : milimeter

Supaya kita cepat paham, langsung saja kita ke contoh soal :
  7 km + 9 dam + 5 hm + 3 m + 8 dm  = . . . m
Untuk soal ini dimintak dalam bentuk meter, maka kita ubah semuanya ke dalam bentuk meter.
Jawab :     7 km    : 7.000 m (turun 3 tangga dikali 1.000)
                        9 dam  :      90 m  ( turun  1 tangga dikali 10)
                        5 hm    :    500 m (turun 2 tangga dikali 100)
                        3 m      :        3  m ( tetap)
                        8 dm    :        0,8 m ( naik satu tangga dibagi 10)
                                      7.593,8 m
Jadi, hasilnya adalah 7.593,8 meter.

Rabu, 11 September 2019

Tema 3(Sub.Tema 3)Pembelajaran 4

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran :  4
Hari/Tanggal :Kamis ,           September 2019

Bahasa Indonesia
Plastik: Solusi dan Masalah

Perhatikan benda-benda yang ada di rumah mu!Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kema san dan botol air minum juga terbuat dari plastik. Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat
menjadi berbagai benda. Plastik memberikan banyak manfaat.

                 

Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara
alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun. Jadi, kamu dapat membayangkan apabila
membuang kantong plastik sekarang. Kantong plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (meng gunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).
Reduce adalah mengurangi pengguna an plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.
Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.
Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi. Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampah plastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan. Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur
ulang sampah. Gunakan plastik dengan bijak agar bumi selamat!                          lambang reduce,reuse,rescle.


Siswa mengamati lingkungan disekitar sekolah banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan makanan dan minuman dan kemudian mengsi tabel dibuku tematik hal.35

PKN

Siswa melakukan kegiatan musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik disekolah.