Senin, 21 April 2025

Pembelajaran kls 3 C

 

Rabu, 23 April 2025

Materi Ajar Kelas 3 Tema 7 Sub 3 Pb. 4

  Hari / Tanggal             : Kamis, 25 April 2024

Tema 7                            : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                     : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran              : 4

 

Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat menemukan kosa kata produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat dan siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

 

AYO MEMBACA

Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolamrenang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti. Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu. Telepon adalah alat komunikasi secara lisan.  Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

 

ALAT KOMUNIKASI

Tulisan Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui teleponseluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.

Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.

Setelah mendapat izin dari Ibu, Dayu dan temanteman segera menuju rumah Siti. Mereka mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai alat komunikasi.

 


Siti akan mencari informasi di internet. Dayu akan mencari informasi dari buku-buku dan majalah. Lani akan menelepon pamannya yang bekerja di perusahaan telekomunikasi.

Udin membantu meringkas hasil informasi. Edo akan menuliskannya pada sebuah buku. Beni bertugas membuat gambar dan hiasan pada ringkasan informasi yang telah dibuat. Dayu dan teman-teman memiliki keterampilan yang beragam atau berbeda-beda . Dapatkah kerja sama dapat terlaksana jika kita memiliki kemampuan yang beragam?

 

Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerja sama.

Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi. Menurut kamus KKBI, kolaborasi artinya perbuatan bekerja sama.

 

Kerja sama merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Apakah kemampuan setiap orang sama? ___________ (Berbeda)

Bagaimana sikap kita terhadap keberagaman atau  perbedaan dari setiap orang? (Kita harus menghormati, menghargai,dan menerima perbedaan sebagai hal yang positif.

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Selasa 22 April 2025

Materi Ajar Kelas 3 Tema 7 Sub 3 Pb. 2 dan Pb. 3

  Hari / Tanggal             : Selasa 22 April 2025

Tema 7                            : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                     : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran              : 2 dan 3

Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat, dapat mengidentifikasi kombinasi  garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif. dapat mengidentifikasi jumlah ukuran sisi bangun sebagai keliling dari bangun datar.

Hari ini cuaca sangat panas. Udin, Beni, dan Edo ingin bermain di kolam renang.  Kolam renang tempat mereka bermain cukup aman. Di sekitar kolam, terdapat beberapa orang petugas sedang mengawasi anak-anak bermain air.


Setiap petugas kolam renang mengalungkan peluit di leher masing-masing. Peluit merupakan salah satu alat komunikasi. Peluit digunakan untuk mengawali atau menghentikan suatu kegiatan. Dengan menggunakan peluit, kita tidak perlu bersuara keras untuk memberi peringatan. 

Setelah berenang, Udin, Beni, dan Edo beristirahat. Udin beristirahat sambil membaca buku yang  dibawanya.

Buku tersebut bercerita tentang alat komunikasi  tradisional dan modern.


Hari ini Dayu dan Lani sangat bersemangat. Mereka akan melakukan percobaan “telepon kaleng”.  Dayu mengetahui cara membuat telepon kaleng dari ibu.  Telepon merupakan  salah satu alat  komunikasi. Dengan adanya teknologi,  telepon berkembang dari masa ke masa. Saat ini telepon merupakan salah satu alat yang sangat memudahkan komunikasi.

 


Dayu dan teman-teman membuat telepon kaleng. Lani dan Udin membawa kaleng bekas susu kental  manis. Edo dan Beni menyiapkan benang kasur. Sementara itu, Dayu dan Siti membawa kertas dan lem untuk hiasan.



Setelah menghias kaleng,  Lani menunjukkan gambar yang ia buat.Udin mengusulkan agar  gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai, Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani. Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran darsisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.


LATIHAN

Lengkapi kalimat berikut!


1. Alat komunikasi ______________ digunakan pada masa lalu.

2. __________ termasuk ke dalam alat komunikasi tradisional.

3. Lonceng dan ______ memiliki fungsi yang sama.

4. Telepon kini berkembang menjadi _____________

5. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi ___________


Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar