Hari / Tanggal : Kamis, 10 April 2025
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 4
Tujuan pembelejaran hari ini adalah siswa dapat mengenal ragam budaya Indonesia dengan baik, siswa mampu mengenal berbagai macam makanan berbahan dasar singkong dengan baik.
Pagi ini, udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni. Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah sunda. Edo memakai baju dari papua. Dayu memakai pakaian adat bali. Demikian pula dengan beni, siti, lani, dan yang lainnya. Mereka juga membawa makanan khas daerah. Udin membawa combro dari sunda. Edo membawa kue sagu dari papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari bali. Beni membawa penada dari manado. Siti membawa keripik singkong dari padang. Tak ketinggalan, lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas tionghoa.
Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.
AYO MENGAMATI
Amati Gambar dan Informasi Berikut!
Amati gambar di bawah ini!
Materi Ajar Kelas 3 Tema 7 Sub 1 Pb.3
Hari / Tanggal : Kamis, 10 April 2025
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 3
Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat menemukan produk dari teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri, , siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
Hari ini, rumah lani dikunjungi oleh bibi, udin, edo, beni, dayu, dan siti juga berkunjung ke rumah lani. Mereka berkumpul di ruang makan. Bibi lani bekerja di pabrik pengolahan makanan. Bibi menceritakan macam-macam cara mengolah bahan makanan. Bibi menunjukkan teks bacaan tentang teknologi pangan. Udin, edo, beni, dayu, siti, dan lani membaca bersama-sama.
AYO MENGAMATI
Bibi lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai didalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya. Tempe yang dibeli bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi. Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang. Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku
Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga.
Amati bentuk di bawah ini!
1. 5 satuan persegi, 2. 5 satuan persegi, 3. 6 satuan persegi
4. 5 satuan persegi, 5. 4 satuan persegi, 6. 7 satuan persegi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar