Senin, 14 April 2025

Materi ajar kls 3 C

 

Senin, 14 April 2025

Materi Ajar Kelas 3 Tema 7 Sub 2 Pb. 2 dan 3

 Hari / Tanggal             : Selasa, 15 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                  : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran            : 2 dan 3

 


Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, Memahami jenis pekerjaan saat membuat pakaian, memahami jenis kain adat, dan menetukan simetri lipat.

 

AYO MEMBACA

 

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon.

Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam  dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian. 

Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.


Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakinmaju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern. 


Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih.  Pakaian yang dihasilkan semakin beragam. Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian.

AYO MENGAMATI

Amatilah gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam,bukan?


Amatilah gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam, bukan?

 

Contoh keberagaman pekerjaan:

No.

Pekerjaan

Tugas yang Dilakukan

1

Petani Kapas

Menanam kapas

2

Pemintal Kapas

Memintal serat kapas menjadi benang

3

Penenun Kain

Menenun benang menjadi kain

4

Perancang Busana

Membuat rancangan baju

5

Penjahit

Membuat baju berdasarkan rancangan

 

AYO MEMBACA

Kain Adat Indonesia 

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Salah satu sebabnya karena wilayah Indonesia sangat luas. Setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya sendiri.

Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah kain adat. Setiap daerah memiliki kain adat. Kain Songket dikenal sebagai kain adat orang

Melayu. Kain Sasirangan dikenal sebagai kain adat suku Banjar di Kalimantan. Orang-orang di  Jawa memiliki batik dan lurik. Kain Tenun dikenal  sebagai kain adat dari Nusa Tenggara.

Kain adat Indonesia sangat istimewa. Kain adat dibuat dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Warna kain juga berasal dari bahan alam. Kain adat umumnya dibuat  dengan cara ditenun tangan.


Kain adat memiliki banyak fungsi. Kain adat dapat digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Kain adat biasanya dipakai saat upacara adat. Kain adat juga banyak digunakan sebagai baju tarian daerah. Kain adat sering digunakan dalam upacara perkawinan. Di beberapa daerah kain adat juga digunakan saat ada keluarga yang meninggal.


Kain adat yang paling dikenal adalah batik. Batik ditemukan hampir di semua daerah. Setiap daerah memiliki batik dengan ciri yang berbeda. Batik merupakan pakaian nasional Indonesia. Sebagai rasa syukur akan kekayaan pakaian adat, bangsa Indonesia memperingati hari Batik setiap tanggal  2 Oktober.

Dayu menarikan tari kreasi menenun. Kamu juga dapat berkreasi seperti Dayu. Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar. Amatilah motif kain adat berikut!

Gambarlah salah satu motif yang ada di atas di selembar kertas! Lalu, guntinglah sesuai bentuknya! Apakah motif pilihanmu memiliki simetri lipat? Ceritakan hasil temuanmu kepada teman-temanmu!
Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar.

Amatilah motif kain adat berikut!

KESIMPULAN

Alhamdulillah pembelajaran hari ini, tentang menggambar suatu motif, gambar dan alhamdulillah dari 21 siswa , 2 siswa yang belum bisa memahami. Siswa mengambar suatu motif dan melipat gambar tersebut apakah memiliki semetria atau tidak

Wassalamualaikum wr wb

Senin, , 14 April 2025

Materi Ajar Kelas 3 Tema 7 Sub 2 Pb. 1

  Hari / Tanggal             : Selasa, 15 April 2025

Tema 7                            : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                     : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran              1

 

Hari ini kita belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 1, tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, Menentukan simetri lipat dan memahami gerak tarian.


 Sebelum membaca, tontonlah video berikut ya:



Nah sekarang kita akan belajar untuk mengetahui berbagai macam pakaian daerah dan memahami isi teks tentang teknologi sandang.

 

AYO MEMBACA

Bahan Dasar Pakaian


Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.

Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.

Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan. 

Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.

Dari teks diatas kita dapat menentukan kalimat pertama dari setiap paragraf!


Ayo Mencoba

Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan.


Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling
menutupi. Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!

Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat


Cara Menentukan Simetri Lipat
Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan. Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi. Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!

1.  Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.

2.  Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.

3.  Lalu, buka lipatan kertas.

4.  Buatlah garis pada bekas lipatan. Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?

Amati Bagan dibawah ini!


Ayo Berlatih
Buatlah satu bentuk bangun datar yang kamu inginkan! Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat! Gambarkan hasil temuanmu!


Ayo Mengamati
Udin bercerita tentang kain sutra ibunya. Kain ibu Udin dibuat dengan cara dipintal dan ditenun. Dayu menanggapi cerita Udin. Ia memperagakan gerakan memintal dan menenun.

Amati gerakan Dayu! Cobalah menirukan gerakan itu!
1. Gerakan memintal kapas

Posisi duduk, lutut kanan menekuk ke atas. Tangan kanan melakukan gerakan memutar ke arah depan. Tangan kiri bergerak ke samping kiri. 8 × 1 hitungan.

2. Gerakan menenun 1


Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak lembut ke kanan atas dan bawah, lalu ke kiri atas dan bawah. Kepala bergerak mengikuti arah tangan. 8 × 1 hitungan.

3. Gerakan menenun 2

Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak kuat  ke arah jari kaki, lalu bergerak lembut ke arah perut. Badan membungkuk saat tangan ke depan dan tegak saat tangan bergerak ke arah perut. 8 × 1 hitungan.

4. Gerakan menjemur. 


Posisi berdiri. Kedua tangan bergerak kuat ke kanan atas, lalu bergerak lembut ke kiri bawah. Lakukan berganti arah. Kepala bergerak mengikuti arah gerakan tangan. 8 × 1 hitungan

Latihan 

Perhatikan tabel di bawah ini!

Tentukan Banyak simetri Lipat pada bangun datar di bawah ini



Selamat mengerjakan!

 

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menyebutkan ide paragraf dan menyebutkan jumlah simetri lipat. Namun masih ada 3 siswa yang kesulitan menentukan simetri lipat terutama jika berbeda bangun ruang. Besok kita belajar lebih giat lagi ya

. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar