KAMIS 26 September 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 2 Pb.4
Hari / Tanggal : kamis, 26 September 2024
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 4
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?
Iyaps kita sudah belajar tentang sifat sifat wujud benda padat
Hari ini kita akan melanjutkan untuk mempelajari sifat wujud benda cair.
Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini yaitu siswa dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat dan memberikan contoh kegiatan gotong royong.
KEGIATAN INTI (40 MENIT)
Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.
Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?
Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair mempunyai sifat
- Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
- Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.
Ayo Bercerita
Kamu telah melakukan percobaan di atas. Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.
Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.
Ayo Berdiskusi.
Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing
Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.
Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.
Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.
Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!
Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah kamu lakukan!
PENUTUP (15 menit)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi yang kita pelajari.
Yuk kita simpulkan bersama:
Rabu, 25 September 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 2 Pb.3
Hari / Tanggal : Rabu, 25 September 2024
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 3
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah, masih ingatkah materi yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?
Yap, di pertemuan sebelumnya kita sudah belaajr tentang ciri-ciri benda berdasarkan wujudnya serta perbedaan antara massa dan berat.
Hari ini kita akan belajar tentang sifat benda padat
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah mengidentifikasi sifat benda padat, menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan materi, dan siswa dapat memeragakan gerak lambat kaki dalam suatu tari dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)
Ayo Mengamati
Benda Padat
Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.
Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat Benda padat mempunyai sifat
- Bentuk benda padat tetap/tidak dipengaruhi wadahnya
- Benda padat dapat digenggam karena bentuknya padat
Ayo Bernyanyi
Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati ruang (volume). Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.
Barisan Musik
Ciptaan A.T. Mahmud
Dengar suara musik, mengawali pawai
Seruling mengalun dan genderang bertalu
Pemainnya lincah, seragamnya elok
Sambil berbaris memainkan lagu
Suasana pun riang, siapa pun senang
Sorak sorai para penonton terkesan
Bum cas, bum cas, bum bum bum
Bum cas cas, bum cas cas,
bum bum bum bum
Trek tek tek bum bum 2x
Trek bum trek bum cas
bum bum bum
Selasa 24 September 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 2 Pb.2
Hari / Tanggal : Selasa, 24September 2024
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 2
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah masih ingatkah pembelajaran kita kemarin?
Yaps kita telah belajar tentang wujud benda serta contoh-contohnya. Tidak hanya itu, kita juga belajar mengenal satuan jarak km ke m.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita
Kita akan belajar tentang sifat wujud benda, Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat benda dan memahami arti penting menolong.
KEGIATAN BELAJAR (40 MENIT)
Ayo Membaca
Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.
Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.
Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!
Ibu Guru | : | Anak-anak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? |
Siti | : | Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu? |
Ibu Guru | : | Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah. |
Udin | : | Bola basket lebih berat, Bu! |
Ibu Guru | : | Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa. |
Siti | : | Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar? |
Ibu Guru | : | Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini. |
Tahukah kamu
Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di manamana sama. Namun, berat benda dapat berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di tempat itu. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. Contohnya massa tubuh di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat tubuh di bumi dengan di bulan berbeda. Berat tubuh astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi.
Yang diukur pada timbangan adalah massa bukan berat. Namun, karena istilah berat sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan.
Ayo Mengamati
Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu? Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.
Benda di sekeliling kita terdiri atas benda hidup dan benda tak hidup Benda mempunyai tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Benda mempunyai ciri-ciri, yaitu memiliki masa dan ruang (volume)
KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah, berikut tadi pembelajaran kita hari ini.
Yuk kita simpulkan
1. Bahan pembentuk benda dapat mempengaruhi massa benda
2. Benda yang terbuat dari karet lebih berat dibandingkan benda dari plastik
3. Perbedaan antara massa dan berat adalah bahwa massa tidak berubah dimanapun tempatnya
Yups, itu tadi pembelajaran kita hari ini
Semoga bermanfaat
Jangan lupa belajar dan banyak berlatih
Supaya anak shaleh dan shalehah dapat menjadi anak yang cerdas dan terampil
Akhir kata:
Senin, 23 September 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 2 Pb.1
Hari / Tanggal : Senin, 23 September 2024
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 1
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Apakah anak-anak masih ingat pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar tentang benda-benda di sekitar kita.
Ada yang terbuat dari kertas, kayu, plastik, kaca, logam dan karet
Setiap benda tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya berdasarkan bahan pembentuknya
Kita juga sudah belajar cara mengukur benda-benda di sekitar kita lalu mengubahnya ke dalam beberapa satuan panjang
Tentu saja kita belajar juga tentang musyawarah yang baik serta alat musik ritmis
Hari ini kita akan masih belajar tentang benda-benda di sekitar kita.
Tapi kita akan belajar tentang wujud benda benda tersebut.
Bisakah kamu sebutkan wujud benda di sekitarmu?
Atau, apa itu wujud benda?
sebelum memulai pembelajaran, tujuan pembelajaran hari ini yaitu Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda, menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif, mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat dan mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki
KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)
Ayo Membaca
Wujud Benda
Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?
Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!
Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut!
Ayo Mengamati
Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar? Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?
Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m. Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m = 5.300 m
Jadi, jarak rumah Edo ke rumah nenek adalah 5.300 m.
Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah ke kebun binatang 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun binatang dalam satuan km dan m?
1.523 m = 1.000 m + 523 m = 1 km + 523 m
Ayo Berlatih
Ada bermacam-macam bentuk bangunan. Juga bahan pembentuk bangunan tersebut. Perhatikan denah jarak antarbangunan di bawah ini!
Tentukan jarak dalam satuan m!
Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.
PENUTUP (15 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini ya
Mari kita simpulkan apa yang sudah kita pelajari:
1. WUjud benda ada 3 yaitu padat, cari dan gas
2. Untuk mengkonversi km ke m gunakan tangga konversi jika naik dikalikan 10 jika turun dibagi 10
Tetap semangat belajar ya anak shaleh dan shalehah
semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat
akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar