Kamis, 19 September 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 1 Pb.5
Hari / Tanggal : Kamis, 19 September 2024
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 5
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Masih ingatkah materi yang kita pelajari kemarin?
Iyaps, kita sudha belajara tentang benda-benda yang terbuat dari plastik dan konsep mengurangi plastik dengan reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali) dan recycle (mendaur ulang).
Hari ini kita masih akan belajar tentang benda di sekitar kita, yaitu benda-benda yang terbuat kaca, logam dan karet. Tidak hanya itu, kita juga akan melanjutkan pelajaran tentang mengukur panjang benda ya!
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat, menceritakan pengalaman bermusyawarah dan siswa dapat mempraktikkan pengukuran dengan tepat.
KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)
Ayo Membaca
Bacalah informasi berikut ini!
Benda dari Kaca
Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.
Benda dari Logam
Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.
Benda dari Karet
Karet bersifat kuat dan lentur. Karet juga bersifat elastis, artinya, karet dapat ditarik memanjang dan jika dilepaskan akan kembali ke bentuk semula. Oleh karena itu, karet dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya membuat ban, alas sepatu, dan pembungkus kabel. Meskipun karet bersifat kuat dan lentur, tetapi tidak tahan api
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda di sekitarmu! Adakah yang terbuat dari bahan kaca, logam, atau karet Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel yang telah disediakan!
No. | Nama Benda | Bahan Pembentuk |
1. | Gelas | Kaca |
2. | Pagar Sekolah | Logam/Besi |
3. | Daun Jendela | Kaca |
4. | Ban Sepeda | Karet |
5. | Spion | Kaca |
Ayo Mencoba
Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Lengkapilah bagan berikut ini!
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan
untuk membuat tempat sampah!
Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?
Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut!
Ayo Mencoba
Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris? Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
Panjang mobil ayah Dayu adalah 410 cm Panjang mobil ayah Dayu dalam satuan m adalah
410 cm = 400 cm + 10 cm
= 4 m + 10 cm
= 4 m 10 cm
Ayo berlatih
Lakukanlah aktivitas berikut ini!
- Perhatikan gambar benda yang harus kamu ukur!
- Ukurlah bagian benda sesuai gambar!
- Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa menggunakan alat ukur)
- Ukurlah dengan menggunakan alat ukur!
- Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!
Rabu, 18 September 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 3 Sub 1 Pb.3 dan 4
Hari / Tanggal : Rabu,18 September 2024
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 3 dan 4
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah, kemarin kita sudah mengenal bagaimana mengelompokkan benda-benda, menggunakan alat ukur, serta mengenal alat musik ritmis.
Ayo Mengamati (5 menit)
Kertas di Sekitar Kita
Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.
Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga
menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.
Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik dan dapat dibaca dengan jelas.
Ayo Berdiskusi (15 menit)
Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?
Ayo Mencoba (20 menit)
Carilah arti kata berikut dengan tepat!
No. | Kosa Kata Baru | Arti |
1. | Selulosa | karbohidrat kompleks atau polisakarida yang ditemukan dalam struktur dinding sel semua tumbuhan. |
2. | Lunak | Lembut; empuk: |
3. | Molekul | Bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia |
4. | Ampas | Sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya |
5. | Pulp | Bubur kertas |
6. | Pipih | Tipis rata |
7. | Menyerap | Meresap, merembes |
8. | Kardus | Karton |
9. | Serat | Sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan |
10. | Menggiling | Melumatkan (memipihkan) sesuatu |
Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata di atas!
Ayo Bernyanyi (10 menit)
Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok memilih dua jenis benda yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.
Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri! (lihat di Pembelajaran 1)
Ayo Berdiskusi (5 menit)
Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan gambar di bawah ini!
No. | Bagian yang Diukur | Alat Ukur Yang Digunakan |
1. | Tinggi Badamu | Meteran Pita |
2. | Panjang lingkar pinggang | Meteran Pita |
3. | Panjang meja di kelas | Meteran Saku |
4. | Panjang lompatan teman kelompokmu | Meteran Rol |
5. | Lebar papan tulis di kelasmu | Meteran Saku |
6. | Panjang halaman sekolah | Meteran Rol |
Ayo Mencoba (20 menit)
Kamu sudah berdiskusi tentang alat ukur. Alat ukur yang tepat untuk mengukur sesuatu. Coba lakukan kegiatan berikut ini!
1. Ukurlah tinggi badan lima orang temanmu di kelas!
2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!
3. Urutkanlah hasil pengukuranmu! Mulailah dari yang terpendek hingga yang tertinggi!
No. | Nama | Tinggi Badan (cm) |
1. | Siti | 122 |
2. | Dayu | 127 |
3. | Edo | 130 |
4. | Udin | 135 |
5. | Beni | 141 |
ANak shaleh dan shalehah
berikut tadi pembelajaran hari ini
Mari kita simpulkan pembelajran hari ini:
1. Kayu merupakan bahan pembuatan beberapa benda seperti buku dan kertas
2. Untuk dapat mengukur panjang suatu benda dapat kita gunakan alat ukur yang berbeda juga contohnya tinggi badan diukur menggunakan meteran
3. Bunyi dapat dihasilkan dari benturan dua benda, dan dapat menciptakan ketukan jika dipukulkan dengan pola irama yang baik
==============================================================================
PEMBELAJARAN 4
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah mengetahui bahan pembentuk benda dari plastik, mengamati keadaan plastik di daerah sekitar serta pengalaman bermusyawarah di sekolah.
Bisakah kamu sebutkan benda yang terbuat dari plastik di kelas?
Lalu apa keunggulan benda berasalah dari plasik?
adakah masalah yang timbul dari benda plastik?
kita simak di bawah ini ya
Plastik: Solusi dan Masalah (15 menit)
Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.
Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.
Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan waktu yang dibutuhkan plastik untuk terurai secara alami.
Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.
Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.
Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi.
Ayo Mengamati (10 menit)
Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan makanan dan minuman?
Ayo Menulis (15 menit)
Ceritakan hasil pengamatanmu tentang sampah plastic di sekolah secara tertulis. Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!
Ayo Berdiskusi (10 menit)
Bermusyawarahlah bersama seluruh teman di kelasmu! Musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik di sekolah.
Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).
Selain itu, penerapan 3R ini juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini
Ayo kita coba buat kesimpulan dari materi hari ini:
1. Keunggulan benda terbuat dari plastik adalah murah, tahan lama dan tidak tembus air
2. Masalah sampah plastik dapat diatasi dengan Recycle, Reuse dan Reduce
KESIMPULAN
Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat mengetahui bahan pembentuk benda dari plastik, mengamati keadaan plastik di daerah sekitar serta pengalaman bermusyawarah di sekolah serta mengenal bagaimana mengelompokkan benda-benda, menggunakan alat ukur, serta mengenal alat musik ritmis. Namun masih ada 4 siswa yang masih harus belajar lebih giat lagi terutama dalam menggunakan alat ukur.
Tetap semangat belajar dan berlatih
Semoga apa yang dipelajari hari ini dapat memberikan manfaat kepada semua anak shaleh dan shalehah ya
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar