Hari / Tanggal : kamis, 26 September 2024
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 2 : Wujud Benda
Pembelajaran : 4
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?
Iyaps kita sudah belajar tentang sifat sifat wujud benda padat
Hari ini kita akan melanjutkan untuk mempelajari sifat wujud benda cair.
Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini yaitu siswa dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat dan memberikan contoh kegiatan gotong royong.
KEGIATAN INTI (40 MENIT)
Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.
Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?
Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair mempunyai sifat
- Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
- Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.
Ayo Bercerita
Kamu telah melakukan percobaan di atas. Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.
Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.
Ayo Berdiskusi.
Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing
Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.
Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.
Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.
Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!
Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah kamu lakukan!
PENUTUP (15 menit)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi yang kita pelajari.
Yuk kita simpulkan bersama:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar