Minggu, 13 Agustus 2023

Pembelajaran kls 3 C

 

Materi Ajar Kelas 3 Tema 1 Sub 4 Pb.1&2

Hari / Tanggal : Senin, 14 Agustus 2023
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Subtema 4 : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pembelajaran : 1 dan 2


Assalamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini  setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan tepat.

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar tentang pertumbuhan dan perkembanga manusia. Pada subtema ini kita akan belajar tentang Pertumbuhan Hewan.





Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan


Tanaman sama dengan makhluk hidup lainnya yang mengalami pertumbuhan. Tanaman pun memiliki daur hidup dan cara yang berbeda dalam perkembangbiakan. Ada tanaman yang mengalami perkembangbiakan secara alami. Ada juga tanaman yang mengalami perkembangbiakan secara buatan. 

Perkembangbiakan alami dapat dengan biji atau tunas. Selain itu dapat juga dengan umbi atau spora. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak alami dengan biji adalah pohon mangga, jeruk, dan semangka. Tanaman yang berkembang biak dengan tunas contohnya pohon pisang, bambu, dan cocor bebek.

Perkembangbiakan buatan adalah proses perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia. Salah satu contoh perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia adalah pencangkokan. 

Biji merupakan salah satu bagian tumbuhan. Biji tanaman berbeda–beda bentuk dan warnanya. Biji-bijian yang sangat indah dapat dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan mozaik. Berbagai jenis daun dan biji adalah ciptaan Tuhan yang harus kita syukuri. Salah satu contoh kerajinan mozaik yang indah ada pada gambar berikut ini



Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Biji 

Sebagian besar tumbuhan berkembang biak dengan biji. Tumbuhan dewasa akan berbunga dan menghasilkan buah. Di dalam buah terdapat biji. Biji berkembang menjadi tanaman baru. Tanaman baru tumbuh menjadi dewasa dan berbuah. Perputaran tahapan perkembangan tersebut membentuk sebuh siklus atau daur hidup. Perhatikan gambar bagian-bagian biji di bawah ini.






















Latihan Soal























Berikut tadi pembelajaran kita hari ini
Kesimpulannya adalah
-
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar