Senin, 15 November 2021

Pjj selasa,16 November 21

 Pendidikan             : SD AL AZHAR I

Kelas / Semester                 :  5 /1

Tema                                     :  Ekosistem (Tema 5)  

Sub Tema                             :  Keseimbangan Ekosistem (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia (3.7, 4.7), IPS (3.1, 4.1), PPKN (3.4, 4.4)

Pembelajaran ke                 :  4

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN

1.     Dengan mengamati poster dengan cermat, siswa mampu memberikan tanggapan, mengutarakan pesan, dan memberikan pendapat mengenai poster secara tepat.

2.     Dengan mencermati teks bacaan, siswa mampu mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan mengenai isi teks dan menyimpulkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran dan menuliskan tiga hal penting yang ditemukan dalam teks bacaan secara tepat.

3.     Dengan memahami tentang perkembangan kehidupan masyarakat di Indonesia, siswa mampu mencari informasi yang lebih banyak lagi mengenai pengaruhnya di sektor ekonomi, komunikasi, dan transportasi secara tepat.

4.     Dengan memahami kegiatan ekonomi masyarakat dalam lingkup kepulauan Nusantara, siswa mampu mengumpulkan informasi mengenai kegiatan ekonomi masyarakat secara akurat.


Pembelajaran 4

Potensi Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris

Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia, sejak dahulu kala Indonesia tidak pernah sepi, khususnya oleh kapal-kapal yang membawa komoditas perdagangan dari satu negara ke negara lain. Tidak hanya itu, sumber daya yang tersimpan di dalam laut Indonesia ternyata amat potensial.

Dari bacaan di atas, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf.Lalu, carilah informasi penting dari paragraf tersebut.Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.

Paragraf

Pikiran Utama

Informasi Penting

1

Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. 

  1. Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia.
  2. Sumber daya yang tersimpan di dalam laut Indonesia ternyata amat potensial.
  3. Beragam produk unggulan perikanan tersebar di seluruh wilayah Nusantara.

2

Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris

  1. Indonesia sejak dahulu sudah terkenal sebagai penghasil rempah-rempah dan memiliki tanah yang subur. 
  2. Peminat produk-produk hasil pertanian Indonesia ternyata banyak di luar negeri. 
  3. Potensi maritim dan agraris di Indonesia berguna bagi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

3

Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian.

  1. Jaringan komunikasi telah dibangun sehingga dapat menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia. 
  2. Jaringan komunikasi memudahkan berbagai transaksi ekonomi
  3. Jaringan komunikasi juga membantu terbentuknya kesatuan bangsa

4

Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi.

  1. Pemenuhan kebutuhan barang didistribusikan melalui jaringan transportasi.
  2. Pemerintah membangun sistem transportasi udara yang lebih baik.
  3. Pemerintah juga membangun sistem transportasi darat yang makin baik.


Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf.Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskanlah kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.

Kesimpulanku :

Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia.Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris.Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian.Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi.


Ayo Berkreasi
Bersama dengan kelompokmu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perkembangan kehidupan masyarakat dilihat dari sektor ekonomi, sistem komunikasi, dan transportasi yang terdapat di Indonesia.Terutama yang merupakan akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara agraris. 
Informasi dapat kalian peroleh dari internet, koran, atau majalah. Buatlah dalam selembar kertas gambar A4 dan tulislah dengan rapi informasi uyang diperoleh.Setelah selesai, tempelkan di dinding kelas.Upayakan semua kelompok melihat hasil kegiatan dari semua kelompok.

Sektor

Dahulu Kala

Saat Ini

Ekonomi

Jaman dahulu kala bangsa Indonesia berada di bawah penjajahan bangsa lain sehingga ekonomi masyarakat tidak bisa berkembang dengan baik. Bahkan hampir semua sumber daya alam yang ada diekploitir oleh para penjajah.

Saat ini Indonesia penghasil terbesar di dunia untuk produk rumput laut dan tuna. Indonesia juga menjadi penghasil kepiting dan udang terbesar kedua setelah China. 

Sistem Komunikasi

Pada jaman dulu, selain dengan bahasa, komunikasi dapat dilakukan denag tanda-tanda seperti asap, api, bunyi-bunyian dan cahaya. 

Penggunanan handphone telah menyebar sampai ke pelosok desa. Hal ini mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi.

Sistem Transportasi

Sistem transportasi jaman dulu kala masih menggunakan peralatan sederhana yang masih menggunakan angin, tenaga hewan maupun tenaga manusia.

Saat ini dengan dibangunnya terminal-terminal pelabuhan, salah satunya Terminal Teluk Lamong yang merupakan terminal semi otomatis dan ramah lingkungan. Alat-alat, baik di sektor maritim dan agraris, banyak menggunakan listrik dan bersifat otomatis.

 

Wawasan Nusantara

 

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang luas dari Sabang sampai Merauke.NKRI terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil.Wilayah Indonesia merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya.Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada forum internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957.Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara.

 

Kesimpulan

Berdasarkan artikel tersebut, simpulkanlah tiga hal penting yang kamu pahami tentang bacaan tersebut.Tukarkan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu. Secara bergantian ceritakan apa yang dimaksud dengan kesimpulanmu tersebut seperti contoh berikut.

  1. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. 
  2. Pemahaman tentang keberadaan Nusantara beserta dengan segala isinya dianggap penting oleh negara untuk menjaga kesatuan bangsa. 

 

Perbandingan Dan Skala 

Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana.

Skala adalah perbandingan antara jarak pada gambar dengan jarak yang sebenarnya. 



Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
Rumus Skala


Contoh Soal Dan Pembahasan

1. Perbandingan sederhana dari 250 m : 2 km adalah...

Penyelesaian :

Samakan satuan dari nilai yang dibandingkan ke satuan yang lebih kecil yaitu m lalu sederhanakan dengan membagi angka yang sama.
⇒ 250 m : 2.000 m
⇒ 250  : 2.000  (kedua nilai dibagi 250)
⇒ 1 : 8

2. Perbandingan sederhana dari 3½ : 2¼

Penyelesaian :

Ubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kali kedua nilai dengan KPK penyebut.
⇒ ⁷/₂ : ⁹/₄
⇒ ( ⁷/₂ x 4) : (⁹/₄ x 4)
⇒ 14 : 9

3. Jika perbandingan nilai A dan B adalah 2:5 dan perbandingan nilai B dan C adalah 3:4 maka tentukanlah nilai perbandingan A, B dan C!

Penyelesaian :

Karena dari kedua perbandingan sama-sama ada B, maka samakan B dengan mengali silang maka akan didapat nilai A:B:C

⇒  A : B=2 : 5 (kalikan dengan angka 3)
     B : C=3 : 4 (kalikan dengan angka 5)  
⇒  A : B=6 :15
     B : C=15 : 20
⇒ A : B : C=6 : 15 : 20

4. Perbandingan umur Annisa dan Fatmah adalah 3 : 4. Jika umur Fatmah adalah 16 tahun, maka berapakah umur Annisa?

Penyelesaian :
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
Gambar Soal Nomer 4

⇒ Umur Annisa=¾ x 16⇒ 12 tahun

5. Perbandingan kelereng Faldi dan kelereng Andi adalah 5 : 7. Jika jumlah kelereng mereka adalah 60 buah, berapakah banyak kelereng Andi?

Penyelesaian :

Karena yang diketahui adalah jumlah kelereng Faldi dan Andi maka angka pembanding yang diketahui juga jumlah angka pembandingnya yaitu 5+7.

⇒ Kelereng Andi= 7   x 60
                                 5+7
⇒ Kelereng Andi= 7  x 60
                                 12
⇒ Kelereng Andi=35 buah

6. Perbandingan banyak siswa laki-laki dan perempuan pada suatu sekolah adalah 5 : 6. Jika jumlah semua dalam suatu sekolah 440 siswa. Jumlah siswa perempuan....

Penyelesaian :

Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan 5 : 6, dijumlahkan menjadi 11. Jumlah seluruh siswa 440.

⇒ Siswa perempuan=   6   x 440 
                                          5+6
⇒ Siswa perempuan= 6  x 440
                                          11
⇒ Siswa perempuan=240 siswa


7. Jarak rumah Wawan ke sekolah 600 m. Jarak rumah Nino ke sekolah dalam sebuah denah digambar 12 cm. Skala denah tersebut adalah ...

Penyelesaian :
Karena satuan yang biasanya digunakan pada skala adalah cm, ubah jarak sebenarnya ke cm terlebih dahulu (m ke cm turun 2 tangga)=600 x 100=60.000 cm.


⇒ Skala= Jarak pada peta    


                  Jarak sebenarnya  
⇒ Skala=    12 cm    (sederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan 12)
                   60.000 cm
⇒ Skala yang digunakan adalah 1 : 5.000

8. Jarak antara kota A dan b adalah 85 km. Apabila kedua kota tersebut digambar pada peta berskala 1 : 1.700.000, maka jarak kota A dan B pada peta adalah.....cm.

Penyelesaian :
Ubah jarak sebenarnya menjadi cm yaitu 85 km=8.500.000 cm.
Tulis skala dalam bentuk pecahan yaitu        1        
                                                                    1.700.000
⇒ Jarak peta=Skala  x  Jarak sebenarnya
⇒ Jarak peta=        1         x  8.500.000
                                    1.700.000
⇒ Jarak peta=5 cm

9. Pada suatu peta yang menggunakan skala 1:400.000 jarak dua buah kota adalah 8cm. Berapakah jarak sebenarnya dari kedua kota tersebut?

Penyelesaian : 
⇒ Jarak sebenarnya=Jarak peta
                                         skala
⇒ Jarak sebenarnya=     8 cm     (ubah ke bentuk perkalian)
                                       1:400.000
⇒ Jarak sebenarnya=8 cm x 400.000
                                                          1
⇒ Jarak sebenarnya=3.200.000 cm (ubah satuan menjadi km) 
⇒ Jarak sebenarnya=32 km


10. Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dibuat gambar model dengan panjang 16cm dan lebar 10cm. Jika skala gambar adalah 1:500, maka luas tanah sebenarnya adalah.... m²

Penyelesaian :
Terlebih dahulu hitunglah masing-masing panjang sebenarnya dan lebar sebenarnya. Ubah ke satuan m lalu hitung luas menggunakan rumus luas persegi panjang.

⇒ Panjang sebenarnya=panjang gambar
                                                 skala
⇒ Panjang sebenarnya= 16 cm 
                                               1:500
⇒ Panjang sebenarnya=16 cm x 500=8.000 cm=80 m


⇒ Lebar sebenarnya= panjang gambar
                                             skala
⇒ Lebar sebenarnya=  10 cm 
                                         1:500
⇒ Lebar sebenarnya=10 cm x 500=5.000 cm=50 m


⇒ Luas sebenarnya=panjang x lebar
⇒ Luas sebenarnya=80 m x 50 m=4.000 m²

LATIHAN LIHAT BUKU BOS CETAK MATEMATIKA  HAL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar