Rabu, 17 November 2021

Kamis,18nov 21

 Pendidikan             : SD AL AZHAR I

Kelas / Semester                 :  5 /1

Tema                                     :  Ekosistem (Tema 5)

Sub Tema                             :  Keseimbangan Ekosistem (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia (3.7, 4.7), SBdP (3.4, 4.4), PPKN (3.4, 4.4)

Pembelajaran ke                 :  6

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN

1.     Dengan mengamati gambar anak-anak menanam pohon, siswa mampu menjelaskan alasan kegiatan tersebut dapat menciptakan keseimbangan ekosistem secara jelas.

2.     Dengan mencermati teks bacaan, siswa mampu menentukan pikiran utama dan informasi-informasi penting dari paragraf di dalam sebuah tabel yang sudah disediakan secara tepat.

3.     Dengan mencermati dan memahami teks bacaan, siswa mampu: merancang sebuah skenario dari pengalamannya tentang berkomunikasi melalui sebuah media secara tepat.

4.     Dengan mengenal dan memahami karakter beberapa topeng, siswa mampu membuat sebuah topeng dari kertas secara kreatif dan rapi.

Pembelajaran 6

 

Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem


 

 

Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidup. Seringkali, kegiatan-kegiatan manusia tersebut mengabaikan kebutuhan komponen ekosistem agar tetap berada dalam keseimbangan. Banyak kegiatan manusia justru mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen, sehingga beberapa komponen ekosistem tidak mampu bertahan. Misal saja kegiatan para nelayan menggunakan racun dan bom yang hanya berpikir untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut. Ada beberapa industri seperti industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air tawar, seperti danau, sungai, atau kolamkolam. Belum lagi kebiasaan manusia membuang sampah rumah tangga ke sungai-sungai yang berakibat tercemarnya air, dan berkurangnya sumber air bersih. Jika kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus, manusia juga yang akan menuai akibatnya.

 

Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai. Selain itu, belajar membuat kompos dengan memanfaatkan sampah
rumah tangga akan mengurangi pencemaran tanah dan sungai. Mengurangi sampah plastik, melakukan daur ulang, dan menghindari menggunakan alatalat rumah tangga sekali pakai. Kegiatan-kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan, bukan?

 

---


Informasi Penting
Paragraf Pertama

  1. Banyak kegiatan manusia yang mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen.
  2. Kegiatan para nelayan menggunakan racun dan bom tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut.
  3. Industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air tawar, seperti danau, sungai, atau kolam-kolam.
    Paragraf Kedua
  1. Mengurangi penebangan hutan dan mengurangi penggunaan bahan kimia buatan.
  2. Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem

 

Paragraf Ketiga

  1. Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai
  2. Mengurangi sampah plastik, melakukan daur ulang, dan menghindari menggunakan alat-alat rumah tangga sekali pakai.
  3. Menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai.
  4. Belajar membuat kompos dengan memanfaatkan sampah

   

 










 LATIHAN HARI INI LIAHTA MODUL TEMATIK LALU KERJAKAN HAL.105 BAGIAN 2 TULIS JAWABANNYA SAJA PADA BUKU TULIS TEMATIK

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar