Selasa, 02 November 2021

Pjj rabu,3 November 21

 JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan             : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester                 :  5 /1

Tema                                     :  Ekosistem (Tema 5)

Sub Tema                             :  Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem(Sub Tema 2)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia (3.7, 4.7), SBdP (3.3, 4.3), IPA (3.5, 4.5)

Pembelajaran ke                 :  2                                                                                                                                          

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN

1.     Dengan mendiskusikan asal energi pada makhluk hidup, siswa mampu menjelaskan rantai makanan yang terdapat dalam suatu ekosistem secara baik dan benar.

2.     Dengan menggunakan hasil diskusi, pengetahuan  dan gambar tentang rantai makanan, siswa mampu membuat teks nonfiksi tentang salah satu ekosistem secara baik dan benar.

3.     Dengan menyimak penjelasan guru tentang properti tari daerah, siswa mampu mencari informasi tambahan mengenai tarian daerah lain di Nusantara yang menggunakan properti tari secara tepat.

Pembelajaran 2

 

Apakah sarapan pagimu hari ini?Adakah di antaramu yang sarapan dengan telur ayam?Lezat, bukan?Salah satu manfaat sarapan adalah memberikan energi bagimu untuk beraktivitas pada hari itu.Telur merupakan salah satu makanan protein yang sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu.Tahukah kamu berasal dari manakah telur yang kamu makan saat sarapan?Dari manakah kita mendapatkan telur ayam?

Telur yang kita makan pada saat sarapan berasal dari hewan ayam. Telur ayam yang kita makan biasanya didapatkan dengan cara membeli di warung atau pedagang telur.



Gambar Menu Sarapan dengan Telur

 

Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia.Ketika kita memakan telur ayam saat sarapan, kita mendapatkan energi dari telur ayam tersebut.Lalu, dari manakah ayam mendapatkan energi untuk menghasilkan telur?

 

 


 

 


 

 

 

 

 

 

1. Apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?



2. Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi? Jelaskan!

 


Pilihlah salah satu gambar berikut ini! Buatlah sebuah karangan nonfiksi tentang rantai makanan dengan menggunakan salah satu hewan dalam gambar tersebut! Gunakan kalimatmu sendiri dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.



Berikut adalah daftar kosakata yang dapat kamu gunakan untuk membuat karangan nonfiksi tentang ekosistem.

Paragraf

Pikiran Utama

Informasi Penting

ekosistem laut

abiotik

predator

biotik

habitat

herbivor

konsumen

omnivor

peranan interaksi

karnivor

ekosistem padang rumput

produsen

ekosistem sawah

energi

mangsa


1. Rantai Makanan Di Ekosistem Padang Rumput
Di dalam setiap ekosistem sudah pasti didalamnya juga ada rantai makanan. Rantai makanan adalah sebuah peristiwa makan dan dimakan antara mahkluk hidup dengan urutan tertentu yang terjadi di dalam sebuah ekosistem..

Dalam sebuah rantai makanan ada yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan juga dekompser atau pengurai.Tiap tingkat dari rantai makkaan tersebut dalam sebuah ekosistem disebut dengan tingkat trofik.Pada tingkat trofik pertama disebut sebagai organisme yang mampu menghasilkan zat makakan sendiri, yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof yang sering disebut dengan produsen.



Pada ekosistem padang rumput tumbuhan rumput memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Dengan bantuan sinar matahari rumput mampu memproduksi makanan yang kemudian tersimpan di dalam tubuhnya. Dalam rantai makanan di padang rumput, rumput berperan sebagai produsen.

Konsumen tingkat I pada ekosistem padang rumput merupakan hewan herbivor atau pemakan tumbuhan. Makanan yang dimakan hewan tersebut akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi. Contoh konsumen tingkat I yang ada dalam ekosistem padang rumput adalah belalang.

 

Konsumen tingkat II dalam ekosistem padang rumput merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Jadi, konsumen tingkat I merupakan sumber energi bagi
konsumen tingkat II agar dapat bertahan hidup. Contoh hewan dalam ekosistem padang rumput yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah tikus. Tikus mendapatkan makanannya dengan cara memangsa belalang.

Konsumen tingkat III dalam ekosistem padang rumput adalah ular. Ular merupakan hewan yang makanannya adalah hewan lain karena ular merupakan hewan karnivor. Ular memangsa konsumen tingkat II yaitu tikus.

Konsumen tingkat IV pada ekosistem padang rumput adalah burung elang. Burung elang merupakan hewan pemakan hewan lain karena elang merupakan hewan karnivor. Elang akan memangsa ular-ular yang berada dalam ekosistem padang rumput..
.
Pada saat konsumen tingkat IV di dalam ekosistem padang rumput mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber makanan bagi tumbuhan, seperti rumput.

 

 

Perbandingan Dan Skala 

Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana.

Skala adalah perbandingan antara jarak pada gambar dengan jarak yang sebenarnya. 



Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
Rumus Skala


Contoh Soal Dan Pembahasan

1. Perbandingan sederhana dari 250 m : 2 km adalah...

Penyelesaian :

Samakan satuan dari nilai yang dibandingkan ke satuan yang lebih kecil yaitu m lalu sederhanakan dengan membagi angka yang sama.
⇒ 250 m : 2.000 m
⇒ 250  : 2.000  (kedua nilai dibagi 250)
⇒ 1 : 8

2. Perbandingan sederhana dari 3½ : 2¼

Penyelesaian :

Ubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kali kedua nilai dengan KPK penyebut.
⇒ ⁷/₂ : ⁹/₄
⇒ ( ⁷/₂ x 4) : (⁹/₄ x 4)
⇒ 14 : 9

3. Jika perbandingan nilai A dan B adalah 2:5 dan perbandingan nilai B dan C adalah 3:4 maka tentukanlah nilai perbandingan A, B dan C!

Penyelesaian :

Karena dari kedua perbandingan sama-sama ada B, maka samakan B dengan mengali silang maka akan didapat nilai A:B:C

⇒  A : B=2 : 5 (kalikan dengan angka 3)
     B : C=3 : 4 (kalikan dengan angka 5)  
⇒  A : B=6 :15
     B : C=15 : 20
⇒ A : B : C=6 : 15 : 20

4. Perbandingan umur Annisa dan Fatmah adalah 3 : 4. Jika umur Fatmah adalah 16 tahun, maka berapakah umur Annisa?

Penyelesaian :
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
Gambar Soal Nomer 4

⇒ Umur Annisa=¾ x 16⇒ 12 tahun

5. Perbandingan kelereng Faldi dan kelereng Andi adalah 5 : 7. Jika jumlah kelereng mereka adalah 60 buah, berapakah banyak kelereng Andi?

Penyelesaian :

Karena yang diketahui adalah jumlah kelereng Faldi dan Andi maka angka pembanding yang diketahui juga jumlah angka pembandingnya yaitu 5+7.

⇒ Kelereng Andi= 7   x 60
                                 5+7
⇒ Kelereng Andi= 7  x 60
                                 12
⇒ Kelereng Andi=35 buah

6. Perbandingan banyak siswa laki-laki dan perempuan pada suatu sekolah adalah 5 : 6. Jika jumlah semua dalam suatu sekolah 440 siswa. Jumlah siswa perempuan....

Penyelesaian :

Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan 5 : 6, dijumlahkan menjadi 11. Jumlah seluruh siswa 440.

⇒ Siswa perempuan=   6   x 440 
                                          5+6
⇒ Siswa perempuan= 6  x 440
                                          11
⇒ Siswa perempuan=240 siswa


7. Jarak rumah Wawan ke sekolah 600 m. Jarak rumah Nino ke sekolah dalam sebuah denah digambar 12 cm. Skala denah tersebut adalah ...

Penyelesaian :
Karena satuan yang biasanya digunakan pada skala adalah cm, ubah jarak sebenarnya ke cm terlebih dahulu (m ke cm turun 2 tangga)=600 x 100=60.000 cm.


⇒ Skala= Jarak pada peta    


                  Jarak sebenarnya  
⇒ Skala=    12 cm    (sederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan 12)
                   60.000 cm
⇒ Skala yang digunakan adalah 1 : 5.000

8. Jarak antara kota A dan b adalah 85 km. Apabila kedua kota tersebut digambar pada peta berskala 1 : 1.700.000, maka jarak kota A dan B pada peta adalah.....cm.

Penyelesaian :
Ubah jarak sebenarnya menjadi cm yaitu 85 km=8.500.000 cm.
Tulis skala dalam bentuk pecahan yaitu        1        
                                                                    1.700.000
⇒ Jarak peta=Skala  x  Jarak sebenarnya
⇒ Jarak peta=        1         x  8.500.000
                                    1.700.000
⇒ Jarak peta=5 cm

9. Pada suatu peta yang menggunakan skala 1:400.000 jarak dua buah kota adalah 8cm. Berapakah jarak sebenarnya dari kedua kota tersebut?

Penyelesaian : 
⇒ Jarak sebenarnya=Jarak peta
                                         skala
⇒ Jarak sebenarnya=     8 cm     (ubah ke bentuk perkalian)
                                       1:400.000
⇒ Jarak sebenarnya=8 cm x 400.000
                                                          1
⇒ Jarak sebenarnya=3.200.000 cm (ubah satuan menjadi km) 
⇒ Jarak sebenarnya=32 km


10. Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dibuat gambar model dengan panjang 16cm dan lebar 10cm. Jika skala gambar adalah 1:500, maka luas tanah sebenarnya adalah.... m²

Penyelesaian :
Terlebih dahulu hitunglah masing-masing panjang sebenarnya dan lebar sebenarnya. Ubah ke satuan m lalu hitung luas menggunakan rumus luas persegi panjang.

⇒ Panjang sebenarnya=panjang gambar
                                                 skala
⇒ Panjang sebenarnya= 16 cm 
                                               1:500
⇒ Panjang sebenarnya=16 cm x 500=8.000 cm=80 m


⇒ Lebar sebenarnya= panjang gambar
                                             skala
⇒ Lebar sebenarnya=  10 cm 
                                         1:500
⇒ Lebar sebenarnya=10 cm x 500=5.000 cm=50 m


⇒ Luas sebenarnya=panjang x lebar
⇒ Luas sebenarnya=80 m x 50 m=4.000 m²

LATIHAN LIHAT BUKU BUKU CETAK MATEMATIKA  KERJAKAN 

HAL.89. A sampai F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar