Selasa, 22 Oktober 2019

Tema 4(Sub.Tema 1)Pembelajaran 3

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 4(Sub.Tema 1)
Pembelajaran :  3
Hari/Tanggal :Rabu ,    23       Oktober  2019

Bahasa Indonesia

Memiliki Tubuh Sehat

Kamu wajib menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat membuatmu dapat belajar dan
bermain. Tubuh yang sehat juga membuatmu dapat berjalan dan bekerja. Tubuh yang sehat
membuatmu dapat bergerak aktif dan gesit. Setiap anak berhak memiliki tubuh yang sehat. Namun, ada juga anak yang mudah sakit. Tubuh anak yang sakit menjadi lemah sehingga
susah bergerak. Mereka seharusnya menjaga tubuhnya agar selalu sehat. Menjaga tubuh tetap sehat merupakan kewajiban kita semua. Apa yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat?
Pertama, makan makanan tyang bergizi dan makan dengan teratur.
Kedua, istirahat yang cukup.
Ketiga, rajinlah berolahraga.
Keempat, minum
air putih baik untuk tubuh.
Contoh menjaga kesehatan tubuh dengan langkah berikut:
 1. Makan Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan vitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sayuran hijau tersebut antara lain sawi, brokoli, dan kembang kol.

2. Jaga Kebersihan
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar merupakan cara menjaga kesehatan. Mandilah setiap hari, cuci tangan sebelum makan, dan setelah makan. Selain itu, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin. Ajari anak untuk melakukan ini agar tubuhnya terlindungi dari penyakit.

3. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin D
Mengonsumsi vitamin D merupakan cara menjaga kesehatan. Vitamin D dapat memperkuat kekebalan tubuh, pertumbuhan tulang menjadi baik, dan menguatkan jantung.
Makanan yang mengandung vitamin D antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Kamu juga boleh mengonsumsi suplemen namun konsultasikan dulu ke dokter.

4. Olahraga
Nah biasanya kamu jarang olahraga kan? Kamu bisa memulainya dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari. Dengan berolahraga, badan kamu bisa menjadi bugar dan sehat.



5. Minum Teh Hijau
Minum teh hijau merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Teh hijau dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Istirahat Cukup
Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yakni tidur 8 jam setiap hari. Kalau tidur kurang dari 8 jam, makan tubuh akan menjadi tidak segar dan akan mengalami flu.

7. Kelola Stres
Kamu harus pandai-pandai mengelola stres. Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan kamu akan terserang penyakit.Stres dapat memperlambat respons kekebalan tubuh. Salah satu cara menghilangkan stres yakni dengan latihan yoga.

8. Bersosialisasi
Bersosialisasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai kamu merasa kesepian karena akan meningkatkan stres.

9. Konsumsi Probiotik
Salah satu cara menjaga kesehatan yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Makanan yang mengandung probiotik antara lain tempe dan yoghurt.

10. Hindari Alkohol dan Rokok
Minum alkohol dapat merusak komponen penting dari sistem kekebalan tubuh atau sel dendritik. Minum alkohol dapat menimbulkan masalah ginjal, hati, hingga kanker. Selain alkohol, rokok dapat memicu penyakit pernapasan, kardiovakular, hingga kanker.

Siswa menuliskan menu sarapan dirumah masing-masing

Matematika

Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen
terakhir, ayah Dayu memanen 1.000, 1.200, 1.300, 1.500, dan 2.000 buah kentang.
Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar.

Tuliskan berapa kemungkinan kentang yang dijual dan yang disisihkan untuk di rumah!
Banyak Kentang yang Dijual Banyak Kentang untuk Di rumah  Jumlah Kentang
...     + ... = 1.000
...     + ... = 1.200
...     + ... = 1.300
...     + ... = 1.500
...     + ... = 2.000



Tidak ada komentar:

Posting Komentar