Rabu, 23 Oktober 2019

Tema 4(Sub.Tema 1)Pembelajaran 4

MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TEMA 4(Sub.Tema 1)
Pembelajaran :  4
Hari/Tanggal :Kamis ,    24       Oktober  2019

Bahasa Indonesia

Kewajiban terhadap makanan :
-Menghargai makanan
-tidak mubazir
-menghemat persediaan makanan
-menerima makanan apa yang tersedia
-tidak pilih pilih makanan

Hak:
-mendapatkan makanan yang bergizi
-mendapatkan tempat makan yang layak
-diberikan makanan secara teratur
-kebebasan pilih makanan
-memakan makanan yang masih baik atau tidak basi

Siswa mengerjakan latihan halaman 28 tentang kewajiban dan hak terhadap makanan

PKN

Mengapa beristirahat itu penting?

 Mengurangi Tingkat Stres
Saat bekerja, tentu banyak hal yang dapat memicu timbulnya stres. Entah itu tugas yang cukup menumpuk atau banyaknya kesulitan yang dihadapi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tidur siang dapat membantu kamu untuk mengatasi rasa stres yang dialami. Kamu bisa melupakan sejenak segala hal yang mengganggu pikiran dan merasa segar kembali setelah bangun
Ketika kurang tidur, tidur siang dapat menjadi solusi untuk mengendalikan hormon stres pada tubuhmu. Dengan begitu, kamu dapat menghindari kecemasan dan depresi.

2. Meningkatkan Performa dalam Bekerja
Bagi yang telah mencoba tidur siang di sela-sela bekerja, produktivitasnya meningkat dan mereka merasa bahwa tingkat produktivitasnya menjadi lebih baik setelah tidur siang. Tidur siang memang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasimu dan membuatmu lebih siaga. Dampak positifnya tentu kamu bisa mengurangi kesalahan yang dilakukan saat bekerja karena tidak mudah terdistraksi.
Manfaat tidur siang ini juga telah dibuktikan oleh NASA. Dari penelitian yang dilakukan kepada pilotnya, ditemukan bahwa pilot yang diizinkan tidur siang selama 25 menit setiap harinya menunjukkan peningkatan dalam kinerja dan kewaspadaannya.

3. Membantu Daya Ingat
Kamu sering kelupaan sesuatu? Sangat mungkin penyebab memori kamu menurun karena kurangnya jam istirahat untuk otak. Salah satu manfaat dari tidur siang adalah meningkatkan daya ingatmu. Selain itu, tidur siang dapat membantumu untuk menyerap informasi yang diterima dengan lebih cepat.
Para peneliti juga menemukan bahwa tidur siang dengan waktu yang singkat, sekitar 6-10 menit, dapat meningkatkan kemampuan belajar tidak peduli berapapun umur kamu.

4. Meningkatkan Kreativitas
Manfaat tidur siang yang satu ini sudah diketahui sejak lama, lho. Pelukis Salvador Dali yang terkenal dengan karya surealisnya juga menggunakan teknik tidur siang untuk menghasilkan ide-ide kreatifnya sehingga tetap produktif menghasilnya karya. Hal ini dikarenakan tidur siang dapat meningkatkan aktivitas otak kananmu. Seperti yang kita ketahui, otak kanan berperan besar dalam proses kreativitas dan imajinasi. Saat tidur, otak kananmu sebenarnya sedang sibuk bekerja.
5. Menjaga Kesehatan Tubuh
Tak hanya otak, tidur siang juga sangat baik untuk tubuh karena dapat menjaga kebugaran tubuhmu. Tidur siang terbukti baik untuk jantung karena mampu menurunkan tekanan darahmu. Apalagi untuk kamu yang bekerja seharian di depan layar komputer, manfaat tidur siang bertambah dengan mengistirahatkan mata kamu agar tidak kelelahan.
6. Meningkatkan Mood Positif
Pernah, dong, merasa jadi pemarah atau bahkan lesu dan tidak semangat mengerjakan apa pun saat mengantuk dan kurang tidur? Nah, salah satu manfaat tidur siang adalah menghindarkan kamu dari suasana hati yang negatif. Ketika kamu sulit untuk bangun di pagi dan tidur lagi selama beberapa menit setelah mematikan alarm, tubuh melepaskan dua hormon, yang satu untuk membangunkanmu dan yang satunya lagi untuk mengantarmu tidur kembali. Kedua hormon tersebut, serotonin dan dopamine, kemudian mengirimkan sinyal yang bertentangan. Hasilnya, kamu akan tetap mengantuk dan emosi menjadi kurang stabil. Nah, daripada tidur lagi beberapa menit setelah bangun, lebih baik alokasikan waktu tersebut untuk tidur siang. Tetap dengan waktu yang singkat, tapi tubuhmu bisa melepaskan hormon yang dapat menurunkan mood dan energimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar