Rabu, 29 September 2021

PJJ KAMIS 30 SEPT 21 KLS

 

Kamis,30 September 2021

 

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan             : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester                 :  5 /1

Tema                                     :  Sehat Itu Penting (Tema 4) 

Sub Tema                             :  Peredaran Darahku Sehat (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  PPKN (3.2, 4.2), IPS (3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (3.6,4.6)

Pembelajaran ke                 :  4

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN

1.     Dengan kegiatan menyimpulkan isi teks tentang tanggung jawab anggota kelompok dalam melaksanakan tugas, siswa dapat menjelaskan makna  tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

2.     Dengan kegiatan membaca dan mengamati gambar aktivitas masyarakat, siswa dapat membuat laporan hasil observasi dilingkungan sekitar tentang upaya pembangunan sosial budaya.

3.     Dengan kegiatan membaca contoh pantun, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pantun dan dengan menulis pengertian pantun, siswa dapat membuat pantun dan menunjukkan unsur-unsur pantun.

 

 

Pembelajaran 4

 

Setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Tanggung jawab setiap anggota kelompok dalam melaksanakan tugas yaitu:

 

1. Melakukan tugas sesuai kewajibannya.
2. Mengerjakan tugas dengan semangat.
3. Menyelesaikan yang telah diberikan.
4. Membantu teman yang mengalami kesulitan.

Tugas kelompok telah diselesaikan dengan cepat oleh Siti dan temantemannya. Lani, Beni, dan Udin ditunjuk untuk mewakili kelompoknya membacakan pantun yang telah dibuat. Lani bertugas membaca pantun kanak-kanak.

Pantun kanak-kanaknya sebagai berikut.

Jalan-jalan ke Kota Blitar
Jangan lupa membeli sukun
Kalau ingin menjadi pintar
Kamu harus belajar dengan tekun

 

Beni bertugas membacakan pantun muda. Pantun mudanya sebagai berikut.

Padi kering karna dijemur
Masukkan karung diikat tali
Jika kamu berbudi luhur
Tentu tahu membalas budi

 

Pantun diatas adalah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Semuanya hasil kerja kelompok Siti. Semua pantun dibuat empat baris. Dua baris dalam setiap bait pantun di atas merupakan sampiran. Dua baris berikutnya merupakan isi pantun. Ingatkah kamu pengertian pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua?

1.    Pantun kanak-kanak yaitu pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak-kanak yang mana pantun ini menggambarkan makna suka cita maupun duka cita.

2.    Pantun muda yaitu pantun mengenai kehidupan masa muda yang berisi atau bermakna perkenalan, hubungan asmara dan rumah tangga, perasaan (kasih sayang, iba, iri), dan nasib.

3.    Pantun tua yaitu pantun mengenai orang tua, budaya, agama, dan nasihat.

Pantun merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat. Nasihat bagi individu maupun kelompok

 

 

Ayo Menulis!

 


Ayo Menulis!
Bagaimana sikapmu ketika ada seseorang yang menanyakan alamat rumah Pak RW

 di kampungmu ?

·         Menjawab dengan ramah dan menunjukkan letak rumah pak RW. Apabila orang yang bertanya belum paham, kita dapat mengantarkannya menuju rumah pak RW.

 

 

Sebelumnya simak video berikut!

https://www.youtube.com/watch?v=U9TSEQherk4

    

Tugas hari ini 


Buatlah 2 contoh pantun dengan pilihan 


A. Pantun nasihat


B. Pantun kanak2


C. Pantun jenaka


Setelah selesai membuat bawakan pantun dalam bentuk video ya dan kirimkn ke pak guru. Tetap semangat hari ini ya. Jangan lupa kolasekan foto kegiatan belajarmu hari ini. Dan kirimkan melalaui wa guru kelas

Selasa, 28 September 2021

PJJ RABU,29 SEPTB21 KLS 5 C

 PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan             : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester                 :  5 /1

Tema                                     :  Sehat Itu Penting (Tema 4) 

Sub Tema                             :  Peredaran Darahku Sehat (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  PPKN (3.2, 4.2), IPS (3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (3.6, 4.6)

Pembelajaran ke                 :  3

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN

1.     Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan pengertian hak, kewajiban, dan tanggung jawab secara tepat. Kemudian, dengan mengamati pelaksanaan rapat dilingkungan sekitar,siswa dapat membuat laporan tentang pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab warga.

2.     Dengan kegiatan mengamati           lingkungan sekitar, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas masyarakat dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya dan membuat laporan hasil observasi tentang aktivitas masyarkat sekitar dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya secara tepat.

3.     Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun nasihat dapat menjelaskan makna pantun, bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri pantun dan membuat pantun yang mengandung nasihat dan menuliskan maknanya secara tepat.

 

Pembelajaran 3

 

Kerja bakti membersihkan lingkungan merupakan upaya menciptakan lingkungan sehat. Dengan lingkungan sehat, warganya pun hidup sehat. Semua warga harus mengikuti kerja bakti. Karena kerja bakti merupakan kewajiban sekaligus tanggung jawab setiap warga masyarakat. Sebagai warga masyarakat, kita juga berhak untuk hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. Apakah yang dimaksud kewajiban, hak, dan tanggung jawab? 

Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. 

Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. 

Tanggung jawab berarti tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

 

Kerja bakti yang dilakukan sekelompok warga masyarakat merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan. Apa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah akibat dari interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah interaksi sosial dapat menimbulkan persatuan dan juga perpecahan? Untuk memahami hal ini, perhatikan gambar berikut.

 


 

Manusia hidup dalam lingkungan tertentu. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup.

Ayo Menulis!
Coba kamu cari contoh lain bentuk interaksi sosial. Kamu dapat mencari dari buku, internet, atau sumber lain. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

1. Contoh interaksi antarindividu

·         Seorang siswa bertanya kepada gurunya tentang materi pembelajaran.

·         Seorang anak menolong temannya yang jatuh.

·         Seorang anak menyapa teman saat bertemu di jalan.

2. Contoh interaksi antara individu dan kelompok

·         Orang berpidato di depan khalayak pada suatu acara.

·         Presiden dengan rakyatnya.

·         Ketua kelompok dengan anggotanya saat berdiskusi.

3. Contoh interaksi antarkelompok

·         Pertandingan basket antarsekolah.

·         Suatu kelompok melakukan presentasi di depan kelompok lain saat pembelajaran di kelas.

Interaksi sosial tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu.

1.    interaksi yang mengarah ke persatuan,

2.    interaksi yang mengarah ke perpecahan.

 

Untuk memahami kedua interaksi tersebut, ayo lakukan kegiatan berikut.

 

Sebelumnya simak video berikut

https://www.youtube.com/watch?v=q3HGAeehio8

 

Matematika

 Belajar Debit dengan Otak Kanan

Salah satu perbedaan fungsi otak kiri dan kanan adalah bentuk pemikiran otak kiri dituangkan dalam kata-kata, sementara pemikiran otak kanan berupa gambar(visual). Kelebihan belajar dengan metode otak kanan adalah membantu mengingat dan menghafal dengan cepat salah satunya menghafal rumus debit air.

Sebelum masuk materi debit, ajak adik kalian berlatih mengubah satuan jarak, volume dan waktu seperti di bawah ini.

Sebaiknya kita juga mempelajari ini dulu ya...
Menghafal tangga satuan jarak

 

Untuk menghafalkan tangga satuan jarak, bisa diajarkan dengan menyanyikannya menggunakan lirik lagu anak-anak (Makan apa, makan apa, makan apa sekarang). Syair lagu diganti kilometer, hektometer, dekameter, meter ... desimeter, centimeter, milimeter. Selesai. Dengan menyanyikannya, dijamin anak-anak cepat hafal. Sudah terbukti.

Karena ini materi tentang debit, maka setiap tangga harus dipahami bernilai 1000 tiap tingkatnya. Jika naik tangga maka dibagi 1000, jika turun tangga maka dikali 1000. Pada satuan volume terdapat tanda kubik (pangkat 3).

Terangkan pula bahwa satuan volume adalah liter, dm3, ml , cm3, cc.

Konversi satuan volume

 

Konversi satuan waktu

 

Setelah menghafal satuan jarak, memahami konversi satuan volume dan waktu, kita akan menemukan jawaban dari latihan soal di atas dengan mudah.

    1 m3 = 1x1000.000=1000.000 cm3                             

    100 dm3 = 100x1000=100.000 cm3                         

    1 liter = 1 dm3                         

    1 m3/jam = 1x1000=1000 dm3/jam                

    1 menit = 1x60 = 60 detik

    1  jam = 1x60=60 menit

    180 detik = 180 : 60=3 menit

    3 liter/jam = 3x1000=3000 : 60= 50 cm3/menit

Saatnya menghitung debit
Bila adik-adik sudah mampu mengubah satuan volume dan waktu seperti contoh di atas, maka kita dapat melanjutkan dan masuk pada materi utama, yaitu debit.

Rumus debit adalah :


Debit  =  Volume : Waktu
Segitiga ini bisa membantu anak-anak untuk mencari volume atau waktu. Anak cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan dari soal debit. Sehingga anak akan tahu tanpa menghafal, bahwa :
Debit = Volume : Waktu,
Waktu = Volume : Debit 
Volume = Debit x Waktu.

Ada juga yang menghafal rumus dengan mengganti huruf V, D, W dengan Isi DeWe. Isi (volume), De (debit), We (waktu) yang dalam bahasa Jawa, isi dewe = isi sendiri. Atau juga dengan menggunakan istilah Vokalis DeWa (Vokalis=volume, De=debit, Wa=waktu).

Contoh soal :
1. Menentukan Debit


Seorang petugas pom bensin sedang mengisikan bensin ke tangki sebuah mobil. Sebanyak 36 liter bensin diisikan dalam waktu 2 menit. Berapa liter/menit debit aliran bensin tersebut ?

Diketahui :
Volume = 36 liter
Waktu = 2 menit
Ditanyakan debit ?
Jawab :
Debit = Volume : waktu
         = 36 liter : 2 menit
         = 18 liter/menit
Jadi, debit aliran bensin adalah 18 liter/menit.

2. Menentukan Waktu


Jika debit air 10 m3 /menit, maka untuk memenuhi kolam 160.000 liter. Berapa menit waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam tersebut ?

Diketahui :
Debit = 10 m3 /menit
Volume =  160.000 liter = 160.000 d m3 = 160 m3
Ditanyakan waktu ?
Jawab :
Waktu = Volume : Debit
           = 160 : 10
           = 16
Jadi, waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam adalah 16 menit.

3. Menentukan Volume


Suatu hari, debit air sungai Brantas 140 mm3/menit. Berapa cm3 volume air yang mengalir selama 8 jam ?

Diketahui :
Debit =  140 mm3/menit = 0,140 cm3/menit
Waktu = 8 jam = 480 menit
Ditanyakan Volume ?
Jawab :
Volume = Debit x Waktu
            = 0,140 cm3/menit x 480 menit
            = 67,2 cm3
Jadi volume air yang mengalir selama 8 jam adalah 67,2 cm3.

LATIHAN TUGAS !

1.     1.   Dalam sebuah bak mandi terdapat 9.000 liter air. Karena akan dibersihkan, bak dapat dikosongkan dalam waktu 15 menit. Debit air tersebut adalah . . . .liter/menit.

2.  2.  Seorang petugas pom bensin sedang mengisikan bensin ke tangki sebuah mobil. Sebanyak 24  liter bensin diisikan dalam waktu 4 menit. Berapa liter/menit debit aliran bensin tersebut ?

3.       3. Jika debit air 40 m3 /menit, maka untuk memenuhi kolam 360.000 liter. Berapa menit waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam tersebut ? 

             4.  Suatu hari, debit air sungai Brantas 16.000 mm3/menit. Berapa cm3 volume air yang mengalir selama 2 menit ?