PEMBELAJARAN JARAK JAUH
JENIS DARING KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Sehat Itu Penting (Tema 4)
Sub Tema : Peredaran Darahku Sehat (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPKN (3.2, 4.2), IPS (3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (3.6, 4.6)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan pengertian hak, kewajiban, dan tanggung jawab secara tepat. Kemudian, dengan mengamati pelaksanaan rapat dilingkungan sekitar,siswa dapat membuat laporan tentang pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab warga.
2. Dengan kegiatan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas masyarakat dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya dan membuat laporan hasil observasi tentang aktivitas masyarkat sekitar dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial budaya secara tepat.
3. Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun nasihat dapat menjelaskan makna pantun, bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri pantun dan membuat pantun yang mengandung nasihat dan menuliskan maknanya secara tepat.
Pembelajaran 3
Kerja bakti membersihkan lingkungan merupakan upaya menciptakan lingkungan sehat. Dengan lingkungan sehat, warganya pun hidup sehat. Semua warga harus mengikuti kerja bakti. Karena kerja bakti merupakan kewajiban sekaligus tanggung jawab setiap warga masyarakat. Sebagai warga masyarakat, kita juga berhak untuk hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. Apakah yang dimaksud kewajiban, hak, dan tanggung jawab?
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan.
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.
Tanggung jawab berarti tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan.
Kerja bakti yang dilakukan sekelompok warga masyarakat merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan. Apa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah akibat dari interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah interaksi sosial dapat menimbulkan persatuan dan juga perpecahan? Untuk memahami hal ini, perhatikan gambar berikut.
Manusia hidup dalam lingkungan tertentu. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup.
Ayo Menulis!
Coba kamu cari contoh lain bentuk interaksi sosial. Kamu dapat mencari dari buku, internet, atau sumber lain. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
1. Contoh interaksi antarindividu
· Seorang siswa bertanya kepada gurunya tentang materi pembelajaran.
· Seorang anak menolong temannya yang jatuh.
· Seorang anak menyapa teman saat bertemu di jalan.
2. Contoh interaksi antara individu dan kelompok
· Orang berpidato di depan khalayak pada suatu acara.
· Presiden dengan rakyatnya.
· Ketua kelompok dengan anggotanya saat berdiskusi.
3. Contoh interaksi antarkelompok
· Pertandingan basket antarsekolah.
· Suatu kelompok melakukan presentasi di depan kelompok lain saat pembelajaran di kelas.
Interaksi sosial tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu.
1. interaksi yang mengarah ke persatuan,
2. interaksi yang mengarah ke perpecahan.
Untuk memahami kedua interaksi tersebut, ayo lakukan kegiatan berikut.
Sebelumnya simak video berikut
https://www.youtube.com/watch?v=q3HGAeehio8
Matematika
Belajar Debit dengan Otak Kanan
Salah satu perbedaan fungsi otak kiri dan kanan adalah bentuk pemikiran otak kiri dituangkan dalam kata-kata, sementara pemikiran otak kanan berupa gambar(visual). Kelebihan belajar dengan metode otak kanan adalah membantu mengingat dan menghafal dengan cepat salah satunya menghafal rumus debit air.
Sebelum masuk materi debit, ajak adik kalian berlatih mengubah satuan jarak, volume dan waktu seperti di bawah ini.
Sebaiknya kita juga mempelajari ini dulu ya...
Menghafal tangga satuan jarak
Untuk menghafalkan tangga satuan jarak, bisa diajarkan dengan menyanyikannya menggunakan lirik lagu anak-anak (Makan apa, makan apa, makan apa sekarang). Syair lagu diganti kilometer, hektometer, dekameter, meter ... desimeter, centimeter, milimeter. Selesai. Dengan menyanyikannya, dijamin anak-anak cepat hafal. Sudah terbukti.
Karena ini materi tentang debit, maka setiap tangga harus dipahami bernilai 1000 tiap tingkatnya. Jika naik tangga maka dibagi 1000, jika turun tangga maka dikali 1000. Pada satuan volume terdapat tanda kubik (pangkat 3).
Terangkan pula bahwa satuan volume adalah liter, dm3, ml , cm3, cc.
Konversi satuan volume
Konversi satuan waktu
Setelah menghafal satuan jarak, memahami konversi satuan volume dan waktu, kita akan menemukan jawaban dari latihan soal di atas dengan mudah.
1 m3 = 1x1000.000=1000.000 cm3
100 dm3 = 100x1000=100.000 cm3
1 liter = 1 dm3
1 m3/jam = 1x1000=1000 dm3/jam
1 menit = 1x60 = 60 detik
1 jam = 1x60=60 menit
180 detik = 180 : 60=3 menit
3 liter/jam = 3x1000=3000 : 60= 50 cm3/menit
Saatnya menghitung debit
Bila adik-adik sudah mampu mengubah satuan volume dan waktu seperti contoh di atas, maka kita dapat melanjutkan dan masuk pada materi utama, yaitu debit.
Rumus debit adalah :
Debit = Volume : Waktu
Segitiga ini bisa membantu anak-anak untuk mencari volume atau waktu. Anak cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan dari soal debit. Sehingga anak akan tahu tanpa menghafal, bahwa :
Debit = Volume : Waktu,
Waktu = Volume : Debit
Volume = Debit x Waktu.
Ada juga yang menghafal rumus dengan mengganti huruf V, D, W dengan Isi DeWe. Isi (volume), De (debit), We (waktu) yang dalam bahasa Jawa, isi dewe = isi sendiri. Atau juga dengan menggunakan istilah Vokalis DeWa (Vokalis=volume, De=debit, Wa=waktu).
Contoh soal :
1. Menentukan Debit
Seorang petugas pom bensin sedang mengisikan bensin ke tangki sebuah mobil. Sebanyak 36 liter bensin diisikan dalam waktu 2 menit. Berapa liter/menit debit aliran bensin tersebut ?
Diketahui :
Volume = 36 liter
Waktu = 2 menit
Ditanyakan debit ?
Jawab :
Debit = Volume : waktu
= 36 liter : 2 menit
= 18 liter/menit
Jadi, debit aliran bensin adalah 18 liter/menit.
2. Menentukan Waktu
Jika debit air 10 m3 /menit, maka untuk memenuhi kolam 160.000 liter. Berapa menit waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam tersebut ?
Diketahui :
Debit = 10 m3 /menit
Volume = 160.000 liter = 160.000 d m3 = 160 m3
Ditanyakan waktu ?
Jawab :
Waktu = Volume : Debit
= 160 : 10
= 16
Jadi, waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam adalah 16 menit.
3. Menentukan Volume
Suatu hari, debit air sungai Brantas 140 mm3/menit. Berapa cm3 volume air yang mengalir selama 8 jam ?
Diketahui :
Debit = 140 mm3/menit = 0,140 cm3/menit
Waktu = 8 jam = 480 menit
Ditanyakan Volume ?
Jawab :
Volume = Debit x Waktu
= 0,140 cm3/menit x 480 menit
= 67,2 cm3
Jadi volume air yang mengalir selama 8 jam adalah 67,2 cm3.
LATIHAN TUGAS !
1. 1. Dalam sebuah bak mandi terdapat 9.000 liter air. Karena akan dibersihkan, bak dapat dikosongkan dalam waktu 15 menit. Debit air tersebut adalah . . . .liter/menit.
2. 2. Seorang petugas pom bensin sedang mengisikan bensin ke tangki sebuah mobil. Sebanyak 24 liter bensin diisikan dalam waktu 4 menit. Berapa liter/menit debit aliran bensin tersebut ?
3. 3. Jika debit air 40 m3 /menit, maka untuk memenuhi kolam 360.000 liter. Berapa menit waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam tersebut ?
4. Suatu hari, debit air sungai Brantas 16.000 mm3/menit. Berapa cm3 volume air yang mengalir selama 2 menit ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar