MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran : 3
Hari/Tanggal :Rabu , September 2019
Bahasa Indonesia
Kertas di Sekitar Kita
Benda terbuat dari kertas Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas. Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga
menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp
yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.
Cobalah kamu menulis di atas kaca. Apakah hasil tulisanmu di atas kaca seperti di kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat dibaca dengan jelas. Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?
Siswa berdiskusi tentang bagaimana cara menghemat kertas
Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kosakata hal.26
Kertas dapat digunakan untuk menulis. Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? Ternyata, tidak dapat. Mengapa?Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang.
Matematika
Jenis alat ukur:
Alat ukur Panjang. Berfungsi untuk mengukur satuan Panjang, alat yang digunakan adalah roll meter, penggaris, jangka sorong, mikrometer sekrup, welding gauge (untuk dimensi pengelasan).
Alat ukur temperatur. Digunakan untuk mengukur besar kecil suhu ruangan, untuk alat yang digunakan berupa termometer (termogun, termometer resistensi, termometer digital, bimetal dan yang lainnya).
Alat Ukur Waktu. Untuk mengukur satuan waktu, alat yang digunakan bisa berupa jam dan stopwatch.
Alat ukur massa. Untuk mengetahui massa suatu benda kita dapat menggunakan neraca atau timbangan dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan. Untuk hasil yang lebih rincih kita dapat menggunakan neraca digital, sedangkan untuk yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi kita dapat menggunakan neraca tipe lengan gantung, sama lengan, pegas dan ohaus.
1. Roll meter atau meteran.
Roll meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur satuan Panjang, bahannya terbuat dari material yang lentur atau dapat digulung, biasanya bahannya terbuat dari seng, kain atau benang. Tipe roll meter ini bervariasi, ada yang 5 meter, 10 meter hingga 20 meter, semua tipe tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan.
2. Penggaris.
Penggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur satuan Panjang dan juga digunakan untuk membuat sebuah garis. Fungsi penggaris ini hampir sama dengan roll meter, yang membedakan roll meter tidak dapat digunakan untuk menggaris dan penggaris ukurannya lebih pendek. Ukuran penggaris yang umum di pasaran adalah 20 cm, 30 cm, 40 cm, 50 cm dan 100 cm, jenis material yang digunakan adalah baja yang sudah dilapisi atau dicat, baja tahan karat atau stainless steel, plastik dan kayu.
Siswa mengukur engan berbagai jenis alat ukur di hal.30
Siswa mengukur tinggi badan masing-masing teman dikelas
Selasa, 10 September 2019
Senin, 09 September 2019
Tema 3(Sub.Tema 1)Pembelajaran 2
MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran : 2
Hari/Tanggal :Selasa, September 2019
Bahasa Indonesia
Benda Terbuat dari Kayu
Benda terbuat dari berbagai bahan dasar. Mari kita pelajari bahan pembentuk benda. Sebutkan bahan untuk membuat pensil! Pensil terbuat dari kayu. Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari. Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinan. Misalnya, patung dan pigura. Kayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambil bagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbedabeda.
Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusat peng gergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal
melalui sungai. Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah
sesuai keperluan. Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Mengapa? Karena kayu mempunyai banyak keunggul an. Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Kelemahan
benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.
Siswa menjawab pertanyaan dibuku tematik hal.13 dan 14
Siswa menjawab manfaat atau kegunaan nya dan nama benda nya yang terbuat dari kayu
PKN
Musyawarah menurut bahasa berarti “berunding” dan “berembuk”, sedangkan pengertian musyarawarah menurut istilah adalah perundingan bersama antara dua orang atau lebih untuk mendapatkan keputusan yang terbaik. Musyawarah adalah pengambilan keputusan bersama yang telah disepakati dalam memecahkan suatu masalah. Cara pengambilan keputusan bersama dibuat jika keputusan tersebut menyangkut kepentingan orang banyak atau masyarakat luas. Terdapat dua cara yang dapat ditempuh dalam pengambilan keputusan bersama, yaitu dengan musyawarah mufakat dan dengan pengambilan suara terbanyak atau yang lebih dikenal dengan istilah voting. Semua peserta musyawarah harus melaksanakan hasil keputusan dengan penuh tanggungjawab. Musyawarah sangat bermanfaat untuk menyatukan pendapat yang berbeda dan keputusan tersebut menjadi suatu hasil keputusan yang adil dan merupakan tanggungjawab bersama.
Siswa bermusyawarah dengan cara berkelompok untuk menjawab pertanyaan yang ada dibuku tematik hal.17
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran : 2
Hari/Tanggal :Selasa, September 2019
Bahasa Indonesia
Benda Terbuat dari Kayu
Benda terbuat dari berbagai bahan dasar. Mari kita pelajari bahan pembentuk benda. Sebutkan bahan untuk membuat pensil! Pensil terbuat dari kayu. Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari. Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinan. Misalnya, patung dan pigura. Kayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambil bagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbedabeda.
Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusat peng gergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal
melalui sungai. Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah
sesuai keperluan. Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Mengapa? Karena kayu mempunyai banyak keunggul an. Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Kelemahan
benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.
Siswa menjawab pertanyaan dibuku tematik hal.13 dan 14
Siswa menjawab manfaat atau kegunaan nya dan nama benda nya yang terbuat dari kayu
PKN
Musyawarah menurut bahasa berarti “berunding” dan “berembuk”, sedangkan pengertian musyarawarah menurut istilah adalah perundingan bersama antara dua orang atau lebih untuk mendapatkan keputusan yang terbaik. Musyawarah adalah pengambilan keputusan bersama yang telah disepakati dalam memecahkan suatu masalah. Cara pengambilan keputusan bersama dibuat jika keputusan tersebut menyangkut kepentingan orang banyak atau masyarakat luas. Terdapat dua cara yang dapat ditempuh dalam pengambilan keputusan bersama, yaitu dengan musyawarah mufakat dan dengan pengambilan suara terbanyak atau yang lebih dikenal dengan istilah voting. Semua peserta musyawarah harus melaksanakan hasil keputusan dengan penuh tanggungjawab. Musyawarah sangat bermanfaat untuk menyatukan pendapat yang berbeda dan keputusan tersebut menjadi suatu hasil keputusan yang adil dan merupakan tanggungjawab bersama.
Siswa bermusyawarah dengan cara berkelompok untuk menjawab pertanyaan yang ada dibuku tematik hal.17
Minggu, 08 September 2019
Tema 3(Sub.Tema 1)Pembelajaran 1
MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran : 1
Hari/Tanggal :Senin, September 2019
Bahasa Indonesia
Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda?
Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Benda-benda mempunyai warna, bentuk, dannukurannya tersendiri. Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
Siswa dapat membedakan antara benda hidup dan benda mati
Matematika
MATERI AJAR KELAS III F
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran : 1
Hari/Tanggal :Senin, September 2019
Bahasa Indonesia
Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda?
Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Benda-benda mempunyai warna, bentuk, dannukurannya tersendiri. Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
Siswa dapat membedakan antara benda hidup dan benda mati
Matematika
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur. Setiap alat ukur mempunyai satuan.
Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
Siswa mengukur benda –benda didalam kelas dengan menggunakan penggaris dan alat ukur lainnya
3.SBDP
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda. Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Selain menggunakan alat musik, kita dapat meng gunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu. Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau puntepukan tangan.
Siswa melakukan permainan menggunakan irama musik ritmis dengan menggunakan tepukan tangan, dapat dilihat di buku tematik hal.9
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur. Setiap alat ukur mempunyai satuan.
Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
Siswa mengukur benda –benda didalam kelas dengan menggunakan penggaris dan alat ukur lainnya
3.SBDP
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda. Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Selain menggunakan alat musik, kita dapat meng gunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu. Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau puntepukan tangan.
Siswa melakukan permainan menggunakan irama musik ritmis dengan menggunakan tepukan tangan, dapat dilihat di buku tematik hal.9
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran : 1
Hari/Tanggal :Senin, September 2019
Bahasa Indonesia
Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda?
Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Benda-benda mempunyai warna, bentuk, dannukurannya tersendiri. Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
Siswa dapat membedakan antara benda hidup dan benda mati
Matematika
MATERI AJAR KELAS III F
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 3(Sub.Tema 1)
Pembelajaran : 1
Hari/Tanggal :Senin, September 2019
Bahasa Indonesia
Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda?
Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Benda-benda mempunyai warna, bentuk, dannukurannya tersendiri. Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
Siswa dapat membedakan antara benda hidup dan benda mati
Matematika
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur. Setiap alat ukur mempunyai satuan.
Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
Siswa mengukur benda –benda didalam kelas dengan menggunakan penggaris dan alat ukur lainnya
3.SBDP
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda. Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Selain menggunakan alat musik, kita dapat meng gunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu. Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau puntepukan tangan.
Siswa melakukan permainan menggunakan irama musik ritmis dengan menggunakan tepukan tangan, dapat dilihat di buku tematik hal.9
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur. Setiap alat ukur mempunyai satuan.
Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
Siswa mengukur benda –benda didalam kelas dengan menggunakan penggaris dan alat ukur lainnya
3.SBDP
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda. Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Selain menggunakan alat musik, kita dapat meng gunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu. Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau puntepukan tangan.
Siswa melakukan permainan menggunakan irama musik ritmis dengan menggunakan tepukan tangan, dapat dilihat di buku tematik hal.9
Kamis, 05 September 2019
Tema 2(Sub.Tema 4)Pembelajaran 5
MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 2(Sub.Tema 4)
Pembelajaran : 5
Hari/Tanggal :Jumat, September 2019
PKN
Menyayangi hewan dengan cara memeliharanya adalah hal yang menyenangkan. Hewan juga bisa dilatih untuk bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berbaris, mengendarai sepeda, dan menari. Kita dapat melihat hewanhewan yang terlatih itu dalam sebuh pertunjukan sirkus. Tidak hanya hewan yang jinak, hewan buas pun dilatih agar bisa ikut pertunjukan. Dalam sebuah kelompok sirkus, hewan-hewan dilatih dan dirawat dengan baik. Selain dilatih, hewan-hewan tersebut juga diberi makanan dan dibersihkan badannya dengan teratur. Para pelatih sangat menyayangi hewan-hewan asuhannya. Dalam pertunjukan sirkus, kita dapat menemukan berbagai orang dengan peran dan tugas yang berbeda-beda. Ada pelatih yang bertugas untuk melatih hewanhewan agar dapat tampil dengan baik. Ada pegawai sirkus yang bertugas untuk menyiapkan tempat pertunjukan. Ada juga pegawai yang bertugas untuk menjual tiket. Pembagian tugas dilakukan untuk mempermudah suatu pekerjaan. Pernahkah kamu berbagi tugas dengan temantemanmu saat mengerjakan tugas di sekolah?
Siswa menuliskan peran setiap anggota sirkus
Untuk dapat menjadi kelompok terbaik, kerja sama yang baik dari setiap anggota kelompok sangat dibutuhkan. Melaksanakan peran masing-masing dengan baik adalah salah satu contoh kerja sama yang baik. Ada banyak peran dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama yang baik dari setiap peran sangat dibutuhkan agar kehidupan berjalan dengan baik.
Ada orang yang berperan sebagai pelajar, tugasnya menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Ada yang berperan sebagai guru, tugasnya mengajarkan ilmu dengan baik. Ada petugas keamanan lingkungan, tugasnya menjaga keamanan lingkungan.
Siswa menuliska tugas dan peran dari masing-masing bidang profesi
Matematika
Pengertian Pecahan Senilai
Berdasarkan hubungan-hubungan di atas, pecahan senilai dapat diperoleh dengan cara membagi pembilang dan penyebut dengan suatu bilangan yang sama yang bukan nol.
Pecahan senilai adalah pecahan yang nilainya tidak akan berubah walaupun pembilang dan penyebutnya dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama yang tidak nol.
Untuk menentukan pecahan yang senilai dengan a/b , b ¹ 0 dapat digunakan hubungan berikut:
Pecahan a/b dengan b ¹ 0 dapat diubah ke dalam bentuk paling sederhana dengan cara membagi pembilang dan penyebut pecahan itu dengan FPB dari a dan b. (FPB = Faktor Persekutuan Besar)
Contoh Soal Pecahan Senilai
Tentukanlah tiga pecahan yang senilai dengan: a. 3/5 b. 8/12
Penyelesaian:
Demikian pembahasan tentang pecahan senilai yang meliputi pengertian pecahan senilai, dan cara menentukan atau memperoleh pecahan senilai.
Bahasa Indonesia
Si Kancil dan Buaya Krukukukuk...krukukuk...krukukuk...terdengar suara dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar, setelah seharian bermain dan akhirnya tertidur di dalam hutan. Si Kancil membayangkan mentimun, makanan kesukaannya. Kebun mentimun tumbuh subur di seberang sungai. Kancil ingin sekali memetik mentimun di kebun itu, namun Kancil kebingungan mencari cara untuk dapat menyeberangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai. Si Kancil pun berpikir dan mencari akal agar dapat menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya.
“Hai Buaya,..keluarlah!” teriak si Kancil.
“Ada apa teriak-teriak, Kancil?” sahut Buaya.
“Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana?” tanya si Kancil.
“Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu aku menyeberang sungai itu” lanjut Kancil.
“Baiklah, tetapi bagaimana kami bisa membantumu?” tanya Buaya.
“Berbarislah kalian sampai ujung sungai itu, biarkan aku berjalan menyeberangi sungai melalui punggung kalian,” kata Kancil.
Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga akhirnya si Kancil sampai di seberang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya
Siswa menuliskan akhir cerita berdasarkan imajinasi masing-masing
Siswa menuliskan nama tokoh dalam cerita
Siswa bermain peran sesuai dengan cerita hasil imajinasi masing-masing kelompok
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 2(Sub.Tema 4)
Pembelajaran : 5
Hari/Tanggal :Jumat, September 2019
PKN
Menyayangi hewan dengan cara memeliharanya adalah hal yang menyenangkan. Hewan juga bisa dilatih untuk bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berbaris, mengendarai sepeda, dan menari. Kita dapat melihat hewanhewan yang terlatih itu dalam sebuh pertunjukan sirkus. Tidak hanya hewan yang jinak, hewan buas pun dilatih agar bisa ikut pertunjukan. Dalam sebuah kelompok sirkus, hewan-hewan dilatih dan dirawat dengan baik. Selain dilatih, hewan-hewan tersebut juga diberi makanan dan dibersihkan badannya dengan teratur. Para pelatih sangat menyayangi hewan-hewan asuhannya. Dalam pertunjukan sirkus, kita dapat menemukan berbagai orang dengan peran dan tugas yang berbeda-beda. Ada pelatih yang bertugas untuk melatih hewanhewan agar dapat tampil dengan baik. Ada pegawai sirkus yang bertugas untuk menyiapkan tempat pertunjukan. Ada juga pegawai yang bertugas untuk menjual tiket. Pembagian tugas dilakukan untuk mempermudah suatu pekerjaan. Pernahkah kamu berbagi tugas dengan temantemanmu saat mengerjakan tugas di sekolah?
Siswa menuliskan peran setiap anggota sirkus
Untuk dapat menjadi kelompok terbaik, kerja sama yang baik dari setiap anggota kelompok sangat dibutuhkan. Melaksanakan peran masing-masing dengan baik adalah salah satu contoh kerja sama yang baik. Ada banyak peran dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama yang baik dari setiap peran sangat dibutuhkan agar kehidupan berjalan dengan baik.
Ada orang yang berperan sebagai pelajar, tugasnya menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Ada yang berperan sebagai guru, tugasnya mengajarkan ilmu dengan baik. Ada petugas keamanan lingkungan, tugasnya menjaga keamanan lingkungan.
Siswa menuliska tugas dan peran dari masing-masing bidang profesi
Matematika
Pengertian Pecahan Senilai
Berdasarkan hubungan-hubungan di atas, pecahan senilai dapat diperoleh dengan cara membagi pembilang dan penyebut dengan suatu bilangan yang sama yang bukan nol.
Pecahan senilai adalah pecahan yang nilainya tidak akan berubah walaupun pembilang dan penyebutnya dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama yang tidak nol.
Untuk menentukan pecahan yang senilai dengan a/b , b ¹ 0 dapat digunakan hubungan berikut:
Pecahan a/b dengan b ¹ 0 dapat diubah ke dalam bentuk paling sederhana dengan cara membagi pembilang dan penyebut pecahan itu dengan FPB dari a dan b. (FPB = Faktor Persekutuan Besar)
Contoh Soal Pecahan Senilai
Tentukanlah tiga pecahan yang senilai dengan: a. 3/5 b. 8/12
Penyelesaian:
Demikian pembahasan tentang pecahan senilai yang meliputi pengertian pecahan senilai, dan cara menentukan atau memperoleh pecahan senilai.
Bahasa Indonesia
Si Kancil dan Buaya Krukukukuk...krukukuk...krukukuk...terdengar suara dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar, setelah seharian bermain dan akhirnya tertidur di dalam hutan. Si Kancil membayangkan mentimun, makanan kesukaannya. Kebun mentimun tumbuh subur di seberang sungai. Kancil ingin sekali memetik mentimun di kebun itu, namun Kancil kebingungan mencari cara untuk dapat menyeberangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai. Si Kancil pun berpikir dan mencari akal agar dapat menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya.
“Hai Buaya,..keluarlah!” teriak si Kancil.
“Ada apa teriak-teriak, Kancil?” sahut Buaya.
“Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana?” tanya si Kancil.
“Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu aku menyeberang sungai itu” lanjut Kancil.
“Baiklah, tetapi bagaimana kami bisa membantumu?” tanya Buaya.
“Berbarislah kalian sampai ujung sungai itu, biarkan aku berjalan menyeberangi sungai melalui punggung kalian,” kata Kancil.
Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga akhirnya si Kancil sampai di seberang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya
Siswa menuliskan akhir cerita berdasarkan imajinasi masing-masing
Siswa menuliskan nama tokoh dalam cerita
Siswa bermain peran sesuai dengan cerita hasil imajinasi masing-masing kelompok
Rabu, 04 September 2019
Tema 2(Sub.Tema 4)Pembelajaran 4
MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 2(Sub.Tema 4)
Pembelajaran : 4
Hari/Tanggal :Kamis, September 2019
Bahasa Indonesia
Siswa membuat cerita bedasarkan gambar yang ada dibuku siswa
PKN
Tahukah kamu apa sebutan untuk orang yang profesinya menangkap ikan? Nelayan adalah panggilan terhadap orang yang bekerja menangkap ikan setiap hari. Mereka biasanya tinggal di daerah pesisir pantai. Nelayan menggunakan jaring untuk menangkap ikan di laut. Lalu menjual hasil tangkapannya kepada pedagang ikan. Menangkap ikan sebaiknya menggunakan jaring agar hanya ikan besar saja yang tertangkap. Orang yang tidak menyanyangi hewan laut, terkadang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak, akan merusak makhluk laut lainnya dan menangkap ikan yang masih kecil. Menangkap ikan sesuai kebutuhan, dan hanya menangkap ikan-ikan besar saja, termasuk sikap menyayangi makhluk hidup laut.
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 2(Sub.Tema 4)
Pembelajaran : 4
Hari/Tanggal :Kamis, September 2019
Bahasa Indonesia
Siswa membuat cerita bedasarkan gambar yang ada dibuku siswa
PKN
Tahukah kamu apa sebutan untuk orang yang profesinya menangkap ikan? Nelayan adalah panggilan terhadap orang yang bekerja menangkap ikan setiap hari. Mereka biasanya tinggal di daerah pesisir pantai. Nelayan menggunakan jaring untuk menangkap ikan di laut. Lalu menjual hasil tangkapannya kepada pedagang ikan. Menangkap ikan sebaiknya menggunakan jaring agar hanya ikan besar saja yang tertangkap. Orang yang tidak menyanyangi hewan laut, terkadang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak, akan merusak makhluk laut lainnya dan menangkap ikan yang masih kecil. Menangkap ikan sesuai kebutuhan, dan hanya menangkap ikan-ikan besar saja, termasuk sikap menyayangi makhluk hidup laut.
Selasa, 03 September 2019
Tema 2(Sub.Tema 4)Pembelajaran 3
MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 2(Sub.Tema 4)
Pembelajaran : 3
Hari/Tanggal :Rabu, September 2019
Bahsa Indonesia
Udin senang memelihara ayam. Udin sangat menyayangi ayam peliharaannya. Setiap hari, Udin selalu memberi makan dan minum. Udin juga rajin membersihkan kandang ayam. Ayam peliharaan Udin bersih dan sehat. Rawatlah hewan peliharaan dengan baik. Tuhan sayang kepada anak yang menyayangi makhluk lainnya. Berikut ini adalah petunjuk merawat anak ayam secara sederhana yang Udin lakukan.
Petunjuk Merawat Anak Ayam
Pilihlah anak ayam yang sehat.
Banyaknya ayam cukup 2 sampai 5 ekor.
Siapkan kandang sederhana menggunakan kardus bekas.
Beri alas jerami atau kertas koran agar kandang mudah dibersihkan.
Simpan kandang ayam buatanmu di tempat yang nyaman dan aman agar tidak terancam oleh binatang lainnya.
Setelah tiga minggu anak ayam akan tumbuh menjadi besar.
Lengkapi kandang buatanmu dengan lampu untuk menghangatkan ruangan dalam kandang.
Minta bantuan orang tua untuk memasangkan lampu.
Nyalakan lampu terus menerus selama tiga minggu agar anak ayam merasa hangat.
Lengkapi kandang dengan tempat makan dan minum yang mudah dijangkau oleh anak ayam.
Gantilah air minum ayam setiap hari.
Beri makan ayam setiap hari dengan makanan dari bijibijian, seperti beras.
Siswa membuat daftar pertanyaan dan jawaban sesuai gambar
Matematika
Siswa menyelesaikan pecahan sesuai gambar
SBDP
Membuat karya dari barang bekas
Membuat Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas Alat dan Bahan Siapkan alat-alat dan bahan berikut.
Kardus bekas
Kapas warna putih atau bulu ayam dari kemoceng (jika ada gunakan kapas berwarna)
Lem kertas
Gunting
Stik es krim/bambu/kayu bekas
Pensil/pulpen/spidol kecil
Cara Membuat
Siapkan kardus bekas.
Buat pola bagian-bagian tubuh anak ayam seperti gambar.
Jiplak pola bagian-bagian gambar pada karton. • Gunting pola-pola bagian tubuh anak ayam.
Tempelkan pada kardus, lalu gunting kardus mengikuti pola yang telah ditempel tadi.
Selanjutnya, tempelkan kedua kardus bagian kaki dan kepala pada tubuh anak ayam. Gambarkan mata dan mulut ayam.
Tempelkan bulu ayam atau kapas pada gambar tubuh anak ayam.
Tempelkan stik atau kayu pada gambar anak ayam.
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 2(Sub.Tema 4)
Pembelajaran : 3
Hari/Tanggal :Rabu, September 2019
Bahsa Indonesia
Udin senang memelihara ayam. Udin sangat menyayangi ayam peliharaannya. Setiap hari, Udin selalu memberi makan dan minum. Udin juga rajin membersihkan kandang ayam. Ayam peliharaan Udin bersih dan sehat. Rawatlah hewan peliharaan dengan baik. Tuhan sayang kepada anak yang menyayangi makhluk lainnya. Berikut ini adalah petunjuk merawat anak ayam secara sederhana yang Udin lakukan.
Petunjuk Merawat Anak Ayam
Pilihlah anak ayam yang sehat.
Banyaknya ayam cukup 2 sampai 5 ekor.
Siapkan kandang sederhana menggunakan kardus bekas.
Beri alas jerami atau kertas koran agar kandang mudah dibersihkan.
Simpan kandang ayam buatanmu di tempat yang nyaman dan aman agar tidak terancam oleh binatang lainnya.
Setelah tiga minggu anak ayam akan tumbuh menjadi besar.
Lengkapi kandang buatanmu dengan lampu untuk menghangatkan ruangan dalam kandang.
Minta bantuan orang tua untuk memasangkan lampu.
Nyalakan lampu terus menerus selama tiga minggu agar anak ayam merasa hangat.
Lengkapi kandang dengan tempat makan dan minum yang mudah dijangkau oleh anak ayam.
Gantilah air minum ayam setiap hari.
Beri makan ayam setiap hari dengan makanan dari bijibijian, seperti beras.
Siswa membuat daftar pertanyaan dan jawaban sesuai gambar
Matematika
Siswa menyelesaikan pecahan sesuai gambar
SBDP
Membuat karya dari barang bekas
Membuat Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas Alat dan Bahan Siapkan alat-alat dan bahan berikut.
Kardus bekas
Kapas warna putih atau bulu ayam dari kemoceng (jika ada gunakan kapas berwarna)
Lem kertas
Gunting
Stik es krim/bambu/kayu bekas
Pensil/pulpen/spidol kecil
Cara Membuat
Siapkan kardus bekas.
Buat pola bagian-bagian tubuh anak ayam seperti gambar.
Jiplak pola bagian-bagian gambar pada karton. • Gunting pola-pola bagian tubuh anak ayam.
Tempelkan pada kardus, lalu gunting kardus mengikuti pola yang telah ditempel tadi.
Selanjutnya, tempelkan kedua kardus bagian kaki dan kepala pada tubuh anak ayam. Gambarkan mata dan mulut ayam.
Tempelkan bulu ayam atau kapas pada gambar tubuh anak ayam.
Tempelkan stik atau kayu pada gambar anak ayam.
Minggu, 01 September 2019
Tema 2(Sub.Tema 4)Pembelajaran 1
MATERI AJAR KELAS III E
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 2(Sub.Tema 4)
Pembelajaran : 1
Hari/Tanggal :Senin, September 2019
Bahasa Indonesia
Membaca teks
Kelinci Kesayangan Dayu
Dayu senang memelihara kelinci. Tingkahnya lucu dan memiliki bulu yang halus. Kelinci peliharaan Dayu ada lima ekor, terdiri dari satu ekor induk dan empat anaknya. Induk kelinci berwarna putih, dua anak kelinci berwana putih, dan dua lainnya berwarna abu-abu. Dayu menyiapkan kandang yang nyaman untuk kelinci kesayangannya. Dayu selalu membersihkan kandang kelinci dengan rutin.
Setiap hari Dayu memberi makan dan minum. Kelinci suka makan sayur-sayuran seperti wortel, kangkung, dan biskuit khusus kelinci. Dayu juga membersihkan badan kelinci dan memotong kukunya dengan rutin. Kelinci-kelinci Dayu tumbuh sehat dan bersih. Dayu senang menggendong dan membelai kelinci-kelinci itu. Sungguh menyenangkan bermain bersama kelinci peliharaan.
Siswa menuliskan cara merawat kelinci berdasarkan teks
Menuliskan penggunaan tanda baca dan huruf kapital
Matematika
Pengertian Bilangan Pecahan
Istilah bilangan pecahan dalam ilmu matematika terdiri dari pembilang dan penyebut. Pada hakikatnya, bilangan pecahan ini digunakan untuk bagaimana cara menyederhanakan pembilang dan penyebut, karena penyederhanaan pembilang dan penyebut ini dapat memudahkan proses operasi aritmatika sehingga tidak menghasilkan angka yang terlalu besar namun tetap memiliki nilai yang sama.
“Pengertian sederhananya, bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari Pembilang yang terdiri dari bilangan-bilang bulat dan penyebut yang terdiri dari bilangan-bilangan asli.”
Contoh : Bilangan 4/6 dan 10/6.
4 adalah pembilang dan 6 adalah penyebut
10 adalah pembilang dan 6 adalah penyebut
Jenis-Jenis Bilangan Pecahan
Ada beberapa macam jenis-jenis bilangan pecahan, yakni :
Bilangan pecahan biasa
Bilangan Pecahan Murni
Bilangan pecahan campuran
Bilangan pecahan desimal
Bilangan pecahan persen
Bilangan pecahan permil
Mari kita bahas satu persatu jenis-jenis bilangan pecahan tersebut:
Bilangan Pecahan Biasa
Bilangan pecahan biasa adalah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut, yang mana angka pembilang nilainya lebih kecil daripada nilai angka penyebutnya.
Contoh: 1/4 ( satu per empat ) dengan 1 sebagai pembilang dan 4 sebagai penyebut
4/5 (empat per lima ) dengan 4 sebagai pembilang dan 5 sebagai penyebut
Dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa angka pembilang lebih kecil daripada angka penyebutnya.
2. Bilangan Pecahan Murni
Bilangan Pecahan Murni adalah bilangan pecahan yang mana pembilang dan penyebutnya merupakan bilangan bulat serta berlaku pembilang lebih kecil dari pada penyebutnya. Pecahan murni dapat dinyatakan sebagai pecahan biasa akan tetapi pecahan biasa belum tentu dapat dikatakan sebagai pecahan murni.
Contoh : 1/8 , 3/8, 7/9, dst..
3.SBDP
Berkreasi dengan teknik menggunting serta merobek kemudian
Menggunting
Gunting berguna untuk melatih anak agar mampu menggunakan alat, dan melatih keterampilan memotong objek gambar. Hal ini membantu perkembangan motorik, latihan keterampilan, sikap, dan apresiatif bagi anak.
Keterampilan yang akan didapat oleh anak antara lain; keterampilan mengoperasikan alat gunting untuk memotong kertas, keterampilan memotong di tempat yang benar, kecermatan mana yang harus dipotong dan mana yang tidak boleh dipotong, dan ketahanan mengerjakan memotong dengan waktu yang relatif lama bagi anak
Menempel
Menempel merupakan kegiatan lanjut dari menggunting.Menempel ini adalah kegiatan finishing dari kegiatan 3M, karena apabila proses penempelan ini telah dilakukan maka berakhirlah kegiatan 3M. Mewarnai, menggunting dan menempel mempunyai tujuan motorik karena dapat diukur dari hasil keterampilan dalam menempel gambar. Penempelan gambar dikatakan baik jika tepat pada tempat yang telah disediakan berupa bentuk kolom kosong yang terdapat garis pinggirnya untuk membatasi objek gambar yang telah diwarnai
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TEMA 2(Sub.Tema 4)
Pembelajaran : 1
Hari/Tanggal :Senin, September 2019
Bahasa Indonesia
Membaca teks
Kelinci Kesayangan Dayu
Dayu senang memelihara kelinci. Tingkahnya lucu dan memiliki bulu yang halus. Kelinci peliharaan Dayu ada lima ekor, terdiri dari satu ekor induk dan empat anaknya. Induk kelinci berwarna putih, dua anak kelinci berwana putih, dan dua lainnya berwarna abu-abu. Dayu menyiapkan kandang yang nyaman untuk kelinci kesayangannya. Dayu selalu membersihkan kandang kelinci dengan rutin.
Setiap hari Dayu memberi makan dan minum. Kelinci suka makan sayur-sayuran seperti wortel, kangkung, dan biskuit khusus kelinci. Dayu juga membersihkan badan kelinci dan memotong kukunya dengan rutin. Kelinci-kelinci Dayu tumbuh sehat dan bersih. Dayu senang menggendong dan membelai kelinci-kelinci itu. Sungguh menyenangkan bermain bersama kelinci peliharaan.
Siswa menuliskan cara merawat kelinci berdasarkan teks
Menuliskan penggunaan tanda baca dan huruf kapital
Matematika
Pengertian Bilangan Pecahan
Istilah bilangan pecahan dalam ilmu matematika terdiri dari pembilang dan penyebut. Pada hakikatnya, bilangan pecahan ini digunakan untuk bagaimana cara menyederhanakan pembilang dan penyebut, karena penyederhanaan pembilang dan penyebut ini dapat memudahkan proses operasi aritmatika sehingga tidak menghasilkan angka yang terlalu besar namun tetap memiliki nilai yang sama.
“Pengertian sederhananya, bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari Pembilang yang terdiri dari bilangan-bilang bulat dan penyebut yang terdiri dari bilangan-bilangan asli.”
Contoh : Bilangan 4/6 dan 10/6.
4 adalah pembilang dan 6 adalah penyebut
10 adalah pembilang dan 6 adalah penyebut
Jenis-Jenis Bilangan Pecahan
Ada beberapa macam jenis-jenis bilangan pecahan, yakni :
Bilangan pecahan biasa
Bilangan Pecahan Murni
Bilangan pecahan campuran
Bilangan pecahan desimal
Bilangan pecahan persen
Bilangan pecahan permil
Mari kita bahas satu persatu jenis-jenis bilangan pecahan tersebut:
Bilangan Pecahan Biasa
Bilangan pecahan biasa adalah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut, yang mana angka pembilang nilainya lebih kecil daripada nilai angka penyebutnya.
Contoh: 1/4 ( satu per empat ) dengan 1 sebagai pembilang dan 4 sebagai penyebut
4/5 (empat per lima ) dengan 4 sebagai pembilang dan 5 sebagai penyebut
Dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa angka pembilang lebih kecil daripada angka penyebutnya.
2. Bilangan Pecahan Murni
Bilangan Pecahan Murni adalah bilangan pecahan yang mana pembilang dan penyebutnya merupakan bilangan bulat serta berlaku pembilang lebih kecil dari pada penyebutnya. Pecahan murni dapat dinyatakan sebagai pecahan biasa akan tetapi pecahan biasa belum tentu dapat dikatakan sebagai pecahan murni.
Contoh : 1/8 , 3/8, 7/9, dst..
3.SBDP
Berkreasi dengan teknik menggunting serta merobek kemudian
Menggunting
Gunting berguna untuk melatih anak agar mampu menggunakan alat, dan melatih keterampilan memotong objek gambar. Hal ini membantu perkembangan motorik, latihan keterampilan, sikap, dan apresiatif bagi anak.
Keterampilan yang akan didapat oleh anak antara lain; keterampilan mengoperasikan alat gunting untuk memotong kertas, keterampilan memotong di tempat yang benar, kecermatan mana yang harus dipotong dan mana yang tidak boleh dipotong, dan ketahanan mengerjakan memotong dengan waktu yang relatif lama bagi anak
Menempel
Menempel merupakan kegiatan lanjut dari menggunting.Menempel ini adalah kegiatan finishing dari kegiatan 3M, karena apabila proses penempelan ini telah dilakukan maka berakhirlah kegiatan 3M. Mewarnai, menggunting dan menempel mempunyai tujuan motorik karena dapat diukur dari hasil keterampilan dalam menempel gambar. Penempelan gambar dikatakan baik jika tepat pada tempat yang telah disediakan berupa bentuk kolom kosong yang terdapat garis pinggirnya untuk membatasi objek gambar yang telah diwarnai
Langganan:
Postingan (Atom)