Minggu, 21 Januari 2024

Pembelajaran kls 3c

 Hari / Tanggal          : Senin, 22 Januari 2024

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 2 dan 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang informasi perubahan cuaca, membandingkan dua pecahan dan mengenal gerakan lagu "burung ketilang"

Hari ini kita lanjutkan pembelajarannya ya!

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan tepat. Dan  Siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang

berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar.


KEGIATAN INTI (45 MENIT)

AYO MEMBACA

Lani, Siti, dan Dayu bermain lompat tali. Edo,  Beni, dan Udin bermain kelereng. Teman yang lain sedang membaca buku atau bermain bekel. Saat sedang asyik beristirahat, tiba-tiba hujan pun turun. Mula-mula, hujan turun rintik-rintik, lama-kelamaan makin deras.


Mereka pun bergegas merapikan semua alat permainan. Mereka bersatu untuk saling membantu merapikan mainan.  Mereka lalu masuk ke dalam kelas. Bagaimana caranya agar mereka dapat beraktivitas di dalam kelas dengan leluasa? Mereka bersatu saling membantu menggeser meja dan kursi ke sisi ruangan. Kini, ruang kelas terlihat lebih lapang. Mereka dapat melanjutkan aktivitas bermain dengan nyaman.

 


AYO MENGAMATI

Siti mengambil dua kotak kue cokelat dan vanilla. Kue-kue tersebut diletakkan di atas meja.

 


Mula-mula Siti memotong kue cokelat menjadi 2 bagian sama besar seperti berikut.



Lalu, Siti memotong kue vanila menjadi 3 bagian sama besar seperti berikut.



Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih  kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia:



Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat dan kue vanila berikut:



Lambang bilangan pecahan di atas memiliki pembilang yang sama, yaitu 1. Namun, bilangan penyebutnya berbeda-beda.

Jadi untuk pecahan dengan angka pembilang sama:

“Makin besar angka penyebutnya, makin kecil nilai pecahan tersebut.”

 

TUGAS HARI INI:

 

Selamat mengerj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar