Jumat, 19 Januari 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 5 Sub 1 Pb. 6
Hari / Tanggal : Jumat, 19 Januari 2024
Tema 5 : Cuaca
Subtema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 2
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?
iyaps kita telah belajar tentang contoh makanan khas dari betawi yaitu kueh cucur, dan cara membandingkan pecahan dengan penyebut sama.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita kembali ya
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa siswa dapat memberi contoh sikap bersatu dalam keberagaman di kehidupan sehari-hari dengan baik, siswa dapat menentukan pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan benar, Dengan kegiatan mewarnai gambar, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan benar
KEGIATAN INTI (45 MENIT)
FESTIVAL MAKANAN NUSANTARA
Hari Sabtu yang cerah.
Siti dan kawan-kawan melangkah dengan gembira.
Mereka siap untuk merayakan festival makanan tradisional.
Lani memakai pakaian adat Bali.
Udin dengan pakaian Betawi.
Edo tampak gagah dengan pakaian Maluku.
Festival makin semarak. Para peserta memakai pakaian daerah.
Orang tua dan guru sudah mulai berdatangan.
Lani bertugas menyambut para undangan. Lani selalu tersenyum ramah.
Mengunjungi festival makanan sungguh menyenangkan.
Kamu dapat mencicipi makanan yang dipamerkan.
Kamu juga dapat mencari informasi.
Informasi tentang beragam daerah di Indonesia.
Kamu juga dapat mengenal ragam pakaian adat daerahnya
Keberagaman negara kita adalah sebuah anugerah.
Kita harus saling menghormati setiap perbedaan.
Perbedaan membuat kita kaya.
Menjaga persatuan dan kesatuan adalah tugas kita bersama.
TUGAS HARI INI
Dari stan Betawi, tersisa dodol. Dodolnya berbentuk bulat dan lonjong. Yuk, kita mewarnai gambar dodol betawi. Warnai berdasarkan lambang bilangan pecahan yang diketahui!
Yuk kita simpulkan bersama:
1. Setiap daerah memiliki pakaian daerah yang berbeda-beda
2. Keberagaman membuat kita kaya
3. Menjaga persatuan dan kesatuan adalah tugas bersama
Bagaimana pembelajaran hari ini?
Apakah anak-anak merasa senang?
Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah
Akhir kata
wassalamu'aialkum wr wb
Selasa, 16 Januari 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 5 Sub 1 Pb. 5
Hari / Tanggal : Selasa, 16 Januari 2024
Tema 5 : Cuaca
Subtema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 5
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?
iyaps kita telah belajar tentang nama-nama makanan khas tiap daerah serta kata-kata yang berhubungan dengan cuaca
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita kembali ya
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menyampaikan informasi yang tepat sesuai kosakata mengenai keadaan cuaca dengan efektif. siswa dapar menyontohkan sikap bersatu dalam keberagaman dengan baik, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat
KEGIATAN INTI (45 MENIT)
Festival Makanan
Festival ragam makanan akan dilaksanakan besok.
Udin, Beni, Siti, dan teman-teman mulai sibuk.
Mereka mempersiapkan segala sesuatunya.
Mereka akan membawa makanan sesuai daerah asalnya.
Hari ini mereka akan menghias kelas.
Ruang festival akan menjadi lebih meriah.
Udin membagi kelompok kerja teman-teman.
Kelompok Beni bertugas menyusun meja dan kursi.
Mereka membaginya berdasarkan nama pulau besar di Indonesia.
Kelompok Siti bertugas membuat daftar makanan.
Apa saja makanan yang akan dipamerkan saat festival?
Daftar makanan ditulis di karton besar.
Kelompok Lani bertugas menjadi penerima tamu.
Mereka juga akan mengatur acara festival.
Acara akan menjadi lebih tertib dan teratur.
Kelompok Edo bertugas menyiapkan musik dan lagu.
Musik dan lagu untuk mengiringi acara festival.
Acara festival akan menjadi lebih meriah.
Kelompok Dayu akan menyiapkan hiburan.
Hiburan pembuka berupa tarian daerah.
Tarian daerah untuk menyambut para tamu yang hadir.
Perbedaan adalah karunia dari Tuhan. Perbedaan menunjukkan bahwa kita bangsa yang kaya.
Perbedaan hendaknya membuat kita makin bangga. Bangga menjadi anak Indonesia. Kita
tetap harus saling menghormati. Kita juga harus menjaga persatuan bangsa.
Festival makanan telah tiba.
Udin membawa kue cucur khas Betawi.
Kue Cucur
Hari ini Udin membawa contoh untuk dicicip teman-teman sekelas.
1. Satu kue cucur dibagi dua untuk Siti dan Lani. Masing-masing mendapat seperdua (1 /2).
2. Satu kue cucur lainnya dibagi tiga untuk Beni,Edo, Udin.Masing-masing mendapat sepertiga (1/3).
3. Satu lagi kue cucur dibagi empat untuk temanteman lainnya. Masing-masing mendapat seperempat ( 1 /4 ).
Manakah yang besar nilainya antara 1/ 2, 1/ 3, dan 1/ 4?
yang lebih besar adalah 1/2
TUGAS HARI INI
Yuk kita simpulkan bersama:
1. Setiap daerah memiliki makanan khas yang beragam
2. Kueh cucur merupakan makanan khas betawi
3. Semakin besar penyebut pecahan, maka semakin kecil nilai pecahannya
Bagaimana pembelajaran hari ini?
Apakah anak-anak merasa senang?
Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah
Akhir kata
wassalamu'aialkum wr wb
Senin, 15 Januari 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 5 Sub 1 Pb. 4
Hari / Tanggal : Senin, 15 Januari 2024
Tema 5 : Cuaca
Subtema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 4
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?
iyaps kita telah belajar tentang jenis-jenis cuaca, bilangan pecahan dan menuliskan kata-kata terkait cuaca
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita kembali ya
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menentukan kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar, siswa dapat menceritakan kembali informasi terkait keadaan cuaca dengan kalimat yang benar.
KEGIATAN INTI (45 MENIT)
KUMPUL KATA
Siti, Dayu, dan Lani bermain “Kumpul Kata”. Begitu banyak kata berserakan di meja. Mereka akan mengumpulkan kata-kata tentang cuaca. Ayo, kita bantu mereka mengumpulkan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca.
Ayo Berdiskusi
Siti, Dayu, dan Lani melanjutkan diskusi. Mereka berdiskusi tentang asal daerahnya. Daerah yang menjadi asal-usul orang tua mereka. Dayu berasal dari Bali. Siti berasal dari Padang. Setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda. Tahukah kamu makanan dan minuman khas daerahmu? Apa nama makanan dan minuman yang enak dinikmati pada saat cuaca hujan?
Biasanya, saat hujan, kita menyantap makanan atau minuman yang menghangatkan tubuh. Makanan dan minuman khas Indonesia sangat beragam. Dapat dinikmati dalam berbagai suasana dan cuaca. Termasuk yang disantap saat cuaca hujan. Kita harus mensyukuri karunia Tuhan untuk hal ini. Kita memiliki beragam suku bangsa. Kita juga memiliki beragam budaya. Kita pun memiliki beragam jenis makanan dan minuman.
TUGAS HARI INI
Mengumpulkan Kata –kata yang berhubungan dengan cuaca
Setelah selesai mengumpulkan kata, buatlah kesimpulan pemahamanmu terhadap cuaca
Berikut tadi adalah materi kita hari ini ya:
Yuk Kita simpulkan bersama:
1. Makanan hangat cocok disantap ketika cuaca hujan
2. Makanan dan minuman pada cuaca tertentu akan berbeda pada setiap daerah
Bagaimana pembelajaran hari ini?
Apakah anak-anak merasa senang?
Tetap semangat belajar dan berlatih ya
AKhir kata wassalamu'aialkum wr wb
Jumat, 12 Januari 2024
Materi Ajar Kelas 3 Tema 5 Sub 1 Pb. 2 & 3
Hari / Tanggal : Jumat, 12 Januari 2024
Tema 5 : Cuaca
Subtema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 2 dan 3
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Apakah ana-akan masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?
iyaps kita telah belajar tentang jenis-jenis cuaca, bilangan pecahan dan menyanyikan lagu ambilkan bulan bu.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita kembali ya
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menentukan kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar, siswa dapat menceritakan kembali informasi terkait keadaan cuaca dengan kalimat yang benar.
KEGIATAN INTI (45 MENIT)
Ayo Membaca !
Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa
lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah
bersama. Edo memakai jaket ke sekolah. Jaket
berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin.
Kita memerlukan pakaian tambahan saat udara
dingin. Pakaian tambahan jaket atau sweater
membuat tubuh hangat.
Makanan juga dapat membuat tubuh hangat.
Begitu juga minuman. Banyak makanan dan
minuman yang dapat menghangatkan tubuh.
Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya.
Mereka akan mengadakan festival makanan
daerah. Setiap siswa membawa makanan dari
daerah asalnya. Kemudian, mereka memberikan
penjelasan singkat tentang makanan tersebut.
Pecahan
Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar.
Ibu memotongnya menjadi 8 bagian.
Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong.
Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.
Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng.
Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian.
Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun.
Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.
Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis.
Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan.
Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian.
Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik.
Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong.
Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.
TUGAS HARI INI
Bacalah Cerita dibawah ini !
Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan, jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut?
2. Apa yang membuat Matahari merasa kesal?
3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal?
4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang tidak disiplin?
PENUTUP (15 MENIT)
Berikut tadi adalah materi kita hari ini, mari kita simpulkan
1. Keadaan cuaca mempengaruhi manusia berpakaian
2. Pada cuaca hujan manusia akan memakai baju yang tebal
3. Nilai pecahan selalu sama besar
Bagaimana pembelajaran hari ini?
Apakah anak-anak merasa senang?
Tetap semangat belajar dan berlatih ya
AKhir kata wassalamu'aialkum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar