Senin, 01 Maret 2021

Kls, 5 C 2 mart 2021

 

SELASA,2 MARET 2021/KELAS 5 C

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Hari/tanggal        SELASA, 2 MARET  2021

Kelas             :        V D

Materi        :Penyajian  data  

KD : 3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

 Tujuan : S iswa mampu Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

  

PENYAJIAN DATA


Daftar
Tabel
Diagram Gambar (Piktogram)
Diagram Batang
Diagram Garis

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran


Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 




Pada tabel di halaman 215 pada kolom nomor menyatakan banyaknya golongan
darah, yaitu ada 4 golongan darah. Banyaknya siswa yang memiliki golongan
darah A, B, AB, dan O terdapat pada kolom banyak siswa atau disebut frekuensiTabel dengan kolom frekuensi disebut tabel frekuensi.
Pada tabel frekuensi pada kolom bawah kanan menunjukkan jumlah. Jumlah
di sini adalah banyaknya siswa kelas V, yaitu 30 anak. Tabel frekuensi sering
digunakan untuk menyajikan data dari kelompok tertentu karena mudah untuk
melihat informasi secara keseluruhan. Namun untuk melihat secara detail atau rinci, diperlukan data tambahan.

Membaca Tabel dan Menafsirkan Tabel
Perhatikan tabel frekuensi berikut


Contoh
Hasil ulangan materi penyajian data pada pelajaran Matematika siswa kelas V
diperoleh hasil sebagai berikut.

95, 85, 65 ,75, 75, 85,
75, 95, 70, 80, 75, 95,
75, 80, 75, 70, 75, 75,
90, 95, 80, 90, 65, 70,
75, 90, 85, 70, 85, 70.

Pertanyaan
a. Buatlah tabel frekuensi dari data di halaman 216!
b. Tentukan nilai tertinggi dan terendah!
c. Berapa anak yang mendapat nilai di atas 75?
Penyelesaian
Untuk mempermudah data diurutkan dari yang paling kecil, diperoleh hasil sebagai berikut.
65 65 70 70 70 70
70 75 75 75 75 75
75 75 75 75 80 80
80 85 85 85 85 90
90 90 95 95 95 95
Dari data di atas dapat dikelompokkan
siswa dengan nilai yang sama sebagai
berikut.
Nilai 65 ada 2 anak.
Nilai 70 ada 5 anak.
Nilai 75 ada 9 anak.
Nilai 80 ada 3 anak.
Nilai 85 ada 4 anak.
Nilai 90 ada 3 anak.
Nilai 95 ada 4 anak.
a. Dari data terurut di atas, dapat dibuat tabel frekuensi sebagai berikut


b. Nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah adalah 65.
c. Anak yang mendapat nilai di atas 75 adalah
Anak yang mendapat nilai 80 ada 3 anak
Anak yang mendapat nilai 85 ada 4 anak
Anak yang mendapat nilai 90 ada 3 anak
Anak yang mendapat nilai 95 ada 4 anak
Jadi, anak yang mendapat nilai di atas 75 adalah 3 + 4 + 3 + 4 = 14 anak

LATIHAN MATEMATIKA HARI INI!
KLIK LINK BERIKUT : 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar