Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal :Selasa, 19 Januari 2021
Kelas : V C
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2 : Pengaruh Kalor terhadap kehidupan
Pembelajaran :2
Tujuan Tema : siswa dapat menyebutkan benda yang bersifat konduktor dan isolator
Matematika : siswa dapat menghitung volume balok dengan kubus satuan
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Yuk literasi bacaan berikut ini!
Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan
.Ayo Membaca- Apakah fungsi sebuah termos? Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.
- Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu? Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.
- Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
- Apa saja benda di sekitarmu yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos? Selimut dan jaket.
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap
udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.
Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu
Nama Benda/Alat di Sekolah | Sifat Hantaran | Kegunaan |
---|---|---|
Bel Listrik | Konduktor | Penanda waktu masuk atau istirahat |
Sarung tangan | Isolator | Menjaga tangan tetap hangat |
Thermos Es | Isolator | Menjaga es tidak mencair |
Jaket | Isolator | Menjaga badan tetap hangat |
Solder | Konduktor | Menyambung/memasang komponen elektronik |
Nama Benda/Alat di Rumah | Sifat Hantaran | Kegunaan |
---|---|---|
Setrika | Konduktor | Merapikan baju |
Panci | Konduktor | Memasak dan merebus air |
Thermos | Isolator | Menjaga air tetap panas |
Spatula | Isolator | Mengambil masakan dari wajan |
Selimut | Isolator | Menjaga badan tetap hangat |
Kesimpulan :
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,
- memperjelas alur atau isi cerita,
- memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang,
- menarik perhatian,
- menambah nilai artistik/ keindahan,
- sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.
matematika
Kerjakan soal di bawah ini hanya nomor 1 sd 5 saja, buat tabel/kolom seperti contoh di atas.
Tidak perlu untuk di gambar ya !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar