Minggu, 01 November 2020

PJJ senin, 2 november 2020 kls 5'

 

MATERI AJAR SENIN 2 NOVEMBER 2020

 

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Kelas                              : V E

Tema 4                          : SEHAT ITU PENTING

Subtema 3                    : CARA MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PEREDARAN                                              DARAH MANUSIA

Pembelajaran               :2

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  

 

 

Perhatikan cerita bergambar berikut ini!


 Saat Si Kancil datang, Raja Siput menyambutnya. Dengan kepongahan dan kesombongannya, Si Kancil bercerita tentang kecerdikannya yang berhasil mengelabui harimau dan manusia. Siput yang mendengarkan kesombongan Si Kancil, merasa geram ingin segera menguji kecerdikan Si Kancil.


kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2

Setelah mendengarkan cerita kecerdikan Si Kancil, Raja Siput menyampaikan maksudnya yang ingin menguji kecerdikan Si Kancil dengan menantangnya berlomba lari sampai ke hulu sungai. Sebelumnya, Siput sudah memerintahkan bawahannya siap berbaris sepanjang sungai hingga ke hulu. Mereka sepakat bahwa jika kancil yang berencana lari di daratan memanggil Siput, maka Siput yang ada di depan Kancil menjawab “uuuu. . .”.

kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2

Kesepakatan antara Raja Siput dan Kancil pun dibuat. Mereka sepakat berlomba lari ke hulu sungai. Kancil berlari lewat daratan, Raja Siput lari di lumpur sungai. Tepat pada waktunya, datanglah Si Kancil. Dia menuntut agar perlombaan segera dimulai. Raja siput yang sudah lama bersiap segera beringsut ke pinggir sungai. Sementara itu, beberapa ekor siput yang lain berada di pinggir sungai ingin menyaksikan perlombaan itu. “Satu, dua, tigaaaa!” si Kancil memberi komando tanda perlombaan dimulai.

kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2

Dengan sigap Kancil melompat, berlari sekencang-kencangnya. Setiap lima puluh langkah, dia berseru, “Di mana engkau siput?” “Uuuu., uuuu!” jawab siput yang berada di depannya. Si kancil semakin mempercepat larinya. Lalu terdengar lagi si Kancil berseru, “Di mana engkau siput?” “Uuuu, uuuu ...!” kembali terdengar jawaban siput telah berada di depannya.

kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2

kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2

Si Kancil menjadi marah dan kian memperkuat larinya. Setiap kali dia berseru, selalu dijawab oleh siput yang telah berada di depannya. Demikian seterusnya. Si Kancil tidak dapat mengalahkan siput dalam perlombaan itu. Dia tidak dapat menerka taktik yang dipakai oleh Raja Siput dan anak buahnya. Akhirnya, dia merasa kelelahan. Sambil menggerutu dengan napas terengah-engah, sang Kancil pun berkata, “Hai siput, mulai hari ini aku nyatakan bahwa engkaulah binatang paling cerdik dan dapat mengalahkan aku, selamat tinggal!” Setelah itu, sang Kancil pun melompat dan lari menghilang dari perkampungan siput.

kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2

kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2

Sekarang, tinggallah siput-siput itu bergembira ria. Mereka yang telah bekerja keras, bergotong royong, serta dapat membina persatuan dan kesatuan.

kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2


Ayo berlatih

 

Berdasarkan cerita bergambar di atas, siapakah yang memiliki sikap sombong dan pongah? Bagaimanakah pendapatmu terhadap sikap tersebut?

·         Yang memiliki sikap sombong dang pongah adalah kancil. Ini merupakan sikap memandang rendah orang lain dan menganggap dirinya hebat. Ini merupakan sikap yang tidak boleh untuk ditiru. Karena kesombongannya pula kancil berhasil dikalahkan oleh siput dengan kecerdikannya.

 

 

Cergam merupakan kependekan dari cerita bergambar. Cergam mengandung

pengertian perpaduan gambar dan teks yang berbaur menjadi satu kesatuan

serta mengandung keindahan dan cerita yang bermakna. Itulah yang dimaksud

dengan cerita bergambar.

 

Lalu apakah yang dimaksud dengan gambar bercerita? Gambar bercerita adalah gambar yang memiliki narasi literasi visual yang tujuannya menceritakan proses kejadian atau peristiwa melalui bahasa gambar tanpa menggunkan tulisa

 

Ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan dalam membuat gambar cerita. Beberapa langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1.    Tentukan ide/gagasan/tema yang akan dibuat.

2.    Tentukan karakter tokoh utamanya dan karakter dari tokoh pembantunya yang ada dalam cerita.

3.    Buat alur cerita sederhana secara garis besar yang menggambarkan isi cerita, kemudian masing-masing bisa dikembangkan.

4.    Mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat.

Tugas Hari ini:

Asah kejelian mata

  Nah anak- anak karena tadi kita sudah membahas tentang cerita bergambar dan di tema sebelumnya kamu juga sudah membuat cerita bergambar. Maka kali ini bu guru akan mengasah otak kalian dengan mencari 5 perbedaan pada 2 buah gambar berikut ini lalu lingkari bagian mana yang berbeda dari dua gambar tersebut dengan warna merah, kemudian kirim japri ke whats up bu guru ok? Perhatikan dengan teliti ya nak!😊





Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar